Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Blogger - Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tap In yang Bikin Jengkel Penumpang KAI Commuter Merak-Rangkasbitung

10 Juli 2024   07:17 Diperbarui: 10 Juli 2024   07:21 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stasiun Rangkasbitung, stasiun keberangkatan KA Lokal menuju Stasiun Merak (14/11/2023). (Sumber: Kompas.com/Suci Wulandari Putri)

Seiring dengan kemajuan teknologi transportasi yang diterapkan PT KAI Commuter, seperti pemakaian kartu elektrik, hanya dengan menempelkan di mesin tiket atau vending machine di pintu masuk stasiun ketika hendak keluar dan masuk untuk naik KRL (kereta rel listrik).

Calon penumpang KRL cukup mengisi kartu elektrik yang sekarang lebih diutamakan Kartu Multi Trip KRL yang dijual di stasiun dengan harga Rp 30.000. Kartu bisa diisi ulang dengan minimal pengisian Rp 10.000.

Kartu ini sangat membantu penumpang KRL karena top-up atau pengisian kartu ada di setiap stasiun, begitu juga dengan mesin untuk mengecek sisa saldo di kartu juga ada di stasiun.

Setelah KRL beroperasi sampai Stasiun Rangkasbitung (Banten) dari Stasiun Tanah Abang (Jakarta Pusat) membantu transportasi yang murah, aman dan cepat bagi warga di sepanjang jalur tersebut.

Semula yaitu tahun1992 layanan perjalan KRL hanya segmen Tanah Abang--Serpong (Banten). Selanjutnya, sejak 5 Desember 2011 KRL layani segmen Tanah Abang--Tigaraksa (Banten). Lalu, mulai 1 April 2017 KRL layani segmen Tanah Abang-Rangkasbitung (Banten).

Layanan KRL Tanah Abang -- Rangkasbitung mengubah pola transportasi warga di sepanjang rel yang semula mengandalkan angkutan umum, seperti angkot dan bus, mobil pribadi serta sepeda motor kini beralih ke KRL.

Maka, setiap hari lahan parkir di stasiun dan di luar stasiun penuh dengan motor dan mobil. Warga di jalur Tanah Abang-Rangkasbitung lebih memilih naik KRL.

Stasiun Rangkasbitung, stasiun keberangkatan KA Lokal menuju Stasiun Merak (14/11/2023). (Sumber: Kompas.com/Suci Wulandari Putri)
Stasiun Rangkasbitung, stasiun keberangkatan KA Lokal menuju Stasiun Merak (14/11/2023). (Sumber: Kompas.com/Suci Wulandari Putri)

Tidak hanya warga Banten, tapi warga di luar Banten juga berharap layanan KRL tidak hanya sampai Rangkasbitung, tapi juga sampai ke Merak (Banten) karena banyak warga yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dengan feri.

Memang, ada layanan kereta api (KA) yang dikenal sebagai KA Ekonomi relasi Rangkas-Merak dan sebaliknya yang merupakan gerbong yang ditarik lokomotif. Belakangan KA Ekonomi diganti namanya jadi KAI Commuter Rangkas-Merak, tapi tetap dengan gerbong dan memakai karcis yang bisa dibeli di loket atau daring melalui KAI Access.

KAI Comuter Rangkas-Merak ini jadi tumpuan transportasi bagi pekerja yang merupakan pengulang alik ke beberapa kota yang jadi pusat industri di wilayah Banten.

Mereka berangkat dari Rangkasbitung dengan KAI Commuter Rangkas-Merak  dan pulang juga dengan KAI Commuter Merak-Rangkas. KA ini melewati stasiun-stasiun: Jambubaru, Catang, Cikeusal, Walantaka, Serang, Karangantu, Tonjong Baru, Cilegon, Krenceng (dekat kawasan industri Krakatau) dan berakhir di Merak.

Bagi warga di sepanjang jalur Merak-Rangkasbitung tidak ada masalah, tapi bagi warga dari kawasan lain yang dilalui jalur KRL Rangkas - Tanah Abang ada masalah besar yaitu mereka harus melakukan tap in dulu di Stasiun Rangkasbitung untuk melanjutkan perjalanan dengan KRL relasi Rangkas -- Tanah Abang. Inilah yang membuat penumpang yang akan melanjutkan perjalanan dengan KRL relasi Rangkas - Tanah Abang jengkel.

KRL Rangkas-Tanah Abang yang melewati banyak stasiun, yaitu: Citeras, Maja, Cikoya, Tigaraksa, Tenjo, Daru, Cilejit, Parung Panjang, Cicayur, Cisauk, Serpong, Rawabuntu, Sudimara, Jurang Mangu, Pondok Ranji, Kebayoran, Pal Merak dan Tanah Abang.

Stasiun yang dilalu KRL Rangkasbitung-Tanah Abang (Sumber: hotelmurah.com)
Stasiun yang dilalu KRL Rangkasbitung-Tanah Abang (Sumber: hotelmurah.com)

Dari stasiun-stasiun itulah warga kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dengan angkot, ojek atau kendaraan sendiri, motor atau mobil, yang diparkir di stasiun.

Kalau saja penumpang yang akan melanjutkan perjalan dengan KRL relasi Rangkas -- Tanah Abang bisa melakukan tap in di stasiun sepanjang jalur KAI Commuter Merak-Rangkas, tentulah mereka tidak perlu lagi lari-lari ke mesin kartu di Stasiun Rangkasbitung hanya untuk melakukan tap in.

Di stasiun sepanjang jalur Rangkas -- Merak sudah ada mesin kartu dan mesin untuk cek saldo yang aktif. Mesin itu hanya dipakai untuk check-in penumpang KAI Commuter Rangkas -- Merak dan sebaliknya.

"Sebaiknya mesin itu juga bisa untuk tap in calon penumpang KRL Rangkas -- Tanah Abang," kata seorang penumpang yang tiap hari pakai jasa KA untuk berangkat dan pulang kerja dari wilayah Serpong ke Merak. <>

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun