Prabumulih -- BPJS Kesehatan kembali membuka kanal layanan BPJS Keliling atau dulunya dikenal dengan Mobile Customer Service (MCS) guna memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Keliling ini diselenggarakan di BPJS Kesehatan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada para peserta JKN maupun masyarakat yang belum terdaftar. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Dwi Asmariyati menyampaikan bahwa kegiatan BPJS Keliling ini diharapkan mampu menjadi alternatif solusi masyarakat yang memerlukan pengurusan administrasi JKN.
"Kami membuka kanal layanan BPJS Keliling ini untuk memberikan kemudahan bagi para peserta JKN ataupun masyarakat Kota Prabumulih mendapatkan informasi mengenai Program JKN yang terbaru. Seperti sekarang ini sudah ada banyak kanal untuk mendapatkan informasi seputar JKN di antaranya ada Aplikasi Mobile JKN yaitu aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone, ada layanan BPJS Kesehatan Care Center 165, ada juga Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di 08118165165," kata Dwi, Kamis (04/01).
Dwi menambahkan bahwa masyarakat kini tidak perlu lagi untuk mencetak kartu JKN. Hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat juga tetap bisa mengakses layanan JKN di fasilitas kesehatan.
"Sesuai dengan regulasi yang berlaku bahwa NIK sebagai identitas tunggal pelayanan publik, oleh karena itu peserta dapat mengakses layanan kesehatan tanpa menggunakan kartu JKN. Cukup hanya menggunakan KTP atau Kartu Keluarga (KK) saja sudah bisa dilayani di fasilitas kesehatan," ungkap Dwi.
Hadirnya BPJS Keliling ini mendapatkan respon positif dari peserta JKN. Salah satunya Verawati (32), peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia mengatakan, adanya layanan BPJS Keliling ini dapat menghemat waktu tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
"Jadi gampang bila mau mengurus karena dekat. Di BPJS Keliling, saya mau memeriksa apakah status kepesertaan anak saya sudah terdaftar atau belum. Saya juga  diinformasikan juga oleh petugas BPJS Keliling untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN di smartphone, karena bisa dengan mudah nantinya untuk memeriksa status kepesertaan keluarga saya kapanpun dan dimanapun," ungkap Verawari.
Pada Aplikasi Mobile JKN terdapat fitur info peserta, info Program JKN, info lokasi fasilitas kesehatan, Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), penambahan peserta, pendaftaran pelayanan (antrean), konsultasi dokter, melakukan perubahan data peserta, informasi iuran, informasi riwayat pembayaran, skrining kesehatan dan masih banyak informasi penting lainnya seputar Program JKN. Setelah Verawati mengetahui mengenai Aplikasi Mobile JKN, ia mengaku bahwa aplikasi itu akan sangat berguna.
"Aplikasi yang sebenarnya wajib dimiliki oleh peserta JKN, karena semua informasi ada di situ. Mengenai hak dan kewajiban sebagai peserta JKN serta ada juga fitur pengaduan layanan JKN. Ini sangat bermanfaat jika suatu saat ada kendala dalam menggunakan Program JKN, kita bisa membuat pengaduan melalui Aplikasi Mobile JKN ini," kata Verawati.
Ia juga menyampaikan bahwa kita harus mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam hal kebutuhan informasi yang serba digital. Selain itu Verawati juga mengapresiasi kegiatan BPJS Keliling yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih. Menurutnya, kegiatan BPJS Keliling ini sangat bagus sebab menyasar pada tempat-tempat yang strategis atau ramai.
"Untuk masyarakat sekitar instansi tersebut bisa memanfaatkan layanan BPJS Keliling ini jika tidak sempat ke kantor BPJS Kesehatan. Jika ada peserta yang mau bertanya ke layanan BPJS Keliling ini bisa juga untuk datang berkunjung dan apabila akan mengunduh Aplikasi Mobile JKN maka akan dipandu oleh Petugas BPJS Kesehatan Keliling. Mantap," pungkas Verawati.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H