Mohon tunggu...
Irawan Abidin
Irawan Abidin Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswa Pertanian

Selamat datang di koran sawit perkebunan dan pertanian masa kini YT: Koran Sawit Media Center "Koran Sawit"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Cara Merawat Jalan ala Planters di Perkebunan Kelapa Sawit

1 Oktober 2023   07:00 Diperbarui: 1 Oktober 2023   07:32 688
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Jalan Rusak diperkebunan Kelapa Sawit (Irawan Abidin)

Jalan merupakan salah satu akses yang harus kita jaga di kita rawat, karena jalan sangat penting dalam membantu proses pekerjaan transportasi, pekerjaan angkut TBS, angkut material bahkan lain sebagainya.

Untuk itu jalan juga bisa di sebut sebagai urat nadi penghubung mode transportasi dimana jika urat nadi putus maka semua proses transportasi akan tertunda sementara bahkan selamanya.

Untuk itu manajamen jalan di perkebunan kelapa sawit harus dilakukan dengan baik dan benar pasalnya pada akses jalan di perkebunan kelapa sawit sangatlah tidak bagus alias rusak.

Hal ini menandakan bahwa angkutan dan beban yang di peruntukan untuk jalan tentunya bukan sedikit tentunya berat yang sangat berat, wajar aja bila ini terjadi dikarenakan jalan di peruntukan untuk mengangkut TBS yang beratnya bermacam macam.

Seperti berat 8 ton, 10 ton hingga 15 ton menggunakan bin, belum lagi muatan pupuk dan bahan material untuk pembangunan pada areal perkebunan kelapa sawit.

Untuk itu hendaklah lah kita menjaga dan merawat jalan yang kita punya di perkebunan kelapa sawit agar urat nadi tranportasi tidak terputus dan kegiatan berhenti.

Untuk itu ada beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan merawat jalan kita agar tidak rusak oleh air dan faktor pembatas lainnya.

Mungkin kegiatan ini umum dilakukan oleh sahabat sawit yang berada di perkebunan dan sering di perbaiki oleh para Planters di perkebunan kelapa sawit tentunya sedikit demi sedikit para sahabat sawit sudah mulai paham dan mengerti tentang manajemen jalan.

Namun tidak apa apa bagi sahabat sawit yang sudah paham dan mengerti saya coba mengulang kembali agar pekerjaan ini tidak lupa, dan bagi sahabat sawit yang belum tahu bisa ini sebagai referensi untuk perbaikan jalan di kebun Kelapa Sawit.

Nah apa saja cara merawat jalan di perkebunan kelapa sawit berikut ulasannya: 

1. Membuat Tali Air

Pembuatan tali air yang di maksud disini adalah membuat lubang saluran air untuk mengalirkan air yang tergenang pada jalan baik itu di jalan main road atupun di colecttion road.

Kenapa di sebut dengan tali air adalah bentuk dan ukuran tidak terlalu besar namun bisa mengeluarkan air yang tergenang dan mengalirkan ke tepian.

Hal ini bertujuan agar saat mobil melalui jalan tersebut genangan air tidak dapat merusak atau menambah kedalam pada lobang yang sama, untuk itu pembuatan tali air pada jalan sangat perlu di perhatikan.

Walaupun kegiatan ini sederhana namun cukup penting pada akses jalan dan transportasi yang berlangsung pada perkebunan kelapa sawit.

2. Timbun Jalan

Kegiatan menimbun jalan pada umumnya sering dilakukan pada saat kita melakukan perbaikan jalan entah di di perkebunan ataupun di tempat umum agar akses yang di lalui tidak rusak dan sepeda motor senang melaluinya.

Penimbunan jalan ini biasanya dilakukan dengan dua cara yang pertama menggunakan cara manual dan kedua menggunakan cara mekanisasi yaitu alat berat seperti gleder

Namun pada perkebunan kelapa sawit banyak cara yang dilakukan pada saat menimbun jalan yaitu seperti menggunakan latrit, sertu, tanah dan lain sebagainya.

Untuk keberhasilan dalam menimbun jalan tentunya kita harus rencanakan di jauh jauh hari dalam kondisi panas ataupun kering jangan sampai saat kita menimbun pada musim hujan, untuk itu perhitungan waktu cuaca panas sangat penting dilakukan.

3.  Pembuatan Mating-Mating

Pembuatan Mating-Mating merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki jalan yang menggunakan kayu yang di letakan melintang pada jalan yang rusak.

Hal ini bertujuan agar saat mobil lewat dan tracktor lewat tidak menambah lobang atupun genangan air pada jalan tersebut untuk itu pemasangan Mating-Mating harus dilakukan dengan benar dan baik.

Nah itulah beberapa yang membuat kegiatan yang bisa kita lakukan saat jalan kita di perkebunan kelapa sawit agar tetap bisa di lalui dan digunakan untuk transportasi dan operasional kebun.

Faktor Perusak Jalan

Selain itu ada juga beberapa faktor yang dapat merusak jalan pada perkebunan kelapa sawit hal ini sering sekali kita jumpai dan kita lihat sehari hari seperti genangan air

Rendahnya intensitas cahaya matahari dan berat beban yang melintas.

Inilah beberapa faktor yang sering kita jumpai dalam aktivitas kita di lapangan untuk itu mulailah peduli menjaga dan merawat akses operasional kita di lapangan agar transportasi kita bisa berjalan dengan aman dan baik.

Jika dilihat Indikasi kerusakan jalan 2 faktor tersebut adalah faktor alam dan faktor terkahir adalah faktor kendaraan, mungkin kita bisa membatasi muatan pada mobil pengangkut TBS agar muatan yang dibawa tidak berat berat.

Tujuannya apa, agar jalan yang kita perbaiki dan kita rawat tidak cepat rusak dan hancur untuk itu kepedulian bersama akan menciptakan keharmonisan dalam bekerja bersama tetap menjaga komitmen dan konsisten dalam bekerja.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mungkin ada beberapa tambahan dari sahabat sawit dan Planters di Indonesia tentang merawat jalan dan faktor yang membuat jalan cepat rusak.

Boleh tuliskan di kolom komentar dibawah ini ya sahabat semua terimakasih telah berkunjung di halaman saya salam sehat sukses buat kita semua

Irawan Abidin

1 Oktober 2023.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun