Mohon tunggu...
IPrice Group
IPrice Group Mohon Tunggu... Akuntan - iPrice Insight

Akun Official dari iPrice Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

[RISET] Waktu yang Dihabiskan Konsumen Indonesia di Toko ''Online''

17 Januari 2018   17:00 Diperbarui: 17 Januari 2018   17:11 1538
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konsumen online Indonesia tiap tahunnya selalu meningkat. Sumber foto: pexels.com

Laporan Digital In 2017 Growth Overview menyatakan secara statistik, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sekitar 3 jam 16 menit per hari untuk media sosial.

Jika masyarakat Indonesia menghabiskan waktu begitu banyak untuk berselancar di media sosial, berapakah waktu yang digunakan masyarakat untuk mengunjungi toko online?

Artikel ini akan membahas rata-rata waktu yang dihabiskan konsumen Indonesia saat mengunjungi toko onlineuntuk memberikan wawasan baru bagi Anda.

  • Rata-rata waktu yang dihabiskan konsumen Indonesia "berselancar" di toko online
  • Toko onlineyang dikunjungi paling lama oleh pelanggan
  • Kenapa pelanggan senang berlama-lama di toko online?
  • Toko belanja onlinekategori fashion mendominasi waktu kunjungan terlama
  • Apakah lama waktu kunjungan menandakan banyaknya transaksi online?

Rata-Rata Waktu yang Dihabiskan Konsumen Indonesia Mengunjungi Toko Online

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penggunaan internet tercepat selama tahun 2017. Dari laporan ini kemudian memunculkan pertanyaan, dari jumlah pertumbuhan itu apakah orang Indonesia menggunakannya dalam bertransaksi online?

Kami melakukan riset dengan menggumpulkan data "Time on Site" dari SimilarWeb yang menghitung waktu kunjungan dari 30 toko onlineyang beroperasi di Indonesia. Daftar toko onlineini berasal dari data Peta E-commerce iPrice yang kami buat Maret 2017 lalu.

Data dari 30 toko online tersebut, kami menemukan rata-rata konsumen Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 4 menit 9 detik dalam sekali kunjungan ke situs belanja online.

Riset ini juga menunjukkan toko onlineShopee, Mapemall, dan Berrybenka mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di situs mereka selama lebih dari 5 menit. Rata-rata waktu kunjungan Shopee adalah 9 menit 34 detik, Mapemall sebanyak 8 menit 2 detik, dan Berrybenka menyusul di bilangan 6 menit 39 detik.

Sedangkan dari daftar 30 toko onlinetersebut, waktu paling singkat yang dihabiskan pengguna saat mengunjungi toko onlineadalah 1 menit 45 detik. Untuk informasi lengkapnya, lihat tabel berikut ini.

Data ini diambil pada tanggal 16 Januari 2018 melalui SimilarWeb dari masing-masing toko online.
Data ini diambil pada tanggal 16 Januari 2018 melalui SimilarWeb dari masing-masing toko online.
Mengapa Pengguna Senang Berlama-lama di Toko Online?

Rata-rata waktu kunjungan pengguna (average time on site) sering digunakan untuk mengukur seberapa bagus konten yang terdapat dalam sebuah website.Tidak heran kan bila masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan 3 jam lebih dalam satu hari untuk bermain media sosial. Hal ini dikarenakan konten-konten menarik yang selalu disuguhkan oleh platformtersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun