Sebuah bisnis tidak hanya berbicara tentang produk dan layanan yang baik. Namun, identitas/ wajah sebuah perusahaan memiliki peranan penting dalam menarik minat customer, lalu bagaimanaka cara kita merefleksikan identitas tersebut ke dalam ruang market secara fisik, sehingga ketika orang memasuki toko kita mereka sadar sedang berada di wilayah brand kita?.Disinilah kita harus menggunakan Interior branding.Â
Apa itu Interior Branding ?
Interior branding adalah sebuah proses dalam desain interior dengan memikirkan jati diri dari brand yang sedang didesain , sehingga tercipta ruang yang mampu merefleksikan brand tersebut dengan konsisten
Â
Keunggulan Interior Branding :Â
Berikut beberapa keunggulan Ketika interior branding sudah terpikirkan sebagai satu kesatuan proses desain :
 1. Tercipta sebuah interior unik yang mampu mencerminkan wajah dari sebuah brandÂ
2. Kemungkinan terciptanya trend baruÂ
3. Membantu pengguna memahami identitas dari perusahaan tersebut Meskipun interior branding ini adalah hal yang penting , namun Seringkali interior branding dilupakan ketika sedang dalam proses desain. Lalu , Bagaimana sebuah perusahaan bisa memanfaatkan interior branding sebagai strategi mencapai kesuksesan?, Berikut adalah 3 tips memanfaatkan interior branding dalam usaha / start-up kalian :
1. Konsisten Dengan Identitas Brand Â
Pastikan desain interior mencerminkan identitas brand. Misalnya, untuk brand yang menonjolkan kelembutan dan kehangatan, gunakanlah warna yang soft dan ramah. Untuk brand yang menekankan inovasi dan keberanian gunakan desain yang bold dan modern
Selaraskan logo dan pesan brand ke dalam desain interior secara halus agar tidak terkesan memaksa . hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan furnitur khusus,mural, dan elemen desain lainnya yang sesuai dengan konsep. Hal ini dilakukan agar logo dan pesan merk bisa menyatu secara alami dan terlihat konsisten Â
Interior branding yang efektif tidak hanya mencerminkan identitas merk, tetapi juga meningkatkan produktivitas karyawan dan loyalitas klien. Fokus terhadap fungsi dan keamanan desain juga menjadi hal utama yang harus dipikirkan sehingga desain interior dapat memberikan pengalaman positif bagi karyawan dan pengguna lainnya.Â
1. Starbucks
Melalui studi kasus interior branding starbucks ini kita bisa melihat bahwa starbucks telah menerapkan interior branding sebagai strateginya. penempatan merk yang strategis Â
Setelah melihat beberapa studi kasus diatas dapat disimpulkan bahwa interior branding menjadi salah satu kunci untuk memperkuat citra merk di masa depan. Dengan menyelaraskan desain interior dengan identitas merk sebuah brand akan mampu menciptakan pengalaman yang baru dan mendalam sehingga daya tarik brand tersebut meningkat.inilah yang disebut sebagai strategi bisnis interior branding menuju masa depan bisnis.
Tulisan oleh : Aaron Wijaya_Program Studi Desain Interior_Universitas Kristen Petra
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI