Mohon tunggu...
Dr. Jack Febrian Rusdi
Dr. Jack Febrian Rusdi Mohon Tunggu... Dosen - Ph.D bidang ICT, Dosen dan Peneliti

Dosen dan peneliti di Universitas Teknologi Bandung (UTB), Ph.D dalam bidang ICT khususnya terkait Tracking Technology and Behavior Analysis.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Strategi Membangun Pariwisata di Bandung Raya

17 Januari 2017   03:30 Diperbarui: 17 Januari 2017   04:31 1147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembentukan Panitia Bandung Awards 2016 di Grand Hotel Pasundan

Berkumpulnya puluhan organisasi besar terkait kepariwisataan melalui Bandung Awards 2017 memperlihatkan kekuatan dunia baru kepariwisataan, khususnya  di Bandung Raya. Metropolitan Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan daerah di sekitarnya.

Dalam berbagai kegiatan rutin yang dilaksanakan, diberbagai tempat akhir-akhir ini, bermacam-macam strategi pun disusun bersama, terutama dalam menyongsong kepariwisataan ini.

Pada tahun keempat ini, kegiatan Bandung Awards 2017 melibatkan dari berbagai stake holder, baik pemerintah, swasta, ataupun organisasi terkait kepariwisataan, semua bersatu demi memajukan kualitas dan strategi kepariwisataan di Bandung Raya ini.

TOURISM MARKETING FORUM

Strategi pertama yang dilaksanakan adalah menyatukan berbagai unsur bidang pemasaran terkait kepariwisataan, dengan demikian diharapkan kekuatan marketing dan promosi Bandung Raya sekitarnya berbagai pihak sangat diharapkan dengan berbagai strategi jitu dari seluruh lini. Tidak terkecuali pemerintah, namun juga pemilik pelaku pariwisata itu sendiri.

Dampak keberhasilan marketing ini akan menyebar apabila mereka mampu menggaet wisatawan, meskipun misalnya keberhasilan tersebut dilakukan oleh marketing di bidang travel. Keberhasilan ini tentu saja akan mempengaruhi baik di bidang perhotelan, tempat wisata, UKM, dll.

Begitu juga dengan keberhasilan pihak hotel yang mampu menggaet wisatawan mereka,  tentu akan berpengaruh terhadap tempat wisata, pusat perbelanjaan. Tidak terkecuali juga terhadap pemerintah dengan berbagai program yang dicanangkan dan dijalankan.

Dengan demikian, akhirnya kegiatan ini secara lojik akan meningkatkan perputaran perekonomian yang dikunjungi oleh wisatawan tersebut. Kegiatan Tourism Marketing Forum dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2017, dengan mengundang peserta yang berkecimpung dalam hal marketing dan promosi kepariwisataan, dan mendatangkan narasumber para ahli marketing di ruang lingkup kepariwisataan.

20170117-002744-587d243202b0bd4e078b4579.jpg
20170117-002744-587d243202b0bd4e078b4579.jpg
TOURISM STRATEGIC COLLABORATION

Strategi kedua adalah dalam menselaraskan strategi bersama terkait kepariwisataan, baik pemerintah maupun organisasi kepariwisataan lainnya. Kegiatan ini dilakukan dengan kegiatan Collaboration Stratgegy. Collaboration Strategy ini dilaksanakan dalam waktu satu hari.

Pada awal kegiatan yang dilaksankana dalam satu hari ini, Pemerintah dan organisasi serta stake holder kepariwisataan diberikan waktu untuk mempresentasikan rencana mereka di tahun 2017, termasuk dukungan serta peluang seperti apa yang mereka berikan kepada pihak lain dan hal apa yang mungkin mereka perlukan dari stake holder lainnya.

Pada bagian akhir kegiatan Tourism Collaboration Strategy, semua pihak yang telah mempresentasikan dari bidang mereka masing-masing dipertemukan dalam satu forium berbentuk diskusi panel.untuk mencapai berbagai bentuk simbiosis dari bidang masing-masing yang menghasilkan bentuk kesepakatan bersama.

Dengan bersatunya berbagai elemen kepariwisataan tersebut diharapkan akan mampu memberikan kekuatan baru secara bersama dalam memajukan kepariwisataan di Bandung dan sekitarnya ini.

Kegiatan Tourism Strategic Collaboration ini dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2017, dengan menghadirkan pimpinan dari berbagai elemen kepariwisataan, baik pemerintah, swasta maupun organisasi terkait.

screenshot-20170117-002349-587d246a2bb0bda52a47e4dd.png
screenshot-20170117-002349-587d246a2bb0bda52a47e4dd.png
MELIBATKAN PULUHAN ORGANISASI KEPARIWISATAAN DAN PARA AHLI KEPARIWISATAAN

Dalam pembentukan kepanitiaannya di tanggal 3 Januari 2017 lalu di Grand Hotel Pasundan Bandung, Kegiatan Bandung Awards 2017 melibatkan lebih dari 30 organisasi terkait kepariwisataan dan masing-masing pelaksana melakukan pekerjaan mereka masing-masing dengan sukarela tanpa honor, dengan tekat bersama memberikan kekuatan baru dalam memajukan kepariwisataan.

Keterlibatan berbagai organisasi dan ahli kepariwisataan tersebut dibagi dalam berbagai bagian, baik dalam bentuk sebagai team ahli atau penasehat, maupun dalam memegang roda kepanitiaan untuk menggerakan kegiatan yang disusun.

screenshot-20170117-002420-587d248c02b0bde8068b4581.png
screenshot-20170117-002420-587d248c02b0bde8068b4581.png
PENGANUGERAHAN BANDUNG AWARDS 2017

Puncak dari kegaitan Bandung Awards 2017 adalah Penganugerahan Bandung Awards 2017 yang dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok Pertama untuk para Team Ahli dan Panitia, Kelompok Kedua adalah untuk organisasi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, serta kepada mereka yang dianggap istimewa berdasarkan berbagai instrumen penilaian.

Penganugerahan Bandung Awards 2017 dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2017. Dengan mengundang berbagai elemen kepariwisataan yang ada di Bandung Raya.

INDONESIAN TOURISM JOURNALIST ASSOCIATION (ITJA)

Disamping pelaksanaan Bandung Awards 2017 ini, para wartawan berbagai media pun melakukan langkah strategis mereka untuk memajukan kepariwisataan di tanah air. Pembentukan Indonesian Tourism Journalist Associataion (ITJA) juga rencananya akan dideklarasikan pada kegiatan Penganugerahan Bandung Awards 2017, di depan para pelaku kepariwisataan yang hadir pada kegiatan tersebut.,

ba2016-1-587d277f337a61a40b052c8b.jpg
ba2016-1-587d277f337a61a40b052c8b.jpg
REVIEW BANDUNG AWARDS 2016

Pada tahun sebelumnya, Bandung Awards 2016 yang dilaksanakan di Hotel Jayakarta, pada tanggal 12 Februari 2016, menghadirkan lebih dari seratus organisasi serta perusahaan pariwisata terkait kepariwisataan di Bandung dengan jumlah tamu yang tercatat pada buku tamu lebih dari 250 orang.

ba2016-2-587d278d2bb0bdd82a47e4de.jpg
ba2016-2-587d278d2bb0bdd82a47e4de.jpg
PENUTUP

Dari pertemuan yang ada, dan komunikasi berbagai pihak, terlihat bahwa para Pelaku Pariwisata di Bandung Raya optimis dengan kemajuan Kepariwisataan di 2017 ini. Semoga kegiatan ini lancar dan berjalan sebagaimana mestinya, dan dapat memberikan langkah lain dari strategi yang sudah ada. Bagi yang berminat dapat mendownload profil Bandung Awards 2017.

20170117-002935-587d27ba737a61881216b20c.jpg
20170117-002935-587d27ba737a61881216b20c.jpg
Demikian catatan ini disampaikan semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Bandung, 17 Januari 2017

Jack Febrian Rusdi,

Pendiri Bandung Awards

Keterangan Photo:

1. Pembentukan panitia Bandung Awards 2017 di Hotel Grand Pasundan Bandung yang melibatkan puluhan organisasi dan pemerintah terkait kepariwisataan di Bandung Raya

2. Peserta salah satu penyusunan strategi Bandung Awards 2017 di Hyper Inn Hotel Pasirkaliki Bandung

3. Pendiri, Staf Ahli dan Penasehat Bandung Awards 2017 yang berasal dari berbagai elemen kepariwisataan

4. Panitia Bandung Awards 2017 yang berasal dari berbagai kalangan

5. Dokumentasi Penerima Bandung Awards 2016

6. Dokumentasi Penerima Bandung Awards 2016

7. Salah satu sesi diskusi penyusunan dan strategi pelaksana Bandung Awards 2017 oleh Panitia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun