Lift Parkir Mobil Otomatis, Secara nasional, Nilai harga Lahan atau tanah serta kepadatan di wilayah perkotaan meningkat area untuk lokasi parkir dan garasi berkurang. Para warga dan masyarakat sekitar penghuni kota sering melakukan parkir di area pinggir jalan, sedangkan secara estetika itu sangat tidak enak dipandang; Sementara itu, para pengembang mencoba untuk membuat garasi di bawah tanah tapi biaya operasional semakin mahal dan secara logistik susah untuk dibangun, khususnya di wilayah yang sudah dibangun rumah atau gedung tinggi.
Banyak orang yang berasumsi bahwa lahan untuk parkir mobil ataupun motor sangat terbatas khsusnya di perusahaan manufaktur dan hotel serta apartemen dengan banyaknya jumlah kendaraan yang selalu meningkat, bisa semakin memburuk. Sehingga ide untuk memakai ruang yang dianggarkan untuk parkir dengan lebih baik, pengembang berpindah ke sistem parkir otomatis guna konservasi ruang, keterjangkauan, dan fleksibilitas yang mereka tawarkan bagi pengguna mobil.
1. Konservasi Ruang
"Ukuran garasi rata-rata memerlukan tiga sampai enam kali lebih lebih besar persegi daripada dimensi mobil yang sebenarnya supaya mampu mengakomodasi ruang gerak, landai, dan dimensi ruang parkir standar.
Ukuran tiap persegi yang diperlukan per mobil sampai 80%, menghilangkan landai, lempengan beton dan dalam sejumlah kasus, membuat lorong untuk digunakan sebagai ruang vertical yang lebih efisien. Sistem parkir semi-otomatis dimanfaatkan untuk mengusung mobil dan memasukkannya ke dalam sekian banyak pengaturan konfigurasi bagaikan teka-teki tergantung pada berapa banyak strukturnya. Dalam hal ini membutuhakn  waktu rata-rata 33 detik, dengan fleksibilitas untuk naik sampai tujuh lantai dan elevasi yang jelas dibutuhkan 12 kaki dengan sistem dua tingkat.
2. Terjangkau
Struktur parkir di atas tanah bisa menelan ongkos hingga $ 30K / ruang atau setara Rp. 420 Juta. Garasi bawah tanah lebih mahal dan dapat mencapai $ 90K / ruang atau 1 milyar lebih. Meskipun tampaknya bertentangan dengan intuisi, dalam peningkatan kecanggihan mesin yang dibutuhkan, parkir otomatis lebih murah, yang hanya membutuhkan ongkos sekitar $ 20K / atau Rp. 280 Juta saja, bahkan ruang yang dibutuhkan lebih sedikit.
3. Serbaguna
Parkir otomatis bisa dikatakan sangat luwes dan adaptif, dengan kata lain dapat dengan mudah masuk ke dalam ruang yang tidak sesuai untuk garasi parkir konvensional atau sejenisnya.
"Salah satu kegunaan sistem parkir otomatis ialah pemakaian yang sangat adaptif". Anda dapat merombak strukturnya, berpindah tempat dan menemukan kembali data perlengkapannya atau bahkan barangkali bisa mengambil ruang yang banyak untuk disewa dengan biaya yang lebih murah.
Parkir otomatis bukanlah konsep baru, tetapi peradaban teknologi dalam sistem dan kendaraan parkir, digabungkan  dengan kepadatan kota yang semakin memprihatinkan, pengembang telah menciptakan  tatanan perencana kota dengan mempertimbangkan suatu hal yang efektif sebagai penyelesaian suatu masalah supaya lebih layak, ramah lingkungan, dan bebas-ruang.
Lain hal yang terjadi pada Negara lain, situasinya jauh berbeda. Ambil contoh Jerman dan Jepang dimana 2 negara ini mengandalkan industri mobil mereka untuk memulihkan kembali ekonomi mereka yang lumpuh karena dampak perang.
Pada akhir abad ini, saat kepemilikan mobil dalam negeri mereka tumbuh, permintaan parkir di tempat dengan ruang terbatas membuat perlunya sistem parkir otomatis.
Didorong oleh insentif pemerintah, sistem parkir otomatis berkembang sangat pesat. Menurut sejumlah laporan, Jepang kini mempunyai basis yang terpasang 1,6 juta ruang parkir otomatis.
Sekarang Negara Amerika mulai mengikuti sistem tersebut seiring pertumbuhan kegiatan dan populasi di kota-kota yang semakin lama makin padat. Indikasi adanya garasi konvensional semakin menipis, sebab ruang yang dibutuhkan lebih besar dan sumber daya yang diperlukan untuk membangunnya sangat jarang.
Mengingat manfaat dari sistem ini, para ahli menawarkan preview suatu type sistem parkir otomatis mengenai dimana perkembangan dalam industri ini berevolusi dengan pesat saat pengembang memanfaatkan ruang dan pilihan tempat yang tepat.
Opsi 1: Hidrolik Lift Parkir Mobil 2 Tiang 2,7 Ton
Keunggulan :
Memiliki kapasitas beban maximal 2,7 Ton (Sertifikasi CE).
Kedua sisi dilengkapi dengan perangkat pengunci mekanik.
Memiliki saklar di atas unit untuk membatasi tinggi angkat maksimal.
Memiliki sensor photolistrik (photoelectric) untuk mendeteksi apakah ada kendaraan lain di lantai bawah.
Persyaratan lingkungan instalasi :
Ketebalan coran (beton) minimal 150mm, dan memiliki kekuatan terhadap tekanan. Coran baru harus benar-benar kering.
Coran (beton) harus dalam kondisi baik, tidak pecah. Disarankan melakukan test kekuatan terlebih dahulu dengan hasil 210 kg/cm.
Lantai harus rata.
Panjang dan tinggi tempat parkir harus cukup untuk pemasangan perangkat.
Memerlukan tanah yang keras untuk pemasangan perangkat ini.
Persyaratan tenaga listrik :
Tenaga listrik minimal 2.2 KW.
Kabel penampang minimal 2.5mm.
Opsi 2: Hidrolik Lift Parkir Mobil 2 Tiang 3,2 Ton
Keunggulan :
Memiliki kapasitas beban maximal 3,2 Ton (Sertifikasi CE).
Kedua sisi dilengkapi dengan perangkat pengunci mekanik.
Memiliki saklar di atas unit untuk membatasi tinggi angkat maksimal.
Memiliki sensor photolistrik (photoelectric) untuk mendeteksi apakah ada kendaraan lain di lantai bawah.
Persyaratan Lingkungan Instalasi :
Ketebalan coran (beton) minimal 150mm, dan memiliki kekuatan terhadap tekanan.
Coran baru harus benar-benar kering.
Coran (beton) harus dalam kondisi baik, tidak pecah. (Disarankan melakukan test kekuatan terlebih dahulu dengan hasil 210 kg/cm).
Lantai harus rata.
Panjang dan tinggi tempat parkir cukup untuk pemasangan perangkat.
Memerlukan tanah yang keras untuk pemasangan perangkat ini.
Persyaratan Tenaga Listrik :
Tenaga listrik minimal 2.2 KW.
Kabel penampang minimal 2.5 mm.
Opsi 3: Hidrolik Lift Parkir Mobil Sistem Sliding (5 Mobil)
Peralatan ini di-design dengan multi tingkat dan baris, setiap tingkat di-design dengan jarak untuk ruang pertukaran. Semua ruang dapat di pindahkan secara otomatis kecuali ruang di tingkat pertama dan semua ruangan dapat digeser secara otomatis kecuali ruangan di tingkat atas. Bila ada mobil yang harus dikeluarkan, semua ruang di bawah ruangan mobil ini akan bergeser ke ruangan yang kosong dan akan membentuk saluran di ruangan bawah. Dalam hal ini lift akan naik dan turun dengan bebas, apabila ia sudah mencapai lantai bawah, mobil akan keluar dengan mudah.
Keunggulan Produk :
Ukuran peralatan bisa terpisah sesuai dengan kebutuhan custom.
Struktur peralatan semuanya terbuat dari laser cutting, estetis, mudah dipasang, dan mudah perawatannya.
Hemat dalam penggunaan lahan, memanfaatkan sepenuhnya ruang.
Banyak digunakan di hotel, perusahaan, institusi publik dan perumahan.
Sistem perlindungan keamanan yang komprehensif, seperti alat pencegahan jatuh, mekanisme deteksi atau mobil masuk.
Tempat parkir dengan mekanisme interlocking yang terbatas, mekanisme rem darurat.
Menggunakan tombol, kartu IC, sistem remote control, sistem kontrol otomatis PLC.
"Era parkir otomatis sudah banyak dijumpai di Negara -- negara maju seperti di jerman, jepang, dan amerika disusul oleh negara cina,". "Di era saat ini, kita telah menyaksikan perubahan besar dalam sikap mengenai cara kita dalam parkir mobil dalam akhir -- akhir ini. Oleh sebab itu dengan adanya sistem lift parki r otomatis ini dirasakan sebagai opsi terbaik, dan jujur saja, solusi untuk menuntaskan cara parki yang konvensional atau tradisional. "
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI