Mohon tunggu...
Intan Selviana
Intan Selviana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Dalam blog ini, saya akan membahas peran agama dalam kehidupan sehari-hari, dan bagaimana nilai-nilai spiritual dapat memberikan panduan dan makna dalam menjalani kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Kurikulum Pendidikan Islam yang Relevan dengan Tantanga

5 Juni 2023   20:03 Diperbarui: 5 Juni 2023   20:09 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membangun Kurikulum Pendidikan Islam yang Relevan dengan Tantangan Masa Kini di Indonesia

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim seutuhnya. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk generasi Muslim yang kuat, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Di negara Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah umat Muslim, penting bagi sistem pendidikan Islam untuk terus berkembang dan relevan dengan kebutuhan masyarakat kontemporer. Di era yang terus berubah dengan cepat ini, di mana kemajuan teknologi, perubahan sosial, dan globalisasi dapat menimbulkan dampak yang signifikan, maka membangun kurikulum pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan masa kini adalah suatu keharusan.

Pendidikan Islam yang relevan bukan hanya tentang memahami ajaran-ajaran agama secara formal, tetapi juga tentang menghadirkan pemahaman yang komprehensif tentang prinsip-prinsip Islam yang mencakup etika, moralitas, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum pendidikan Islam yang tepat akan memberikan landasan kuat bagi peserta didik untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam konteks kehidupan modern.

Kurikulum pendidikan Islam sendiri adalah suatu rangkaian kegiatan yang mencakup tujuan pendidikan, isi pendidikan, strategi pendidikan, dan evaluasi pendidikan dalam lembaga pendidikan Islam. Kurikulum merupakan salah satu aspek yang penting dalam sistem pendidikan, karena kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan.

Kurikulum yang tidak relevan menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan Islam di Indonesia saat ini. Mungkin beberapa lembaga pendidikan Islam mengalami kesulitan untuk menyesuaikan kurikulum mereka agar sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang kaku dan tertinggal dari perkembangan zaman dapat menghambat kemajuan siswa dan tidak mampu untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Islam yang relevan dengan tantangan modern. Satu contoh keadaan dimana kurikulum pendidikan Islam di Indonesia tidak relevan dengan tantangan masa kini adalah ketika kurikulum lebih menekankan pada aspek kognisi  daripada aspek afeksi dan psikomotor. 

Hal ini dimana pelaksanaan kurikulum terlalu fokus pada hafalan dan pemahaman teoritis saja, padahal pendidikan islam bukan hanya untuk memperoleh pengetahuan  dan pemahaman teoritis tentang agama, tetapi juga harus melibatkan mengenai pengembangan karakter dan penerapan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Aspek afeksi melibatkan pengembangan kesadaran diri, empati, nilai-nilai moral, etika, dan sikap spiritualitas yang penting untuk membentuk kepribadian yang tanggap terhadap isu-isu sosial. 

Sementara aspek psikomotor melibatkan pengembangan keterampilan dan kemampuan praktis yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, seperti kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, bekerja sama, dan mampu menerapkan nilai-nilai islam dalam tindakan yang nyata.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kurikulum pendidikan Islam tidak relevan dengan tantangan masa kini di Indonesia, yaitu :

1. Kurangnya pembaruan kurikulum. Mungkin kurikulum pendidikan Islam tidak diperbarui secara berkala untuk mengakomodasi perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Proses pembaharuan kurikulum yang lambat atau terhambat dapat membuatnya tidak mampu mengikuti perkembangan sosial, budaya, dan teknologi.

2. Keterbatasan pemahaman tentang tantangan masa kini. Kurangnya pemahaman dan penelitian yang mendalam tentang kebutuhan dan harapan siswa dapat mengakibatkan kurikulum yang tidak relevan.

3. Keterbatasan sumber daya. Ketidakmampuan dalam mengakses sumber daya yang diperlukan untuk memperbarui kurikulum dapat menghambat penyediaan materi yang relevan atau up-to-date.

4. Ketidaksesuaian dengan kebutuhan lokal, maksudnya kurikulum yang dirancang secara universal tetapi tidak mempertimbangkan kebutuhan lokal, setiap daerah atau komunitas memiliki tantangan dan konteks sendiri yang perlu diperhitungkan dalam merancang kurikulum agar tetap relevan dan bermanfaat bagi siswa.

Tantangan di masa kini terus berkembang, dan kurikulum pendidikan harus terus beradaptasi agar tetap relevan dan dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks. Maka diperlukan suatu upaya agar kurikulum pendidikan islam dapat relevan dengan tantangan masa kini. Kita dapat melakukan berbagai upaya diantaranya yaitu :

1. Melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kurikulum yang ada dengan mengidentifikasi kekurangan dan menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Evaluasi penting untuk dilakukan dalam pendidikan. Dengan evaluasi terhadap kurikulum, sehingga dapat diketahui efisiensi dan efektifitas kurikulum yang telah dilaksanakan, selain itu juga sebagai umpan balik dan menemukan serta mengatasi kekurangan yang ada pada kurikulum, hal ini juga dapat dijadikan patokan untuk mengambil keputusan selanjutnya. 

Evaluasi pendidikan ini penting untuk dilakukan karena dulu Rasulullah juga melakukan evaluasi kepada para sahabat sebagaimana terdapat pada hadits yang artinya : "menceritakan kepada Muhammad ibn 'Abdullah ibn Numair, menceritakan kepada kami ayahku, menceritakan kepada kami 'Abdullah, dari Nafi', dari ibn Imar berkata, "Rasulullah SAW menguji kemampuanku berperang pada hari perang uhud, ketika aku berusia empat belas tahun, lalu beliau tidak mengizinkanku, dan beliau mengujiku kembali pada hari perang khandaq ketika aku berusia lima belas tahun, lalu beliau mengizinkanku. (HR. Bukhari)

2. Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam kurikulum agar dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa dan memperkaya materi pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi, siswa dapat mengakses sumber daya digital, berpartisipasi dalam diskusi online, dan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang mendukung pembelajaran interaktif. Hal ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan digital, meningkatkan pemahaman tentang Islam dalam konteks modern, dan mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dengan dunia yang semakin terhubung secara teknologi. 

Pendidikan Islam juga menekankan pada keterampilan yang dimiliki peserta didik sebagaimana sabda Rasulullah, "Sesungguhnya Allah suka jika seseorang mengerjakan sesuatu pekerjaan bahwa membuatnya dengan baik (professional)." Sehingga dalam upaya untuk membangun kurikulum pendidikan agar relevan dengan tantangan masa kini mengintegrasikan TIK ke dalam kurikulum dapat membantu peserta didik agar memiliki keterampilan digital. Selain itu peserta didik juga perlu dibelaki dengan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, pemecahan masalah, komunikasi yang baik, dan dengan begitu dapat meningkatkan pemahaman Islam dalam konteks modern.

3. Memperkuat kerja sama antara lembaga pendidikan Islam, komunitas, dan pemangku kepentingan terkait. Dengan melibatkan masyarakat dalam proses perumusan kurikulum akan diperoleh kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan masyarakat. Dan dengan melibatkan lembaga pendidikan dan tokoh agama dalam diskusi dapat diperoleh wawasan dan pandangan yang beragam dalam membangun kurikulum yang relevan.  

4. Dengan pemberdayaan tenaga pendidik. Guru-guru perlu mendapatkan pelatihan dan pengembangan profesional secara berkala untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang tantangan dan kebutuhan siswa, serta untuk mengintegrasikan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pengajaran mereka. Dengan begitu guru-guru dapat membangun kurikulum agar relevan dengan tantangan di zaman modern ini.

5. Memperkuat pendidikan karakter untuk peserta didik. Selain memperoleh pemahaman tentang Islam, siswa juga harus dibekali dengan keterampilan sosial, sikap toleransi, integritas, dan kemampuan untuk berkontribusi secara positif dalam masyarakat. Membentuk karakter yang kuat akan membantu siswa menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan mereka dengan sikap yang bijaksana dan bertanggung jawab. Dengan begitu kurikulum dapat dijalankan agar tetap sesuai dengan perkembangan zaman. 

Kesimpulannya, penting bagi lembaga pendidikan Islam di Indonesia untuk terus membangun kurikulum pendidikan yang relevan dengan tantangan masa kini. Di era yang terus berubah seperti sekarang, hendaknya kurikulum pendidikan Islam tidak hanya terfokus pada aspek kognisi, tetapi juga harus memperhatikan aspek afeksi dan aspek psikomotor. Dengan membangun kurikulum pendidikan Islam yang relevan, lembaga pendidikan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kurikulum yang inklusif, prigresif, dan responsif dapat membantu siswa untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. Membangun kurikulum pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan masa kini merupakan suatu investasi jangka panjang untuk masa depan umat Islam di Indonesia, dengan kurikulum yang tepat maka peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, memiliki keterampilam yang diperlukan di masa sekarang ini, dan sikap yang responsif terhadap tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun