Kalian pasti tidak asing lagi dengan musik K-pop, bahkan mungkin kalian adalah penggemar berat dari musik K-pop. Ya aliran musik yang berasal dari Korea Selatan ini sudah tersebar hampir di seluruh negara, bukan hanya di Asia saja, tetapi sampai ke Amerika dan Eropa. Di Indonesia penggemar musik K-pop jumlahnya sangat banyak, maka tak heran jika Indonesia dinobatkan menjadi negara penggemar K-pop terbanyak di dunia. Fenomena musik K-pop di Indonesia ini terlihat jelas dari banyaknya konten, postingan atau tweet tentang K-pop di sosial media, selain itu musik K-pop juga sering menjadi trending di Youtube maupun aplikasi streaming musik seperti Spotify.
Kesuksesan musik K-pop ini membawa pengaruh positif terhadap industri kreatif di Korea Selatan. Beberapa agensi musik K-pop antara lain SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, HYBE Labels, dan lainnya. Musik K-pop identik dengan Boy Group dan Girl Group, beberapa nama besarnya antara lain BTS, Blackpink, Twice, EXO, NCT, dan masih banyak lagi. Sebut saja grup musik BTS yang sering menduduki di tangga lagu Billboard, bahkan disebut-sebut BTS pernah berkontribusi hingga 0,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan. Nah berikut kita akan bahas beberapa strategi inovatif di balik kesuksesan musik K-pop.
1. Sosial Media untuk Menjangkau Seluruh Orang di Dunia
Di era Internet saat ini, jumlah pengguna media sosial sangat besar jumlahnya. Menurut data dari We Are Social dan Hootsuite, jumlah pengguna sosial media di seluruh dunia mencapai 4,76 miliar atau setara dengan 59,4% dari total populasi pada Januari 2023. Bayangkan saja kalau sosial media ini dimanfaatkan dengan baik, contohnya nih industri musik Korea Selatan yang bisa melihat ini menjadi peluang yang menguntungkan. Bisa kita lihat dari akun-akun sosial media dari para Boy/Girl Group baik di Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, dan lainnya. Walaupun biasanya para idol ini mempunyai akun pribadi masing-masing, tetapi akun resmi milik grup tetap dipakai untuk menjadi pusat informasi dan promosi. Nah dengan adanya sosial media ini kita jadi tahu deh aktivitas, lagu, ataupun update-an terbaru dari idol kita nih walaupun terpisah oleh jarak yang jauh. Seperti yang kita tahu nih bahwa musik K-pop sudah terkenal diseluruh dunia, walaupun idol kita aktivitasnya kebanyakan di Korea Selatan tetapi dengan sosial media mereka tetap bisa menjangkau orang diseluruh dunia.
2. Membuat Konten yang Menarik
Berkaitan dengan yang telah dijelaskan diatas, sosial media dimanfaatkan oleh industri musik Korea Selatan untuk menjangkau banyak orang, tetapi kita tidak bisa pungkiri bahwa konten-konten sosial media mereka menarik, modern, dan berkualitas sehingga banyak orang di seluruh dunia menjadi penggemar dari artis K-pop. Tak jarang kan saat ini banyak tren yang muncul dari konten-konten artis K-pop. Selain produksi video musik, mereka juga aktif membuat vlog aktivitas atau kegiatan mereka, video dance performance, video behind the scene-nya dan berbagai konten-konten menarik lainnya. Nah tren baru yang sering kita lihat akhir-akhir ini di Instagram dan Tiktok ketika mereka baru saja merilis lagu terbaru seperti konten video dance sendiri, bersama anggota grup, ataupun bersama anggota dari grup lain.
3. Interaksi dengan Penggemar
Tentu penggemar akan merasa senang jika bisa berinteraksi dengan idolanya, karena bisa merasa dekat dengan sang idola. Jika kamu seorang kpopers (sebutan untuk penggemar musik K-pop) pasti pernah dengar ataupun mengikuti acara live dari artis K-pop baik melalui live Instagram atau live dari aplikasi V-live, disitu biasanya terjalin komunikasi antara sang idol dengan penggemar, para penggemar biasanya menanyakan pertanyaan atau menyuruh sang idola untuk melakukan sesuatu melalui kolom chat di aplikasi live tersebut. Nah ada juga nih acara yang bisa bertemu/berinteraksi/melihat secara langsung idol K-pop yaitu melalui Fansign (bisa berinteraksi dan berbincang secara dekat dengan idolanya), Fan Meeting (bisa menonton seperti konser namun dalam jarak yang lebih dekat), dan konser (biasanya konser dibuat dengan meriah sehingga banyak dari penggemar ingin datang ke konser). Ada beberapa grup K-pop yang membuat merchandise resmi yang eksklusif, ini bisa membuat penggemar memiliki rasa kepemilikan dan kebanggaan tersendiri.
4. Produksi dan Penampilan yang Berkualitas
Kita harus akui bahwa kualitas video musik dari industri kreatif Korea Selatan ini memang berkualitas, hasil video yang disuguhkan menampilkan visual yang memanjakan mata, tapi tak heran untuk memproduksi satu video musik saja bisa merogoh kocek hingga miliaran rupiah loh. Bukan hanya tampilan videonya saja tetapi lagu yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang baik. Di balik video dan lagu yang keren ini ada banyak orang-orang profesional yang ahli dibidangnya. Video musik dan lagu yang berkualitas tinggi bukan hanya ditampilkan oleh grup atau agensi yang sudah memiliki nama besar tetapi agensi kecil atau bahkan grup yang baru debut juga sudah bisa menampilkan kualitas yang bagus loh.
5. Konsep Grup dan Tampilan Visual
Bisa dibilang konsep grup K-pop Inovatif, mereka bisa melihat peluang-peluang yang ada dan tidak menciptakan konsep-konsep yang monoton. Selain dari konsep utama grup, ini bisa dilihat dari konsep setiap lagu yang dirilis. Selain itu ada faktor yang juga membuat grup musik K-pop itu sangat menarik yaitu dari tampilan visual setiap membernya. Tampilan visual dari idol Korea Selatan ini mempunyai daya tarik tersendiri, mulai dari tampilan wajahnya yang ganteng/cantik, riasannya yang pas diwajah mereka, proporsi tubuh yang menarik, dan fashion yang keren.
6. Promosi yang Menarik dan Analisis Pasar
Promosi dilakukan secara bertahap, mulai dari sebelum merilis lagu hingga sesudah lagu dirilis. Seperti schedule poster, teaser image, teaser video, gambar detail album, perilisan MV, dan tampil di acara musik seperti SBS MTV The Show, MBC Show Champion, MNet MCountdown, KBS Music Bank, MBC Music Core dan SBS Inkigayo. Nah mereka juga cerdik menganalisis pasar, seperti memasukkan kata atau kalimat bahasa Inggris di dalam lagunya sehingga lebih dekat dengan pendengar internasional dan juga merilis lagu dalam bahasa Jepang karena negara Jepang merupakan salah satu penggemar terbesar musik K-pop.
7. Berkolaborasi dengan Musisi Dunia
Berkolaborasi dengan musisi dunia bisa menjadi langkah yang besar karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Beberapa kolaborasi yang pernah terjadi antara lain BTS dengan Coldplay, Blackpink dengan Selena Gomez, Seventeen dengan Anne Marie, NCT 127 dengan Ava Max, BTS dengan Halsey, Blackpink dengan Dua Lipa, dan masih banyak kolaborasi-kolaborasi lainnya.Â
8. Kerjasama dengan Brand-Brand Besar
Saat ini banyak dari idol Korea menjadi Brand Ambassador dari suatu brand ternama, sebut saja Lisa Blackpink menjadi BA dari Celine, Rose Blackpink menjadi BA dari Yves Saint Laurent (YSL), Jisoo menjadi BA dari Dior, Jennie Blackpink menjadi BA dari Chanel, KAI EXO menjadi BA dari Gucci, Chanyeol EXO menjadi BA dari Prada, Irene Red Velvet menjadi BA dari Prada, Yujin IVE menjadi BA dari FENDI, Jungkook BTS menjadi BA dari Calvin Klein, V BTS menjadi BA dari Celine dan masih banyak lagi idol K-pop Korea yang menjadi BA dari brand besar dunia. Kerja sama dengan brand-brand besar ini bisa menjadi strategi yang sukses karena bisa memperluas pengaruh K-Pop secara global dan memperluas jangkauannya ke berbagai segmen pasar.
Itulah beberapa strategi di balik suksesnya industri musik Korea Selatan/ K-pop. Musik K-pop mungkin sudah jadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini, tak jarang muncul berbagai tren dari K-pop maupun budaya Korea selatan, seperti fashion, kosmetik/skincare, makanan, bahasa, bahkan pariwisata. Menurut kalian nih apalagi sih yang membuat industri musik Korea Selatan berkembang begitu pesat?
Referensi:
Aprilia Y.I, Nasution D. 2023. STRATEGI KOREA SELATAN DALAM PENYEBARAN BUDAYA K-POP MELALUI GRUP MUSIK BTS. Jurnal Sosial Politik Integratif. [diakses 2023 Juli 17]; 3(1): 413--418,
http://www.jisip.org/index.php/jsp/article/view/101
Penulis:
Nadia Hutagalung - Part of IPB Marketing Club
Natasya Syifa - Part of IPB Marketing Club
I Gusti Agung Dewi Supraba Putri - Part of IPB Marketing Club