Studi terbaru iPrice menganalisa partisipasi kedua gender di jajaran manajemen perusahaan e-commerce Indonesia. Kami menghitung peranan laki-laki dan perempuan di tiga posisi manajemen teratas yakni Founders/Presiden Direktur, Direktur, dan Kepala Divisi/Manager.
Tenaga Kerja Laki-laki Masih Mendominasi Posisi Manajerial Industri E-commerce
![infografik-1-5b62b7facaf7db38ce3f7536.png](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/08/02/infografik-1-5b62b7facaf7db38ce3f7536.png?t=o&v=770)
Secara keseluruhan, partisipasi perempuan pada jenjang posisi manajerial masih jauh di bawah laki-laki yakni hanya 31%. Sementara kesenjangan tenaga kerja perempuan ini semakin besar di jenjang karir yang lebih tinggi (Presiden Direktur dan Direktur).
Kesenjangan Membesar di Posisi Manajemen Atas
![infografik-2-5b62b77dd1962e2c9e543c55.png](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/08/02/infografik-2-5b62b77dd1962e2c9e543c55.png?t=o&v=770)
Di jenjang Kepala Divisi, partisipasi perempuan terlihat sedikit membaik dengan jumlah persentase 36%. Namun angka ini belum mendekati perbandingan setara antara kedua belah gender dalam jajaran manajemen perusahaan.
Temuan ini menunjukkan kemiripan dengan riset berskala global. Data Bank Dunia menunjukkan pada posisi entry-level professional, perempuan sudah berada di angka 47 persen. Namun angka tersebut mengerucut untuk posisi manajemen tingkat menengah dan tingkat tinggi.Â
Pada manajemen tingkat menengah, perempuan hanya mencakup 20% sedangkan pada manajemen tingkat tinggi, hanya 5% perempuan yang menduduki posisi CEO dan 5% untuk posisi board members.
Partisipasi Perempuan di Indonesia Paling Rendah di Asia Tenggara
![infografik-3-5b62b94e5e13735e5f20b2f9.png](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/08/02/infografik-3-5b62b94e5e13735e5f20b2f9.png?t=o&v=770)