Mohon tunggu...
intan milenia
intan milenia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Intan milenia

Berusaha adalah satu2nya cara untuk menggapai cita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Puisi sebagai Bentuk Ungkapan Rasa

13 Juli 2021   07:25 Diperbarui: 13 Juli 2021   07:27 906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apabila aku dalam kangen dan sepi

Itulah berarti

Aku tungku tanpa api.

Pada puisi diatas karya WS. Rendra ini secara sederhananya memiliki makna yang menunjukkan rasa kegalauan seseorang, dimana dia itu merasa dirinya merdeka akan tetapi kemerdekaan yang dirasakannya itu tidaklah sempurna sebab ternyata ada sesuatu yang dirasa hilang dan membuat dirinya merasa hampa , dan sesuatu itu yang mungkin selama ini ia tunggu atau rindukan yakni adalah cinta.

Maka dari beberapa puisi diatas bisa kita lihat bahwa sejatinya baik puisi bertema romantika ataupun kegalauan keduanya ada karena lahir dari sebuah cinta para penulisnya. 

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa puisi yang merupakan karya sastra itu dijelaskan sebagai perenungan penciptanya tentang kehidupan, dan kehidupan itu sendiri diliputi dan ada diciptakan dari sebuah cinta, cinta siapa? 

Cinta Tuhan kepada kita. Maka tak ayal bahwa puisi memang menjadi salah satu karya sastra yang banyak dicintai oleh banyak orang, entah itu penyairnya sendiri atau mereka para pembaca yang menikmati puisi.

Ada salah satu penyair Indonesia yang kita kenal dengan nama Jokpin atau lengkapnya Joko Pinurbo, menurutnya arti puisi bagi dirinya yakni "sebagai kegembiraan hidup yang mana juga sebagai cara untuk berbagi". 

Selain itu Sapardi Djoko Damono puisi adalah bunyi dimana penting sekali bunyi itu di dalam puisi yang ditulis, sebab pada saat kita membaca puisi, huruf-hurufnya yang tercetak dalam kertas berubah bunyi terlebih dahulu dalam pikiran kita, sebelum puisi itu berubah menjelma makna. 

Menurutnya pun ketika berbicara puisi tidak terlepas dari tema cinta, hingga penyair manapun dari mulai puisi klasik sampai sekarang seringkali menciptakan puisi tema cinta. 

Dan pula puisi bisa digunakan oleh penyair untuk menunjukkan sikap hidupnya, baik dengan teknik gaya ungkap prosa liris atau juga dengan puisi tentang peristiwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun