Mohon tunggu...
Intan Dian Syaputra
Intan Dian Syaputra Mohon Tunggu... Konsultan - Economy Enthusiast

Our stupid feelings are dangerous.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Berbagai Kacamata Mewah, Analisis Monopoli Produksi

23 Januari 2019   17:56 Diperbarui: 23 Januari 2019   17:57 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan industri tentunya sangat berpengaruh pada keadaan pasar di suatu negara ataupun dunia, terutama untuk regulasi-regulasi yang diterapkan untuk dapat mengintervensi pasar agar dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pasalnya, meskipun regulasi telah dibuat tidak dapat memastikan bahwa sudah ditaati oleh para perlaku usaha yang berada pada pasar terutama potensi pemilik usaha dalam skala besar yang dapat menguasai pasar. 

Regulasi industri yang dibentuk oleh pemerintah itu sendiri merupakan bentuk usaha untuk dapat mengontrol perilaku individu atau perusahaan dengan menjaga harga dan mengontrol kuantitas serta kualitas dari barang atau atau jasa yang diproduksi (The Cambridge-MIT Institute Electricty Project, 2003). 

Akan tetapi, dalam praktiknya tidak dapat dikatakan bahwa regulasi dapat memastikan keadaan pasar secara tepat tetapi dibutuhkan evaluasi secara berkala dalam penerapannya. Dalam pembentukan regulasi, tentunya terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti total keuntungan yang diterima oleh masyarakat, besar atau kecilnya anggaran dan pengaruh ke pasar hingga keadaan kesejahteraan bagi para pegawainya.

Berbagai bentuk pasar tentunya memiliki regulasi yang berbeda untuk dapat mengintervensi, namun dapat dipastikan bahwa regulasi yang ada biasanya berasal dari kemungkinan perbuatan yang salah baik individu atau perusahaan. Pada analisis ini, studi kasus yang akan dibahas adalah pada pasar kacamata dengan menggunakan sebuah brand yaitu Luxottica. 

Keberadaan Luxottica sudah dipastikan tidak asing pada pasar kacamata yan telah berdiri sejak tahun 1961 dan semakin besar dari tahun ke tahun hingga saat ini. Pendirian brand ini awal mulanya merupakan sebuah ketertarikan Leonardo Del Vecchio yang sangat gemar dengan kacamata dan memiliki tujuan utama untuk dapat membuat produk yang bernilai bagus dengan proses produksi yang baik. 

Pada perkembangannya, brand ini menjual produk secara langsung dan memulai vertical integration dalam strateginya dengan melakukan akuisisi brand lain yaitu Scarrone S.p.A, yang merupakan salah satu distributor dari pasar kacamata di Italia. Ekspansi yang dilakukan kemudian terus berkembang dengan melakukan penjualan internasional di Jerman yang kemudian mengausisi distributor lainnya yang berada di pasar US. 

Strategi dengan mengausisi terus dilakukan dengan brand lainnya di berbagai negara, seperti Vogue, Brooks Brothers, RayBan, Persol dan lebih dari 30 brand lainnya hingga dapat menguasai pasar-pasar di negara lain. Pengembangan pasar yang dilakukan bukan hanya sampai situ, untuk dapat meningkatkan brand engagement yang baik pada konsumen ataupun investor, Luxottica juga melakukan berbagai kegiatan seperti museum, melakukan kegiatan stock exchanging, exhibition, dan lainnya yang bertaraf internasional.

Perkembangan Luxottica dalam menguasai pasar kacamata diberbagai negara ini tentunya dapat memberikan peluang munculnya praktik monopoli pasar kacamata karena seluruh produsen dari berbagai brand berasal dari tempat nyang sama. Dapat dipastikan Luxtottica menjadi produsen dan distribusi perusahaan kacamata di dunia yang terus melakukan akuisisi pada perusahaan kacamata dari berbagai negara. 

Keadaan ini tentunya mengidikasikan bahwa berbagai brand kacamata tentunya menjadi bergantung dengan produksi yang dimiliki oleh Luxottica. Analisis ini kemudian menggunakan beberapa aspek untuk dapat memahami bagaimana Luxottica dapat dikatakan memonopoli pasar kacamata, seperti sebagai berikut.

 

Vertical Integration

Vertical integration adalah strategi yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan melakukan kombinasi yang dilakukan dua perusahaan atau lebih untuk dapat menciptakan hubungan antara produsen dan manufaktur agar dapat memenuhi proses produksi secara vertikal. Dengan melakukan strategi ini, perusahaan dapat mengurangi biaya karena biaya transportasi yang lebih efisien dan banyak keuntungan lainnya. 

Pada grafik 1 dapat dilihat bahwa perusahaan Luxxotica melakukan beberapa bentuk strategi ini untuk mengembangkan usahanya, seperti dengan melakukan akuisisi terhadap perusahaan distributor dan manufaktur dalam memproduksi setiap produk yang diproduksinya.

Untuk memproduksi produk yang berkualitas tinggi namun tetap dengan biaya yang efisien merupakan salah satu tujuan melakukan akuisisi ini. Berbagai sektor dengan melakukan strategi ini diharapkan dapat mempermudah alur dari produksi yang dimiliki Luxxotica dengan tetap dapat mengontrol tiap sektornya. 

Grafik 1 menunjukan adanya R&D yang dilakukan untuk dapat menemukan desain dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dan juga mendorong informasi yang lebih cepat mengenai kompetitor ataupun supliernya. 

Dari segi suplier yang dimilikinya kemudian diakuisisi untuk menciptakan kemudahan dalam melakukan re-stock pada produksinya dengan biaya transportasi yang rendah. Strategi ini dipakai perusahaan kacamata ini untuk dapat menguasai pasar kacamata khususnya luxury eyewear di dunia.

 

Kompetisi Luxury Eyewear Market di Dunia 

 

Grafik 2. Total Market Share dari Beberapa Perusahaan Kacamata di Dunia tahun 2017, diolah
Grafik 2. Total Market Share dari Beberapa Perusahaan Kacamata di Dunia tahun 2017, diolah


Pada grafik 2 dapat dilihat bahwa pangsa pasar yang dimiliki oleh Luxoticca mencapai lebih dari 70% yang artinya lebih dari 50% berusaha melakukan monopoli pada pasar khususnya pada pasar jenis kacamata mewah. 

Pada perusahaan ini mendominasi pasar di dunia yang memegang penjualan pada beberapa brand ternama seperti Ray Ban, Oakley, Armani, Burberry dan lainnya. 

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, ini memiliki gap yang sangat jauh dimana pemegang pangsa pasar kedua tidak sampai setengah dari market share yang dimiliki oleh Luxoticca. Dengan demikian, dalam industri luxury eyewear ini memiliki tingkat kompetisi yang cukup rendah, karena sekitar nya dikuasai oleh hanya satu perusahan menurut teori.

Meskipun secara teori beberapa perilaku yang dilakukan ini memiliki indikasi sebagai perilaku monopoli, namun pada faktanya dapat dipastikan bukan merupakan bentuk pelanggaran pada regulasi Itali dalam mengontrol adanya bentuk antitrust di sebuah negara yang telah terbentuk sejak kurang lebih 20 tahun lalu.

 Pada regulasi ini berusaha mencegah adanya bentuk perilaku monopoli, berusaha untuk meningkatkan peran dari pemerintah dalam melindungi kepentingan publik. Jenis regulasi yang tentang antitrust ini adalah Peraturan No.287 Oktober 1990 dengan mengimplementasi kebijakan oleh pemerintah EU kepada hukum secara nasional di Italia dengan tujuan membatasi bentuk perjanjian, mengurangi posisi dominan dan mencegah bentuk kombinasi perusahaan untuk membentuk posisi dominan. 

Perusahaan Luxxotica tetap dapat melakukan produksi kacamata yang dimilikinya ini dikarenakan beberapa aspek yang tidak dikategorikan sebagai perilaku monopoli, seperti :

  • Sebagai contoh meskipun memiliki posisi menguasai pasar pada untuk skala dunia, akan tetapi di US Luxottica hanya memiliki posisi 20% dari total pendapatan pada pasar kacamata. Dengan demikian, berkembangnya dan ekspansi yang dilakukan oleh brand tersebut belum dapat melanggar adanya bentuk pelanggaran monopoli pada pasar di berbagai negara yang didistribusikan oleh perusahaan tersebut. Sehingga dengan demikian, keberadaan brand tidak menutup persaingan di pasar kacamata pada masing-masing negara.
  • Bergerak pada dunia fashion, tentunya menyebabkan pentingnya inovasi-inovasi yang diperlukan untuk memberikan kesan trendy bagi para pecintanya. Dengan adanya Luxxotica tentunya tidak dapat memberikan batasan kepada perusahaan kacamata lainnya untuk tidak terus mengembangkan desain atau melakukan inovasi pada produk-produknya. Secara tidak langsung, banyak konsumen yang telah memiliki brand loyalty terhadap anak-anak brand yang dimiliki oleh Luxxotica sedangkan monopoli dapat dikatakan apabila usaha yang dilakukan dapat memberikan batasan dari competitor untuk memproduksi barangnya.
  • Tidak hanya bentuk preferensi dari konsumen, secara bentuk operasional atau proses produksinya juga Luxxotica tidak membatasi para produsen kacamata lainnya dari brand lainnya. Hal ini dapat dilihat dengan terus meningkatnya produsen baru pada pasar kacamata yang terus mengembangkan pasar dengan melakukan penetrasi dari pasar tersebut. Sedangkan untuk bentuk dari vertical integration yang dilakukan oleh Luxxotica meskipun terlihat seperti ingin menguasai pasar, namun perusahaan ini memiliki tujuan untuk mengurangi biaya operasionalnya. Lebih lanjut, brand yang sekarang berhasil menjadi anak dari perusahaan ini tentunya saat diakuisisi beberapa bukan merupakan brand yang sudah memang terkenal sebelumnya, namun Luxxotica memberikan keuntungan bagi brand itu sendiri.

Dari berbagai argumen yang telah diuraikan, dapat dikatakan bahwa Luxxotica merupakan perusahaan yang mampu menciptakan biaya yang efisien untuk kegiatan produksinya atau dapat dikatakan natural monopoly behavior. Hal ini dapat dilihat bagaimana perusahaan ini melihat peluang dan mencari distributor, desainer, produsen dengan tujuan untuk melakukan efisiensi dan pada akhirnya dapat diimplementasikan pada kegiatan dari usahanya tersebut. Dengan demikian, apabila terdapat perusahaan lain mampu memberikan penetrasi yang sama maka dapat menjadi kompetitor yang kuat dari perusahaan tersebut.

Mengenai penetapan harga, dengan memiliki anak brand yang dapat dikatakan dengan jumlah yang banyak tentunya peran Luxxotica menjadi sangat besar dalam penentuan harga pasar. Dengan demikian menjadi produk yang premium dengan harga yang tinggi merupakan salah bentuk strategi pemasaran yang dilakukan untuk dapat meraih kalangan atas. Apabila konsumen memiliki brand loyalty serta brand engagement yang tinggi pada konsumen artinya bukan bentuk pelanggaran namun kekuatan dari perusahaan tersebut atau competitive advantage yang dimiliki jika dibandingkan dengan perusahaan lain dengan pasar yang sama.

Dapat disimpulkan walaupun dengan bentuk pencapaian yang dimiliki oleh perusahaan produsen kacamata yaitu Luxxotica dari berbagai segi pemasaran, inovasi dan stategi yang dilakukan selama tidak melakukan batasan kepada perusahaan yang berada di pasar yang relevan belum dapat dikatakan melakukan pelanggaran. Terlebih lagi, jika melihat data pernegara dari pengembangan produknya, Luxxotica bukan merupakan perusahaan yang dominan pada pasar kacamata sehingga apabila menentukan pelanggaran monopoli diperlukan adanya dokumentasi atau observasi lain yang menunjukkan perjanjian untuk dapat melakukan abuse terhadap pasar yang akan berdampak langsung pada konsumen itu sendiri.

 Referensi

Forbes. (2014, September 10). Retrieved from Meet the Four-Eyed, Eight-Tentacled Monopoly That is Making Your Glasses So Expensive: https://www.forbes.com/sites/anaswanson/2014/09/10/meet-the-four-eyed-eight-tentacled-monopoly-that-is-making-your-glasses-so-expensive/#1f159c2b6b66

Libera Universita Internazionale Degle Studi Sociali. (2011). The Eyewear Maret Luxottica's Leadership, Strategy and Acquistions. Anno Accademico.

Pratt, R. M. (2015, 05 15). Retrieved from A Closer Look at the $13 Billion Premium Eyewear Market: https://www.businessoffashion.com/articles/intelligence/a-closer-look-at-the-13-billion-premium-eyewear-market

Snopes.com. (2016, September 20). Retrieved from Does Luxottica Own 80% of the Eyeglass Industry?: https://www.snopes.com/fact-check/does-luxottica-own-80-of-the-eyeglass-industry/

statista.com. (2018, August). Retrieved from Luxury Eyewear: https://www.statista.com/outlook/21040000/100/luxury-eyewear/worldwide#market-globalRevenue

The Cambridge-MIT Institute Electricty Project. (2003). Government Regulation of Industry . Retrieved from Class1: https://ocw.mit.edu/courses/economics/14-23-government-regulation-of-industry-spring-2003/lecture-notes/1423class1.pdf

The Fashion Law. (2017, August 11). Meet EssilorLuxottica : The Biggest Player in the Luxury Eyewear Game. Retrieved from http://www.thefashionlaw.com/home/meet-essilorluxottica-the-biggest-player-in-the-luxury-eyewear-game

Viscusi, K., Vernon, J., & Harrington, J. (2000). Economics of Regulation and Anti-Trust . Cambridge: MIT Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun