Boyolali (22/01/2022) - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah terjadi hampir 3 tahun lamanya, dampak pandemi ini telah dirasakan seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali berdampak juga pada bidang pendidkan.Â
Pada masa pandemi ini membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi terhambat, sehingga motivasi siswa dalam belajar menjadi menurun.Â
Oleh karena itu salah satu mahasiswa KKN Undip Anggi Kumalasari, merancang sebuah kegiatan belajar sambil bermain guna untuk memberikan Psikoedukasi motivasi belajar siswa SD Negeri 1 Mojolegi.Â
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang diharapkan dalam belajar dapat tercapai.
"Harapannya dengan dilakukan kegiatan ini siswa dapat menumbuhkan motivasi belajar khususnya pada masa pandemi ini. Sehingga prestasi akademik siswa tidak menurun, siswa menjadi semangat dalam belajar dan berjuang untuk menggapai impiannya" ujar Anggi sebagai penanggung jawab kegiatan.
Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yang mana kegiatannya ditujukan untuk siswa kelas 5A dan kelas 5B secara bergantian. Siswa sangat antusias dan bersemangat selama mengikuti kegiatan psikoedukasi motivasi belajar ini. Media yang digunakan oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan yaitu stiker perasaan dan pohon harapan.Â
Mahasiswa memilih 2 media ini agar menarik perhatian siswa untuk melakukan psikoedukasi motivasi belajar. Terbukti bahwa dengan metode ini siswa menjadi lebih aktif dalam menerima pembelajaran psikoedukasi, siswa juga aktif dalam bertanya dan dapat memfokuskan diri pada apa yang disampaikan oleh mahasiswa.Â
"saya sangat senang dan bersemangat dalam menerima pembelajaran, karena belajar sambil bermain sangat menyenangkan" ujar Fera salah satu siswa kelas 5A selama melakukan kegiatan.
Rangkaian dari kegiatan ini yaitu yang pertama dimulai dari penerapan protokol kesehatan. Selanjutnya menempelkan stiker perasaan pada kertas yang sudah disiapkan, yang mana kegiatan ini bertujuan agar siswa menjadi lebih tertarik selama kegiatan dan juga untuk mengetahui bagaimana perasaan dari siswa. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Motivasi belajar dengan menggunakan video. Tujuan dari kegiatan ini agar siswa SD dapat mengetahui pentingnya motivasi belajar dalam proses akademik.Â
Kegiatan selanjutnya yaitu sharing session dengan siswa SD terkait keluh kesa proses belajar selama masa pandemi. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan menulis harapan dan impian siswa yang nantinya digantungkan pada pohon harapan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar siswa memiliki harapan untuk impian-impiannya dan lebih semangat lagi dalam belajar untuk mencapainya. Pada sesi ini siswa sangat antusias dan bersemangat untuk menuliskan harapan-harapannya.Â
Dari kegiatan ini Siswa dan pengajar berharap agar kegiatan psikoedukasi motivasi belajar ini dapat meningkatkan prestasi akademik siswa ditengah maraknya pandemi covid-19 ini.
Penulis : Anggi Kumalasari
Editor : Abdi Sukmono, ST., MT
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H