Era digital sudah mulai merambah di berbagai aspek. Kita sudah terikat dengan digitalisasi terutama di bidang bisnis. Bidang bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar, sudah sangat terpampang jelas perkembangannya. Bahkan dalam Triwulan II 2022 pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai angka 5,44%.
Dalam era digitalisasi pada masa sekarang, bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Digitalisasi terhitung sangat membantu kelancaran informasi bahkan penjualan di dalam kacamata bisnis. Dikarenakan mulai bermunculannya aplikasi belanja online, pemasaran digital, bahkan kecerdasan buatan yang dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.
Dengan mudahnya publik menyentuh sistem informasi pada masa sekarang, maka para pebisnis dapat melebarkan target pasar yang mereka inginkan. Sebagai pelaku bisnis, tentu saja kita perlu berinteraksi dengan pelanggan. Dengan bisnis online seperti ini, salah satu cara berinteraksi dengan pelanggan adalah melalui chat. Namun bukankah sangat rumit dan akan sangat memakan waktu bila kita harus membalas chat pelanggan satu persatu? Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan Chatbot.
Apa Itu Chatbot?
Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. Chatbot ini bersifat otomatis sehingga ketika kita mendapat chat atau pesan dari pelanggan, maka Chatbot akan menjawab secara langsung.
Manfaat Penggunaan Chatbot
Beberapa alasan mengapa bisnis perlu menggunakan Chatbot:
- Efisiensi Waktu
Salah satu alasan utama mengapa bisnis perlu menggunakan Chatbot adalah efisiensi waktu. Chatbot akan membantu para konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang relevan dengan cepat. Apabila dilakukan secara manual maka akan sangat memakan waktu.
- Kepuasan Pelanggan
Alasan lain untuk menggunakan Chatbot adalah pentingnya kepuasan pelanggan. Pelanggan cenderung akan lebih puas apabila mendapat respons yang cepat. Dengan penggunaan Chatbot maka pelanggan akan mendapat informasi dengan cepat dan tentunya akan merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan.
- Hemat dan Efektif
Apabila membalas chat dengan manual maka bisnis memerlukan tenaga tambahan. Namun dengan penggunaan Chatbot akan menghemat pengeluaran yang lebih besar untuk menggaji karyawan.
- Meminimalkan Human Error