Mohon tunggu...
intan sari rufiana
intan sari rufiana Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Universitas Negeri Malang

Saya adalah seorang Dosen di Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tim Peneliti SPs UM Melaksanakan Kegiatan di SDN 1 Kesatrian Kota Malang

16 Agustus 2024   10:48 Diperbarui: 16 Agustus 2024   10:53 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era sekarang ini, perkembangan teknologi informasi memberikan efek yang luar biasa pada kuantitas dan kualitas data yang dihasilkan. Perkembangan dari banyaknya data, peningkatan kerumitan dimensi data berefek pada semakin bertambahnya kebutuhan terhadap statistika.

Masalah kontroversial juga merupakan topik yang dipandang sebagai masalah yang layak diperdebatkan dimana tidak semua orang memiliki perspektif yang sama terhadap masalah tersebut. Hingga kini, penyelesaian masalah kontroversial menjadi problema bagi siswa khususnya tingkat sekolah dasar. Mayoritas siswa mengalami kesulitan dalam memahami konteks, mengidentifikasi langkah dan menentukan jawaban yang tepat sesuai dengan konteks masalah kontroversial.

Tim peneliti yang diketuai oleh Dr. Intan Sari Rufiana, M.Pd dan beranggotakan Dr. Slamet Arifin, M.Pd., Dr. Ratna Ekawati, M.Pd , Fierda Nursitasari Amaliya, S.Pd., Mohammad Yusuf Randy, S.Pd., ini mengusung tema yang berjudul “(KPS) Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Sekolah Dasar” Dalam kegiatan ini masalah kontroversial yang dimaksud adalah masalah terkait dengan statistika. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2024 sampai dengan 9 Agustus 2024. Kegiatan ini melibatkan 24 subjek penelitian dimana subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SDN 1 Kesatrian Malang.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dari 24 siswa tersebut terhimpun data hasil tes dan hasil wawancara.  Pada kegiatan penelitian ini berfokus pada pelevelan penalaran kontroversial siswa. Dimana siswa yang mengerjakan soal tes terkait dengan masalah kontroversial kemudian dari hasil jawaban siswa tersebut dilanjutkan dengan proses wawancara untuk mengkonfirmasi jawaban siswa pada saat tes. Dari hasil penelitian ini didapat 3 kelompok siswa yang masuk pada level penalaran kontroversial dalam statistika. Level penalaran kontroversial ini terdiri dari level paling awal yakni level initial, kemudian level eksploratif dan level klarifikasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun