Mohon tunggu...
IPB Marketing Club
IPB Marketing Club Mohon Tunggu... Lainnya - Organization

IMC is a student-organization focused on building skills and knowledge of its members regarding marketing and career opportunities within the field.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran Live Shopping Buat Kamu yang Pengen Cuan

1 Oktober 2023   12:50 Diperbarui: 1 Oktober 2023   12:51 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : https://timesindonesia.co.id/ekonomi/457335/shopee-live-mendominasi-live-streaming-shopping-di-indonesia 

Di zaman sekarang, kalian pasti sudah tidak asing dengan kata  live shopping. Artikel ini membahas strategi pemasaran live di platform e-commerce. 

Live shopping telah menjadi alat yang efektif bagi penjual untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, mempromosikan produk, dan meningkatkan penjualan. 

Tentunya, dengan kecanggihan teknologi di masa sekarang, sudah banyak orang yang melakukan inovasi dalam kegiatan berjualan. Dengan memahami tips dan taktik terbaik, penjual dapat menciptakan pengalaman live yang menarik dan tentu saja menguntungkan. 

Pembeli akan dibuat penasaran dan tertarik dengan produk yang ditawarkan sehingga mereka dapat dengan senang hati membeli produk tersebut.

Live shopping adalah praktik penjual dengan melakukan siaran langsung ke media sosial untuk berkomunikasi tentang produk yang dijual, dan dalam kegiatannya mereka sering memberikan instruksi tentang cara menggunakan produk tersebut. 

Fenomena live shopping telah dipelajari oleh banyak  ahli  untuk menjelaskan apa itu live shopping, teknologi yang digunakan, dan strategi pemasaran yang menggunakan live shopping. Live shopping ialah sebuah  inovasi  baru dari penggabungan  e-commerce dan  jejaring  sosial dimana  konsumen yang menontonnya dapat  langsung  membelinya dengan  sedikit  sentuhan  di  ponsel mereka. 

Pengguna yang menonton live shopping atau tertarik untuk menonton live shopping cenderung memiliki  ketertarikan  pada  produk  yg  sedang  ditawarkan  di  siaran  langsung  tersebut.  Menurut penelitian sebelumnya, taktik live shopping dapat menaikkan minat beli produk secara online oleh pengguna tanpa memperdulikan waktu & ketidakpastian barang (Mindiasari et al.2023).

Munculnya trend live shopping ini tentunya memberikan banyak sekali manfaat kepada para penjual untuk memudahkannya dalam melakukan kegiatan penjualan. Seperti saat adanya fenomena virus Covid-19,  di saat masyarakat sangat susah untuk berpergian keluar rumah untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, live shopping ini sangat membantu mereka karena mereka bisa dengan mudah berbelanja sesuka hati tanpa harus mengkhawatirkan virus tersebut. Ekonomi masyarakat tentunya sangat terbantu dengan adanya live shopping.

Untuk bisa melakukan live shopping yang optimal dan menghasilkan penjualan yang signifikan, penjual tentunya harus mempunyai trik tersendiri saat melakukan penjualan online. Yuk simak beberapa cara ataupun trik agar penjual bisa memanfaatkan live shopping tersebut dengan baik, di antaranya yaitu :

1. Pemilihan Produk yang Tepat

Pilih produk-produk yang memiliki potensi visual dan cerita menarik untuk dipromosikan melalui live shopping. Pemilihan produk yang tepat dapat membuat produk-produk tersebut dapat lebih mudah dipahami dan dipamerkan kepada audiens. Pembeli cenderung melihat tampilan awal produk saat live shopping berlangsung. Jadi semakin menarik tampilan produk yang ditampilkan, semakin tinggi tingkat ketertarikan pembeli dengan produk tersebut. Sebagai penjual kita harus memberikan tampilan produk semenarik mungkin agar memikat hati pembeli. 

sumber : https://timesindonesia.co.id/ekonomi/457335/shopee-live-mendominasi-live-streaming-shopping-di-indonesia 
sumber : https://timesindonesia.co.id/ekonomi/457335/shopee-live-mendominasi-live-streaming-shopping-di-indonesia 

2. Rencana dan Persiapan Matang

Sebelum melakukan live shopping, buatlah rencana yang terperinci mengenai konten yang akan dipresentasikan. Ikuti terus perkembangan trend terkini agar konten yang kita tampilkan akan menarik lebih banyak audiens. Pastikan kita memiliki persediaan produk yang cukup, alat bantu seperti kamera dan pencahayaan yang baik, serta skrip atau live streaming yang terlatih. Hal-hal tersebut harus sudah dipersiapkan dengan matang agar saat live shopping berlangsung tidak ada hambatan karena persiapan yang kurang.

sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/tren-live-shopping-jet-commerce-indonesia-bangun-live-streaming-center.html
sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/tren-live-shopping-jet-commerce-indonesia-bangun-live-streaming-center.html

3. Interaksi Aktif dengan Penonton

Memberikan respon langsung terhadap komentar dan pertanyaan dari penonton adalah kunci dalam menciptakan interaksi yang autentik dan mengundang partisipasi. Ini dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan membantu membangun hubungan yang lebih dekat. Keunggulan dari live shopping salah satunya, yaitu dapat berinteraksi dengan semua penonton secara langsung melalui komentar. Komunikasi yang interaktif tentunya akan sangat membantu pembeli untuk memilih atau bertanya mengenai produk yang dijual. Hal ini juga menjadikan ajang para penjual untuk meyakinkan produk yang mereka jual.

sumber : https://dailysocial.id/post/tokopedia-play-live-shopping 
sumber : https://dailysocial.id/post/tokopedia-play-live-shopping 

4. Tawarkan Promo Khusus

Memanfaatkan live shopping untuk menawarkan promo eksklusif kepada penonton dapat mendorong pembelian impulsif dan meningkatkan antusiasme pelanggan. Strategi marketing ini tentunya sudah tidak jarang lagi ditemui di berbagai platform penjualan. Kita bisa memberikan promo di tanggal cantik seperti 12.12 atau juga promo saat hari-hari besar seperti hari kemerdekaan, hari lebaran, atau pun tahun baru. Pada saat hari-hari istimewa seperti itu, rata-rata para konsumen sedang melakukan pembelian yang cukup tinggi. Menawarkan promo khusus tentunya akan membuat tingkat konsumen yang datang semakin melonjak.

sumber : https://www.grid.id/read/043260929/hadirkan-konsep-live-shopping-kreatif-tiga-pelaku-umkm-ini-berhasil-tingkatkan-penjualan-selama-ramadan-di
sumber : https://www.grid.id/read/043260929/hadirkan-konsep-live-shopping-kreatif-tiga-pelaku-umkm-ini-berhasil-tingkatkan-penjualan-selama-ramadan-di

5. Jadwal Live Rutin

Membuat jadwal live shopping yang rutin dapat membantu membangun basis pengikut yang setia. Penonton akan mengantisipasi dan menantikan acara live toko anda. Melakukan live shopping yang konsisten juga memberikan value bahwa toko anda memiliki tingkat keseriusan yang tinggi sehingga dapat memberi keyakinan kepada para konsumen. Jadwal live shopping yang rutin juga dapat menjadikan ajang branding untuk toko anda untuk semakin dikenal oleh banyak orang.

sumber : https://www.sribu.com/id/blog/cara-jualan-di-tiktok-shop-untuk-pemula/
sumber : https://www.sribu.com/id/blog/cara-jualan-di-tiktok-shop-untuk-pemula/

6. Pengukuran dan Analisis

Setelah live streaming selesai, analisislah data kinerja seperti jumlah penonton, keterlibatan, dan penjualan yang dihasilkan. Melakukan pengukuran dan analisis merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam live shopping. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan di masa mendatang. Analisis ini juga dapat membantu kita untuk mengetahui kapan waktu yang paling banyak digunakan oleh konsumen untuk menonton live shopping kita.

sumber : https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/04/25/livestream-shopping-semakin-populer
sumber : https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/04/25/livestream-shopping-semakin-populer

Dengan mengimplementasikan strategi-strategi diatas dapat membuat penjualan live shopping Anda mencapai hasil yang optimal dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi akibat penggunaan strategi yang kurang tepat. Membangun hubungan interaksi yang kuat, kreativitas, dan penawaran promosi yang menarik akan membuat toko anda menjadi lebih ternilai di mata para konsumen. Seiring berkembangnya teknologi dan berubahnya trend, kita perlu untuk terus mengikuti perkembangan terbaru, dengan begitu kita bisa meningkatkan awareness secara signifikan. Keberadaan live shopping ini harus kita manfaatkan dengan baik agar kita dapat memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Beberapa strategi ini harus kalian coba agar live shopping yang kalian lakukan bisa semakin memuaskan!

Referensi :

Mindiasari I I,Priharsari D, Purnomo W.2023.Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review.Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 7 (3) : 1039-1042. [diakses 15 Agu 2023 https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12370] 

Penulis:

  • Nadia Hutagalung - Part of IPB Marketing Club

  • Natasya Syifa - Part of IPB Marketing Club

  • I Gusti Agung Dewi Supraba Putri - Part of IPB Marketing Club

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun