Service/Pelayanan didefinisikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan tingkat kepuasanya hanya dapat dirasakan oleh yang melayani dan yang dilayani.Â
Keterampilan Pelayanan (Sevice Skill)
Ciri-ciri:
- Sebagai problem solver
- Harus bersikap supportive
- Dapat menunjukan perhatian, upaya melayani- caring.
- Fokus pada pelanggan atau tamuÂ
Tingkatan Service
- Excellent service; standart pelayanan yang harus diberikan
- Experiential Service, pelayanan yang memberikan pengalaman baru dalam mengonsumsi atau memakai produk dan jasaÂ
- Transformational Service, jasa pelayanan mengubah seseorang dengan berkreasi dan men-transform sesuatu atau yang bernilai.
Salah satu unsur penting dalam service.
COURTESY ( adab sopan santun), adalah suatu perlakuan yang baik kepada seseorang (tamu/relasi/customer) guna menyenangkan mereka agar mereka puas dengan pelayanan yang diberikan.Â
Tujuan : Pelanggan/customer sukarela memilih produk/jasa kita dengan sukarela dan menjadi repeater.Â
COURTESY (Implementasi Pelayanan )
- Attentive (penuh perhatian)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Konsentrasi penuh pada seseorang yang sedang dilayani dan menunjukan sikap bertindak cepat dalam melakukan pekerjaan.
- Helpful (penuh pertolongan)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Menawarkan bantuan (sukarela) dalam bentuk kemudahan informasi, bantuan fisik dan sebagainya yang bermanfaat.
- Considerate (tenggang rasa)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Menunjukan sikap empati terhadap kepuasan orang lain.
- Polite (sopan)                                                                                                  Bersikap/bertingkah laku dengan baik dan menyenangkan. Mengunakan kata-kata baik, seperti selamat pagi, terima kasih, saya mohon maaf, maafkan saya, dan lain sebagainya.
- Respectful (peduli)                                                                                                    Menggunakan penggilan hormat kepada seseorang secara betul dan sesuai dnegan kedudukan. Seperti; Mr, Mrs, Ms, Ny, Sdr, atau Sir, Madam, Miss, Mentri, Gubernur, dan lain sebagainya.Â
Perilaku Utama Meningkatkan PelayananÂ
Dibagi menjadi 2 yaituÂ