Mohon tunggu...
Jack Febrian Rusdi
Jack Febrian Rusdi Mohon Tunggu... Dosen - PhD bidang ICT. Dosen dan Peneliti

Lecturer in Universitas Teknologi Bandung (UTB), Phd ICT of Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), and Student of Psychology in Bandung. Indonesian Tourism Journalist Association (ITJA) and Indonesia Marketing Association (IMA). Founder of Bandung Awards. Lecturer and Author of Information Technology books.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Teamwork: Catatan Intisari

30 Mei 2022   13:02 Diperbarui: 30 Mei 2022   13:06 1892
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ketika sekelompok orang berkumpul dan memiliki suatu tujuan, maka diperlukan teamwork. Teamwork merupakan suatu cara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Teamwork merupakan salah satu bagian yang penting dalam dunia kerja.

Artikel ini membahas tentang apa itu teamwork? Mengapa teamwork penting? apa tujuan teamwork? Skill apa yang diperlukan dalam teamwork? Apa saja strategi yang diperlukan dalam teamwork? bagaimana membentuk teamwork? Dan, bagaimana memilih teamwork? Mari kita bahas seperti di bawah ini.

Pengertian Teamwork

Teamwork adalah suatu sistem kerja bersama secara kolaboratif dalam suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Melalui teamwork diperlukan kerjasama tim untuk mengerjakan pekerjaan yang kompleks. Masing-masing team ini melakukan pekerjaannya sesuai dengan ruang lingkupnya masing-masing [1].

Makna dari teamwork adalah masing-masing tim bekerja dengan rasa penuh hormat dan menghargai antar sesama tim, dengan perpegang teguh kepada pelaksanaan tugas serta tanggung jawab dari setiap anggota tim [2].

Mengapa Teamwork Penting?

Berikut ini beberapa alasan, kenapa teamwork itu penting, diantaranya adalah [3]:

  1. Bekerja dengan tim lebih baik daripada bekerja sendiri
  2. Munculnya berbagai sudut pandang
  3. Peluang didapatkannya ide segar dalam implementasi pekerjaan
  4. Adanya saling mendukung serta meningatkan
  5. Untuk membangun percaya diri

Tujuan Teamwork

Teamwork memiliki tujuan utama agar setiap anggota team dapat berkontribusi dalam memcapai tujuan. Dengan adanya teamwork suatu proses pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dengan adanya teamwork, proses pekerjaan yg kompleks dapat diselesaikan dengan cepat, dan produktifitas masing tim dapat meningkat [4].

Teamwork Skill

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun