Perkembangan media pembelajaran di Indonesia terjadi sangatlah pesat. Tidak terkecuali kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh sekolah-sekolah baik di lembaga swasta maupun negeri.
Dalam mengembangkan media pembelajaran, seorang guru sudah barang tentu melakukan riset yang mendalam sebelum akhirnya dilakukan eksekusi kepada peserta didik di dalam kelas.
Hal ini tentu tidak dapat terlepas dari beberapa sumber referensi yang dipelajari dan dihayati dalam proses pemilihan media pembelajaran yang tepat bagi peserta didik menurut tingkat satuan pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, menurut Musfiqon di dalam bukunya yang berjudul Media dan Sumber Pembelajaran menyebutkan bahwa, setidaknya ada 7 kriteria yang harus diperhatikan oleh seorang guru sebelum memilih media pembelajaran. yaitu:
1. Kesesuaian dengan Tujuan
Dalam pemilihan media pembelajaran yang pertama adalah guru hendaknya melihat dan memperhatikan kriteria tentang kesesuaian dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Dalam tujuan pembelajaran kita kenal dengan 3 ranah, yakni afektif, kognitif dan psikomotorik peserta didik.
Nah, jadi sebelum memilih media pembelajaran, apakah media yang akan kita gunakan telah sesuai dengan ketiga ranah tersebut? Jika sudah, maka boleh kita lanjut kepada kriteria kedua berikut.
2. Ketepatgunaan
Kesesuaian pemilihan media pembelajaran harus berdasarkan kepada materi yang dipelajari.
Dalam kriteria kedua ini, guru perlu lebih teliti sebelum menggunakan atau memilih media pembelajaran yang akan digunakan. Pasalnya materi yang akan disampaikan tidak dapat disamakan dengan satu media pembelajaran saja. Melainkan sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik.