X Factor seri 2 akhirnya datang lagi tahun ini. Setelah fenomena Fatin pada seri sebelumnya, tahun ini sepertinya akan ada bakat-bakat baru dan terpendam dan belum terasah akan tampil memperkaya khasanah adu nyenyong (menyanyi) negeri ini. Kehadiran X Factor seri kedua ini seakan-akan menjadi pemicu persaingan "sesungguhnya" antara RCTI (X Factor) dan Indosiar (IVM-D'Dangdut) yang telah lama mendominasi jam tayang utama (prime time) antara pukul 18:00 hingga 24:00, Senin hingga Sabtu untuk urusan adu bakat menyanyi ini.
Dan fakta di lapangan khusus peperangan di hari Jum'at , o3 Maret 2015, IVM dengan programnya D'Dangdut tidak tergoyahkan dengan rating 4.4 dan share 19.8, mengalami peningkatan dari share 19.2 minggu lalu. Sementara X Factor dengan tayangan selama tiga jam dari pukul 21:00-24:00 mendapatkan rating 3.7 dan share sebesar 19 persen. X Factor langsung melejit menjadi program tertinggi nomor 5 di RCTI dan nomor 8 untuk seluruh channel. Â Sementara D Dangdut rata-rata mempunyai rating/share, 4.1/19.8 merupakan program nomor satu Indosiar dan nomor lima untuk seluruh channel.
Apakah ada pengaruh program X Factor kepada program RCTI pada jam-jam tersebut? Pada minggu sebelumnya antara pukul 21;00-24:00 ada Drama  Series : 7 Manusia Harimau ,Jakarta Love Story  dan Special Event-Olga dengan perolehan  rating dan share dibawah tayangan X Factor perdana ini.
Jadi peletakan X Factor di jam tayang Jum'at malam apakah ada pengaruh dengan perolehan rating program lainnya. Melihat durasinya yang panjang selama 180 menit, perolehan rating dan share X Factor membantu menaikkan performa RCTI dari program-program yang ditayangkan sebelumnya, tapi tidak untuk 7 Manusia Harimau, karena rata-rata program drama series ini mendapatkan rating/share (4.8/19.0) pada minggu ke 12 dan mendapatkan (4.7/19.6) pada minggu ke 13. Program ini menempati peringkat pertama RCTI dan seluruh channel pada minggu ke 12 dan 13.
Lantas program adu nyanyi lain di MNC TV bagaimana? Televisi yang merupakan saudara dari RCTI ini pada Jum'at lewat tayangan Konser Seleksi pada minggu ke 13 mendapatkan (1.6/7.9) dari sebelumnya minggu ke 12 (2.4/11). Artinya terjadi penurunan rating dan share yang diperoleh dari program pada Jum'at malam saat X Factor ditayangkan pertama kali.  Walaupun begitu  tayangan stripping ini  yang berdurasi 4,5 jam ini punya rata-rata rating/share (1.9/9.4) mengalami peningkatan peringkat dari 13 ke 8 pada top program MNC TV minggu ke 13.
Ternyata selain adu nyenyong , TV series Bollywood , Jodha Akbar, ternyata bertahan dari serangan terbaru dari X Factor dan tetap bertahan dalam rating/share (4/16). Program yang ditayangkan ANTV pada pukul 20:00-22:00 setiap hari ini memperkuat eksistensi ANTV sebagai TV "Bollywood" Indonesia setelah sebelumnya sukses dengan tayangan lainnya seperti Mahabharata.
Kesimpulan singkat dari 4 program diatas rupanya penurunan jumlah penonton Konser Seleksi KDI dengan tema dangdut bisa jadi menonton X Factor. Sementara penonton 7 Manusia Harimau tetap mengikuti X Factor dari share 15.4 (lead in) menjadi 15.7 pada saat menonton X Factor. Lead out nya juga meyakinkan yaitu mencapai 16.6 pada program film lepas : 30 Tron.
Apakah ada perubahan dalam peringkat channel share pada minggu ke 13 ini? Rupanya iya ada kenaikan share dari televisi peraih share terbanyak RCTI yaitu dari 14.9 menjadi 15.5 sementara IVM mengalami penurunan dari 14.8 ke 13.9. Â Artinya tetap tidak menggoyahkan peringkat pertama channel share minggu lalu yaitu RCTI.
Masih terlalu awal untuk menyimpulkan apakah X Factor memang sanggup membuat peta persaingan pada tayangan Jum'at malam mampu mengubah dan mempengaruhi perolehan channel share pada minggu berikutnya, mengingat setiap stasiun televisi sudah menyiapkan strategi dan kuda-kuda untuk tidak membiarkan pesaingnya menikmati kemenangan dalam waktu yang lama. Â Jadi Rating boleh saja tinggi tapi di time slot berapa? Kalau share lumayan tinggi pada time slot prime time....itu sudah lebih dari kepuasan mendapatkan rating. Â Yang jelas bagi stasiun televisi mendapatkan share 2 digit itu harus jadi target awal dan mempertahankannya tugas selanjutnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H