Mohon tunggu...
Ira Nabilla
Ira Nabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

A grateful heart and soul ( Aye*~ )

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajemen Kelas

30 Juni 2024   15:00 Diperbarui: 30 Juni 2024   17:56 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Manajemen Kelas

Manajemen Kelas merupakan sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan dalam memanajemen peserta didik. Manajemen kelas sangat perlu dipelajari calon pendidik dan pendidik. Manajemen kelas harus dilakukan semua pendidik dalam sistem pembelajaran. Pendidik yang ahli salah satu kriterianya adalah pendidik yang bisa mengolah kelas dengan efektif, manajemen Kelas memiliki dua kata ialah sebagai berikut, manajemen dan kelas. Asal kata dari kata bahasa inggris "Management" yang memiliki arti pengolahan dengan artian proses pengunaan sumber daya secara efektifdalam meraih sasaran. 

Pengertian pengelolaan dapat diartikan sebagai prosedur yang mendukung pengontrolan kepada seluruh yang ikut serta kedalam hal kebijaksanaan dan pencapaian. Kelas memiliki makna secara keseluruhan sebagai hal yang menunjukkan kepada penjelasan kumpulan siswa yang terdapat dalam waktu yang ditetukan untuk memperoleh ilmu yang setara dari pengajar yang sesuai. Kesimpulan dari manajemen kelas berarti artinya adalah menuju terhadap terciptanya kondisi yang kondusif dan efektif. Pengelolaan kelas ialah salah satu suatu usaha yang dilaksanakan pendidik dalam menciptakan kondisi belajar yang efektif .

Manajemen kelas ialah penetapan dan petunjuk yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan memelihara area tempat berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran. Manajemen kelas dapat dimaknai seperti alat perilaku dan kegiatan pendidik yang ditujukan untuk menarik perilaku peserta didik yang sewajarnya dalam usaha meminimalisir hambatan yang mengganggu pembelajaran.

Manajemen kelas bisa juga dimaknai sebagai penyediaan fasilitas bagi berbagai model pelaksanaan pembelajaran peserta didik yang sedang berproses dalam area sosial, emosional dan intelektual siswa di dalam kelas menjadi sebagai area pembelajaran. Didukung oleh fasilitas suasana kelas yang memfasilitasi kepuasan, suasana disiplin, nyaman dan banyak motivasi sehingga terjadi perkembangan intelektual, sosial dan emosional dengan baik.

Manajemen kelas yang efektif akan membuat mutu pendidikan lebih baik. Peran pendidik sangat dibutuhkan dalam mengelola kelas dengan baik secara efektif melakukan manajemen kelas dan mempelajari manajemen kelas dengan sebaik mungkin melakukan evaluasi pembelajaran di setiap melakukan proses pembelajran.

Fungsi Manajemen dan Tujuan Manajemen Kelas

Fungsi Manajemen ialah sebuah rancangan dari berbagai kegiatan yang telah ditentukan dan mempunyai kaitan yang saling ketergantungan antar satu dengan lainnya yang dilaksanakan para pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Fungsi manajemen terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :

  • Planning (Perencanaan)
  • Identifikasi dan penunjukkan sumber yang jumlahnya sering terbatas.
  • Organizing (Pengorganisasian)
  • Actuating (Penggerakkan)
  • Controlling (Pengawasan)

Tujuan Manajemen Kelas Tanggung jawab pendidik tidak hanya mengendalikan atau membuat siswa menjadi disiplin dalam melaksanakan pembelajaran yang baik di kelas, akan tetapi tugas pendidik di era zaman sekarang ialah mengelola, menyusun dan membentuk aktivitas siswa menuju aktivitas belajar dan mengajar yang efektif.

Pendidik memiliki andil besar pada keberhasilan pembelajaran di kelas. Pendidik sangat berpengaruh dalam menolong kemajuan siswa untuk meraih tujuan hidupnya secara maksimal. Pendidik di dalam kelas memiliki dua bagian utama yaitu mendidik dan mengolah kelas. Pelaksanaan mendidik adalah usaha dalam menyusun serta membentuk lingkungan yang ada di sekitar peserta didik .

Kelas yang baik adalah apabila pendidik dapat merancang pengajaran yang menarik dan membuat peserta didik candu akan belajar di kelas dengan memanfaatkan kecerdasan, motivasi dan keinginginan peserta didik dalam meraih kesuksesan dan prestasi yang baik. Meraih kesuksesan pendidik dalam mencapai prestasi dan kesuksesan peserta didik harus memiliki manajemen kelas yang sesuai. Manajemen kelas memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  • Menciptakan suasana dan keadaan kelas, baik dengan keadaan area belajar serta sebagai grup belajar, yang memungkinkan siswa untuk memperdalam kemampuan semaksimal mungkin.
  • Menghilangkan sumber yang dapat menghalangi terciptanya interaksi pembelajaran.
  • Menyelenggarakan dan menyusun fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
  • Menatar dan mengayomi peserta didik sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya perilaku individunya.

Secara umum tujuan dari manajemen kelas adalah upaya pendidik dalam menunjang mutu pelaksanaan pendidikan dalam memberi kesadaran kepada peserta didik supaya ketika mengikuti pembelajaran berlangsung di kelas dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar kemudian mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya dengan tertib sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Prinsip-prinsip Manajemen Kelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun