Ketika sekelompok orang berkumpul dan memiliki suatu tujuan, maka diperlukan teamwork. Teamwork merupakan suatu cara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Teamwork merupakan salah satu bagian yang penting dalam dunia kerja.
Artikel ini membahas tentang apa itu teamwork? Mengapa teamwork penting? apa tujuan teamwork? Skill apa yang diperlukan dalam teamwork? Apa saja strategi yang diperlukan dalam teamwork? bagaimana membentuk teamwork? Dan, bagaimana memilih teamwork? Mari kita bahas seperti di bawah ini.
Pengertian Teamwork
Teamwork adalah suatu sistem kerja bersama secara kolaboratif dalam suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Melalui teamwork diperlukan kerjasama tim untuk mengerjakan pekerjaan yang kompleks. Masing-masing team ini melakukan pekerjaannya sesuai dengan ruang lingkupnya masing-masing [1].
Makna dari teamwork adalah masing-masing tim bekerja dengan rasa penuh hormat dan menghargai antar sesama tim, dengan perpegang teguh kepada pelaksanaan tugas serta tanggung jawab dari setiap anggota tim [2].
Mengapa Teamwork Penting?
Berikut ini beberapa alasan, kenapa teamwork itu penting, diantaranya adalah [3]:
- Bekerja dengan tim lebih baik daripada bekerja sendiri
- Munculnya berbagai sudut pandang
- Peluang didapatkannya ide segar dalam implementasi pekerjaan
- Adanya saling mendukung serta meningatkan
- Untuk membangun percaya diri
Tujuan Teamwork
Teamwork memiliki tujuan utama agar setiap anggota team dapat berkontribusi dalam memcapai tujuan. Dengan adanya teamwork suatu proses pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dengan adanya teamwork, proses pekerjaan yg kompleks dapat diselesaikan dengan cepat, dan produktifitas masing tim dapat meningkat [4].
Teamwork Skill
Skill yang diperlukan dalam manajemen teamwork ini diantaranya adalah [5]:
- Komunikasi
- Empati
- Mendengarkan
- Problem solving
- Saling menghargai dan toleransi
- Jujur dan tanggung jawab
Strategi Teamwork
Berikut ini contoh strategi yang dapat diterapkan dalam teamwork melalui dua puluh tips berikut [6]:
- Memimpin dengan memberi contoh
- Membangun rasa kepercayaan dan penghormatan
- Mendorong terjadinya sosialisasi
- Mengembangkan komunikasi terbuka
- Menguraikan peran dan tanggung jawab dengan jelas
- Mengatur proses tim
- Menetapkan tujuan yang ditentukan
- Mengenali pekerjaan dengan baik
- Mengenali pekerjaan yang baik
- Mediasi konflik dengan cepat dan efisien
- Memberikan peluang anggota tim untuk aktif mengambil bagian dalam mengambil keputusan
- Menggunakan perangkat lunak dalam manajemen tugas
- Menjaga keseimbangan kerja
- Mengadakan pertemuan secara teratur dan berdasarkan situasi tertentu
- Menghindari pengaturan hal yang kecil-kecil
- Menciptakan ruang waktu kerja yang fokus
- Memulai tradisi bekerja secara tim
- Menggunakan ukuran berdasarkan manfaat atau keuntungan yang didapatkan
- Sering memberikan umpan balik
- Memberikan waktu untuk merayakan keberhasilan yang dicapai
Membentuk teamwork
Berikut ini beberapa tips dalam membangun teamwork, diantaranya [7]:
- Pahami tujuan dari kelompok
- Membentuk lingkungan kondusif
- Budaya saling percaya antar tim
- Komunikasi yang dilakukan bersifat terbuka
- Rasa saling menghormati antar sesama tim
- Menghormati berbagai pendapat yang disampaikan anggota tim
- Evaluasi selalu pekerjaan
- Adanya protokol yang dipatuhi oleh anggota tim
- Anggota tim saling berpartisipasi secara aktif.
Memilih teamwork
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih tim yang dijadikan bagian dari teamwork [8]
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
- Terorganisir dan disiplin
- Temukan project manager yang memiliki kemampuan luar biasa, dan anda managernya
- Rekrut yang terbaik untuk pelaksana pekerjaan
- Temukan calon yang memiliki wawasan luas dan memiliki pengaruh
- Temukan calon yang proaktif
- Memprioritaskan keterampilan serta pengetahuan
- Dapatkan mereka yang memiliki komitmen tinggi
Penutup
Demikian beberapa catatan tentang teamwork, sehingga catatan ini dapat memberikan pandangan bagaimana merancang, membentuk, memperkuat, dan menjaga teamwork itu sendiri.Â
Kajian ini dapat dijadikan sebagai salah satu landasan dalam manajemen organisasi, manajemen sumber daya manusia, professional development, ataupun bidang lainnya.Â
Tentunya kajian ini hanya sebagian kecil terkait dengan materi teamwork, karena berbagai fenomena lain tentunya menarik untuk dikaji.
Semoga bermanfaat.
Referensi:
- "wikipedia.org," [Online]. Available: https://en.wikipedia.org/wiki/Teamwork.
- "mercubuana-yogya.ac.id," [Online]. Available: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2664/8/BAB%20II.pdf.
- "linovhr.com," [Online]. Available: https://www.linovhr.com/team-work/#:~:text=Tujuan%20utama%20membangun%20team%20work,partisipasi%20penuh%20saat%20menjalankan%20keputusan..
- "acerid.com," [Online]. Available: https://commercial.acerid.com/support/articles/membangun-teamwork-pahami-definisi-dan-manfaatnya-dalam-bisnis.
- "skillacademy.com," [Online]. Available: https://blog.skillacademy.com/apa-itu-teamwork.
- "smash.vc," [Online]. Available: https://smash.vc/teamwork/.
- "glints.com," [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/tips-team-work-kompak/#.YpRXddpBxPY.
- "samahitawirotama.com," [Online]. Available: https://samahitawirotama.com/8-tips-memilih-anggota-tim-yang-efektif/.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H