Mohon tunggu...
Intan Manuela Lempoy
Intan Manuela Lempoy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

How do you call a sad of coffee? a depresso(t)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pengarahan (Actuating) dalam Manajemen

29 Desember 2021   20:59 Diperbarui: 29 Desember 2021   21:04 6096
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada umumnya perusahaan ataupun organisasi selalu berupaya untuk melaksanakan seluruh rencana-rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Keberhasilan perusahaan akan dapat dicapai diantaranya dengan cara meningkatkan efisiensi dan aktivitas sumber daya yang dimiliki.

Pengarahan berarti menentukan bagi bawahan tentang apa yang harus dikerjakan atau tidak boleh dikerjakan. Pengarahan merupakan metode untuk menyalurkan perilaku bawahan dalam akitivitas-aktivitas tertentu dan menghindari aktivitas lain dengan menetapkan peraturan dan standar, kemudian memastikan bahwa peraturan tersebut dipatuhi.

Seberapa pentingnya pengarahan dalam manajemen?

Pengarahan dalam manajemen merupakan salah satu fungsi yang sangat diperlukan karena berfungsi untuk memberikan bimbingan serta arahan kepada anggota lainnya untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing

Pengarahan merupakan fungsi yang sangat penting dalam manajemen,karena merupakan pengupayaan berbagai jenis tindakan itu sendiri,agar semua anggota kelompok mulai dari tingkat teratas sampai tingkat terbawah berupaya agar mencapai sasaran organisasi sesuai dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan semula dengan cara terbaik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa elemen pengarahan dalam manajemen yaitu:

-Koordinasi

Koordinasi adalah fungsi yang harus dilakukan oleh seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kepentingan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

-Motivasi

Memberi motivasi kepada karyawan merupakan salah satu elemen penting dalam manajemen perusahaan, dengan memberikan fasilitas yang bagus dan gaji yang cukup maka kinerja para karyawan dalam perusahaanpun akan optimal

-Komunikasi

Komunikasi antara para pimpinan dan karyawan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan menjalin komunikasi yang baik maka akan menimbulkan suasana keja yang kondusif di perusahaan dan akan menumbuhkan kerja sama yang baik dalam berbagai kegiatan perusahaan.

Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi pengarahan?

1. Faktor-faktor penghambat fungsi pergerakan 

seperti konsep perilaku manusia yang dikemukakan oleh maslow,dinegara berkembang yang menjadi prioritas adalah kebutuhan fisik,rasa aman,dan diterima oleh lingkungan sedangkan dinegara maju kebutuhan yang menonjol adalah aktualisasi diri dan self esteem 

2. Faktor-faktor pendukung fungsi pergerakan 

  • Kepemimpinan 
  • Sikap dan Moral
  • Perangsang
  • Supervisi
  • Disiplin

Bagaimana melakukan pengarahan yang baik?

Kuncinya adalah komunikasi. Mengapa? Karena sebagus apapun perencanaannya sebagus apapun arahannya kalau kita tidak punya kemampuan komukasi yang baik bawahan akn kesulitan mencerna serta menjalankan perintah tersebut. Hasilnya tidak maksimal jika kita tidak berkomunikasi yang baik antara atasan maupun bawahan.

Pemimpin harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Jelas, serta mudah dimengerti. Pesan serta intruksi yang disampaikan bisa diterima dengan baik agar supaya bisa dijalankan dengan baik juga.

 Nama: Intan Manuela Lempoy

Mahasiswa Universitas Pamulang

Dosen Pembimbing: RIFKHAN S.pt,MM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun