No.
Jenis permasalahn
Masalah yang diidentifikasi
Analisis identifikasi masalah
1
Pedagogik, literasi, dan numerasi.
Rendahnya motivasi belajar siswa
- Siswa tidak berperan aktif saat proses pembelajaran
- Siswa kurang tertarik berlatih soal secara mandiri atau bersama teman
- Siswa menggunakan handphone dengan tidak bijak
- Siswa bergurau dengan siswa lainnya saat pembelajaran
- Siswa tertidur dikelas saat pembelajaran
- Siswa mencontek jawaban teman ketika mengerjakan tugas
- Siswa tidak mau mencatat materi yang penting
- Siswa asal dalam mengerjakan latihan soal
- Perpustakaan sepi dari kunjungan siswa
2
Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru.
- Siswa kesulitan memahami materi ekonomi bersifat kuantitatif
- Kurangnya media pendukung belajar siswa
- Siswa tidak fokus ketika guru memberikan materi
- Siswa kurang paham dengan materi bersifat kuantitatif seperti fungsi-fungsi dan kurva
- Siswa hanya diam ketika diminta mengerjakan soal di depan kelas
- Siswa tidak tertarik latihan soal berupa fungsi-fungsi dan kurva
3
Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.
- Hubungan sosial antar siswa yang kurang baik
- Siswa membedakan status sosial antar siswa
- Siswa secara sengaja maupun tidak melakukan perundungan
- Beberapa siswa individualis, sehingga tidak terjalin komunikasi dengan siswa lainnya.
- Siswa yang terlalu aktif yang mendominasi di kelas
- Siswa membuat kelompok teman
- Siswa tidak mau membantu teman yang mengalami kesulitan dalam pemahaman materi belajar
- Terdapat siswa yang suka menyendiri dengan tidak mau bergabung
4
Pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.
- Penerapan model pembelajaran inovatif masih belum optimal
- Penerapan model pembelajaran inovatif masih belum  diterapkan disemua materi.
- Siswa masih perlu penyesuaian dalam memahami model pembelajaran inovatif
- Sebagian siswa lebih memahami penjelasan guru dengan metode ceramah (teacher center)
- Siswa kurang aktif dalam memberikan respon pembelajaran
- Siswa sulit bekerjasama dalam kelompok belajarnya sehingga menghambat pembelajaran inovatif
5
Materi terkait literasi numerasi, advanced material, miskonsepsi, hots.
- Pembelajaran belum maksimal dalam mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan analitis
- Kurangnya pemahaman siswa dalam materi berupa pemecahan masalah
- Siswa masih menggunakan metode hafalan
- Siswa kurang tertarik berlatih soal yang mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan analitis
- Siswa banyak yang mencari jawaban di internet dari pada menganalisis sendiri
- Kurangnya kemampuan kognitif siswa
6
Pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.
- Belum maksimalnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kelas
Keterbatasan akses internet
Materi  dengan penggunaan media tik kurang inovatif
Tidak semua siswa memiliki perangkat untuk mengakses materi
Pemberian materi dengan audio/visual masih kurang diterapkan dalam pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H