Mohon tunggu...
Ines Maulani
Ines Maulani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gemar membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Manajemen PT Indomarco Prismatama

29 Juni 2023   21:36 Diperbarui: 29 Juni 2023   21:42 808
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berbekal dedikasi dan inovasi, Indomaret mengukuhkan statusnya sebagai perusahaan waralaba minimarket pertama dan terbesar di Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat dicapai dengan manajemen yang baik yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut. Adapun bentuk-bentuk manajemennya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Sistem Informasi Manajemen Strategik, Manajemen Sistem Pengendalian dan Manajemen Audit.

Pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja.

Visi dan Misi PT. Indomarco Prismatama

Dalam proses pendirian dan pengembangannya, Indomaret menetapkan hal-hal sebagai berikut:
Visi
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
Moto
Mudah & Hemat
Budaya
Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan, kerja sama kelompok, kemajuan melalui inovasi yang ekonomis serta mengutamakan kepuasan konsumen.
Esensi
Pendekatan dengan senyuman yang tulus, untuk membangun hidup lebih baik.

Proses Manajemen SDM  PT. Indomarco Prismatama

Dalam pelaksanaannya untuk memperoleh SDM yang baik, PT. Indomarco Prismatama melakukan seleksi terhadap calon karyawan, setelah lulus seleksi selanjutnya calon karyawan akan melakukan tes lanjutan yaitu psikotest, matematika dan interview. Apabila calon karyawan sudah diterima, maka calon karyawan akan menjalani training selama kurang lebih dua minggu yang dilaksanakan di DC. Apabila laporan trainingnya memiliki hasil yang baik, maka calon karyawan tersebut akan naik tingkat menjadi karyawan.

Proses Manajemen Pemasaran PT. Indomarco Prismatama

PT. Indomarco Prismatama atau yang lebih familiar dikenal sebagai Indomaret sudah tersebar luas diberbagai wilayah di Indonesia, terlebih di pulau Jawa. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Indomaret yaitu dengan menempatkan gerai di daerah pemukiman, sekolah, kantor, SPBU, stasiun dan dijalan yang sering di lalui kendaraan.

Proses Manajemen Operasional PT. Indomarco Prismatama

Dalam operasional toko, Kepala Toko memiliki peranan penting dalam menjalankan dan mengkoordinir semua kegiatan operasional. Indomaret ini memiliki jam operasional mulai dari jam 07.00 – 22.00 WIB.
Proses Manajemen Sistem Informasi Strategik PT. Indomarco Prismatama

PT. Indomarco Prismatama atau Indomaret menggunakan growth strategy dengan meningkatkan kualitas dari produk melalui sistem informasi. Sistem Teknologi Informasi di setiap Point Of Sales (POS) outlet Indomaret mencakup sistem penjualan, persediaan dan penerimaan barang.

Proses Manajemen Sistem Pengendalian PT. Indomarco Prismatama

Dalam PT Indomarco Prismatama semua departement saling berkesinambungan satu sama lain tidak dapat dipisahakan, Apabila salah satu departement mengalami kendala dampaknya akan sangat berpengaruh pada semua departemen jadi semua departemen harus berjalan selaras sesuai dengan budaya perusahaan.

Proses Manajemen Audit PT. Indomarco Prismatama

Indomaret menetapkan bahwa semua proses audit yang telah dilakukan harus didokumentasikan.

Berdasarkan pembahasan-pembahasan di atas mengenai proses manajemen PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), dapat disimpulkan bahwa PT. Indomaret memiliki SDM yang baik, karena dalam proses recruitment karyawan diberikan training atau pelatihan terlebih dahulu.

Strategi pemasaran yang dilakukan juga cukup efektif, karena Indomaret menerapkan strategi Charm Pricing juga promo mingguannya yang berjalan secara efektif dan efisien. Indomaret memiliki standar pelayanan yang cukup tinggi, sehingga konsumen akan nyaman dalam berbelanja di Indomaret.

Tugas ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Bahasa Indonesia

Ines Maulani 

221011201547

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun