Setelah lulus kuliah atau lulus SLTA sebagian orang disubukkan untuk mendaftar pekerjaan baik di kantor pemerintah maupun di perusahaan swasta.
Ada diantara mereka yang memilih untuk membuka usaha sendiri, tetapi perihal itu juga membutuhkan modal dan keahlian atau skill.
Tanpa keahlian yang lumayan sanggup menjadi modal yang hendak dikeluarkan habis di jalan jalan} tanpa hasil yang seperti bersama yang diinginkan.
Oleh karena  cuma lulusan S1, D3 ataupun SLTA yang memilih berwirausaha sendiri.
Bagi yangmenghendaki bekerja di kantor pemerintah atai perusahaan swasta bisa dibilang tidak mudah seperti yang dibayangkan, tidak sebandingnya tenaga kerja beserta lowongan pekerjaan yang ada agar membuat kompetisi di dalam mendapatkan pekerjaan menjadi tidak sehat.
Sebagaimana tulisan kita pada awalnya bahwa tidak sedikit orang yang senang mengeluarkan duwit sogokan supaya demi lamaran pekerjaannya bisa diterima, misalnya yang terjadi seperti ini maka kompetisi di dalam meraih pekerjaan telah tidak sehat lagi.
Namun jangan mudah patah semangat, tidak semua rekrutmen pegawai dikerjakan dengan proses sogok. Banyak juga penerimaan pegawai yang dikerjakan menggunakan sportif dan transparant.
Namun kompetisi di dalam perihal ini pun lumayan berat, banyak keringat terampil dan segar yang menjadi saingan kita.
Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang sanggup mempermudah Anda di dalam sistem melamar pekerjaan, setidaknya Anda telah serta punya kelengkapan pendukung mendaftar kerja standar yang mesti dipenuhi.
Pada kesempatan ini akan di sajikan syarat dan kelengkapan dokumen apa saja yang mesti di penuhi seorang pelamar kerja.
1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
Buatlah surat lamaran yang cocok bersama bidang pekerjaan yang Anda tuju bersama kata-kata yang baik dan manfaatkan bahasa formal, tidak bertele-tele dan jelas. jika memerlukan misal Anda sanggup menyaksikan pada tulisan di awalnya perihal Contoh Surat Lamaran Kerja.
Disamping surat lamaran kerja yang dapat memenuhi kriteria utama seperti Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup, pada dokumen ini berisi deskripsi diri Anda juga profil pribadi, skill kerja, prestasi dan lain-lain. Bila anda perlu contoh yangsanggup lihat pada link tersebut Contoh CV
2. foto copy Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
Sebaiknya Anda telah menyiapkan foto copy ijazah atau sertifikat keahlian yang telah dilegalisir lengkap bersama transkrip nilainya, perihal ini sebagai penunjang dari Curriculum Vitae yang Anda isi.
Untuk itu disaat melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian usahakan dibikin agak banyak sebab sering diperlukan di dalam dokumen kelengkapan kriteria melamar pekerjaan.
3. Fotokopy KTP
Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau telah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan misalnya telah habis. foto copy secukupnya sebab sering dipergunakan di dalam sistem lamaran pekerjaan.
Hendaknya alamat yang tercantum pada surat lamaran pekerjaan maupun CV cocok bersama alamat yang dicantumkan di dalam KTP
4. Pasfoto
Biasanya lembaga yang mengakses lowongan kerja menghendaki pasfoto bersama {beberapa|sebagian|lebih dari satu} kriteria seperti ukuran, pakaian yang dikenakan dan latar belakang pasfoto.
Oleh sebab itu sebaiknya disiapkan pasfoto bersama ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan pada saat foto Anda menggunakan jas dan dasi untuk orang laki dan blazer bagi wanita, sesudah itu latar belakang yang lazim umumnya berwarna merah atau biru.
Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih memakai ukuran seperti tersebut di atas.
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau pernah dikenal bersama Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan keliru satu dokumen yang diperlukan di dalam sistem penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu lengkapi termasuk fotokopi SKCK yang telah dilegalisir dikarenakan umumnya era berlaku SKCK adalah 6 bulan.
6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski umumnya kriteria ini baru dilengkapi sesudah lulus pada bagian awal sistem rekrutmen tetapi tidak ada salahnya misalnya Anda telah mempersiapkannya, dan siapa mengerti ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.
7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini umumnya kudu dimiliki pelamar kerja khususnya di Instansi Pemerintah.
Kartu kuning ini berfungsi untuk mengerti data kuantitas tenaga kerja di Indonesia, misalnya pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka tiap tiap 6 bulan sekali kudu melapor dan akan diberikan informasi lembaga mana yang masih mengakses lowongan pekerjaan. jangka kartu kuning ini sepanjang 2 tahun. Untuk itu mencoba mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans.
Meskipun masih banyak kriteria lainnya yang belum di sampaikan secara lebih rinci seperti pengalaman kerja, bukti hasil penelitian dan lain-lain sekurang-kurangnya Anda telah punya kriteria standart untuk melamar pekerjaan.
Demikian info perihal Kelengkapan Syarat mendaftar Kerja semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H