Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien | Email: inokarmel2023@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Jerman dan Mesin Pemberi Informasi di Stasiun Kereta

27 September 2022   19:48 Diperbarui: 29 September 2022   09:08 641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jerman dan mesin pemberi informasi di stasiun kereta/dokumen pribadi oleh Ino

Jerman terus berinovasi tiada henti untuk kepuasan kebutuhan psikis manusia umumnya dan para pejalan khususnya melalui aneka mesin pemberi informasi online di Stasiun kereta (Bahnhof).

Fasilitas penting di stasiun kereta api tidak bisa dilupakan begitu saja dari memori kereta api bagi orang-orang yang melakukan perjalanan. Nah, apa saja yang bisa dikategorikan fasilitas penting.

Tentu saja di stasiun kereta di Jerman ada banyak fasilitas penting, yakni mulai mesin pembelian tiket online, petugas keamanan, toilet, toko buku, rumah makan, monitor tentang rute kereta.

Fasilitas sejenis itu, sebenarnya sudah lama ada di Jerman.

Ternyata saat ini ada fasilitas baru yang hemat saya sangat menarik dan sangat menolong, yakni mesin pemberi informasi yang punya fungsi rangkap.

Mesin online itu berfungsi juga untuk mencari tahu rute perjalanan kereta di seluruh kota di Jerman dan di Eropa. 

Ada fungsi lain seperti tentang kemungkinan pelayanan untuk orang cacat, bahkan satu hal yang paling menarik adalah ketersediaan informasi mengenai lamanya keterlambatan dan penundaan (Verspätungen) kereta dalam setiap linie perjalanan.

Layanan informasi terkait berapa lama keterlambatan kereta| dokumen pribadi oleh Ino
Layanan informasi terkait berapa lama keterlambatan kereta| dokumen pribadi oleh Ino

Mengapa fasilitas seperti penyediaan informasi terkait keterlambatan atau penundaan kereta itu penting?

1. Terlambat datang dan menunda waktu perjalanan merupakan informasi penting supaya orang bisa menerima keterlambatan dengan santun.

2. Ketersediaan informasi itu sekaligus membantu orang untuk lebih menyiapkan diri terkait kebutuhan pribadi entah makan, dll. 

3.Informasi keterlambatan itu sangat menolong orang dalam mengatur rencana kegiatan di kota lain. 

4.Informasi keterlambatan adalah bagian dari kedisiplinan dalam memberikan informasi. 

5.Informasi keterlambatan sangat membantu para pejalan dalam mengurangi tensi emosional dan maki-makian. 

Pada sisi yang lain, ternyata di sebuah stasiun yang sangat besar seperti di Frankfurt, orang tidak harus hanya mendengar pengumuman dengan menggunakan suara, karena akan menjadi sangat ribut. 

Oleh karena itu, orang hanya membutuhkan waktu untuk mengetahui semua informasi terkait perjalanan melalui mesin online itu. 

Menarik bukan?

Mesin pemberi informasi terbaru di Frankfurt | dokumen pribadi oleh Ino
Mesin pemberi informasi terbaru di Frankfurt | dokumen pribadi oleh Ino

Nah, alangkah bagusnya kalau fasilitas itu tersedia juga di Indonesia. Saya percaya bahwa suatu saat Indonesia akan menikmati era kemajuan teknologi dan informasi dengan segala fasilitasnya.

Bagi orang Indonesia yang hendak ke Jerman, tidak perlu ragu-ragu menggunakan fasilitas itu. Ada layanan dalam 3 bahasa asing yakni Inggris, Jerman, dan Perancis.

Tiga layanan bahasa | dokumen pribadi oleh Ino
Tiga layanan bahasa | dokumen pribadi oleh Ino

Pernahkah Anda gelisah karena keterbatasan informasi di stasiun kereta api? Bagi yang sering bepergian dengan menggunakan sarana kereta, tentu saja kepastian informasi adalah hal yang penting. 

Terlambat mengakses informasi, maka bisa-bisa terlambat juga dalam setiap waktu perjalanan Anda. 

Aspek positif dari kenyataan baru ini adalah bahwa Jerman selalu menciptakan teknologi baru yang membantu manusia bebas dari stress. 

Kedisiplinan waktu sudah merupakan bagian dari budaya mereka, oleh karena itu terlambat 5 menit sudah pasti merupakan problem yang bisa menuai cacian. 

Jadi, sangat jelas bahwa ketersediaan informasi itu adalah bagian dari kepedulian pemerintah pada kebutuhan psikis manusia umumnya, dan para penumpang yang sedang melakukan perjalanan khususnya. 

Salam berbagi, ino, 27. 09.2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun