Mohon tunggu...
Indy PratamaPutra
Indy PratamaPutra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa FISIP UIN Jakarta

Mahasiswa FISIP UIN JKT

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Review Buku "Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas" karya Neng Dara Affiah

30 Oktober 2020   16:27 Diperbarui: 30 Oktober 2020   16:31 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bismillahirrahmanirrahim, Saya Indy Pratama Putra Shanny dari Fisip UIN JAKARTA jurusan Sosiologi dengan NIM 11191110000077. Pertama-tama saya membuat tulisan ini bertujuan untuk me-review buku berjudul Islam, Kepemimpinan dan Seksualitas karya Neng Dara Affiah. Neng Dara Affiah sendiri adalah seorang aktivis perempuan yang lahir pada bulan April 1970. Buku ini terdapat 3 bab utama, yaitu Islam dan Kepemimpinan Perempuan, Islam dan Seksualitas Perempuan, dan Perempuan Islam dan Negara. Penulis akan memberikan ulasan dan pendapat mengenai ketiga bab tersebut.

Di Bab I tentang Islam dan Kepemimpinan Perempuan, dijelaskan dengan baik tentang keutamaan Islam dalam memandang manusia, Islam memandang semua manusia setara dan tidak membeda-bedakan mereka berdasarkan kelas social, ras, dan jenis kelamin. Islam hanya memandang tinggi rendahnya derajat manusia berdasarkan kualitas ketakwaannya, kebaikannya selama hidup di dunia, dan warisan amal baik yang ditinggalkannya setelah ia meninggal (Qs. Al-Hujurat 49 : 13).

Di bab pertama ini dijelaskan juga tentang hadist riwayat Ibn Abbas yang berbunyi "masing -- masing kamu adalah pemimpin, dan masing -- masing kamu bertanggung jawab atas yang dipimpinnya". Pemimpin disini memiliki makna  yang cukup luas, bisa menjadi pemimpin pemerintahan, pemimpin Pendidikan, pemimpin keluarga, dan pemimpin untuk diri sendiri.

Jika ada pro maka ada kontra, di buku karya Neng Dara juga disebutkan tentang ayat Al-Quran yang menolak kepemimpinan perempuan, "Laki -- laki adalah qowwam dan bertanggung jawab terhadap kaum perempuan" (Qs. An -- Nisa ayat 34). Yang menjadi kontra sendiri adalah kata qowwam tersebut, qowwam berarti yang bisa memimpin. Laki -- laki menjadi qowwam karena Allah melebihkan mereka dari perempuan dan karena mereka menafkahi harta mereka untuk para perempuan. Namun, dijelaskan bahwa konteks kelahiran ayat ini bukan dalam konteks kepemimpinan melainkan dalam konteks hubungan suami istri, lalu melarang perempuan menjadi pemimpin adalah sebuah keangkuhan yang bertentangan dengan konsep dasar Tuhan menciptakan manusia. Laki -- laki dan perempuan sama sama mengemban amanat menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi dan bertanggung jawab untuk menggunakan akal yang diberi Allah untuk mengelola bumi ini.

Selain itu, ayat ini turun berkaitan dengan kecenderungan kekerasan domestik pada masyarakat Arab Pra-Islam. Oleh karena itu, makna qawwam dapat diartikan sebagai pencari nafkah, penopang ekonomi.

Di bab pertama ini juga dijelaskan pentingnya kepemimpinan perempuan dalam berbagai ranah kehidupan dengan cara: 1) sejak kecil, pola pendidikan watak kepemimpinan, perempuan atau laki -- laki sebaiknya tidak dibeda -- bedakan. 2) Anak perempuan dan laki -- laki berhak mengakses apa saja sepanjang membuat diri mereka berkembang. 3) memberikan kebebasan untuk memilih sesuai hari nuraninya. 4) melatih jatuh bangun dala pilihannya karena dalam proses tersebut akan muncul pendewasaan hidup dan "otonomi" diri. 5) menghindari pengerangkengan perempuan dala sangkar emas atas nama "perlindungan", karena bisa menjebak perempuan menjadi kerdil dan gagap dengan realitas kehidupan nyata.

Di bab pertama ini tentang Islam dan Kepemimpinan Perempuan, saya menyukai beberapa hal di dalamnya, seperti bagaimana pandangan islam dalam memilih pemimpin, lalu apakah perempuan sanggup untuk memimpin? Padahal banyak sekali yang menentang dengan alasan perempuan tidak bisa menjadi imam saat sholat berjamaah, dan ada beberapa ayat yang membuat laki -- laki menjadi dominan saat memimpin, lalu bagaimana perempuan dilihat dari kualitasnya, bukan karena gender nya dan masih banyak ilmu baru yang bisa saya pelajari disini,

Lanjut Bab ke II, yang bertema Islam dan Seksualitas Perempuan. Pada bab ini cukup menarik perhatian saya pribadi, karena banyak ilmu yang belum saya ketahui terutama dalam pernikahan antar agama. Bahasan pertama yaitu tentang perkawinan dalam perspektif agama -- agama. Peristiwa perkawinan merupakan tahapan dalam hidup manusia yang dianggap penting dan sakral. Saking pentingnya perkawinan ini, hamper semua agama memiliki pengaturannya secara terperinci, yang mewujud dalam bentuk aturan dan persyaratan -- persyaratan perkawinan, adat -- istiadat dan pelbagai ritualnya, termasuk pengaturan perkawinan antar agama. Buku ini mencoba memaparkan konsep perkawinan pada tiga agama (Yahudi, Kristen, Islam).

Salah satu fungsi dari perkawinan menurut tafsir agama -- agama adalah untuk menciptakan ketentraman dan kedamaian antara dua orang anak manusia; laki -- laki dan perempuan pada suatu ikrar atau janji suci atas nama Tuhan. Pada janji tersebut terungkap bahwa keduanya akan saling merajut kasih, saling melindungi, saling memelihara dan saling menyayangi. Islam menyebut peristiwa ini sebagai peristiwa ijab -- Kabul. Sedangkan Katolik menyebutnya sebagai sakramen perkawinan, yakni iman dengan menggunakan simbol -- simbol tertentu untuk menunjuk kehadiran Tuhan pada saat peristiwa itu berlangsung.

Lalu fungsi perkawinan berikutnya adalah untuk melanjutkan keturunan agar bisa mewariskan ajaran agama. Dalam hal ini, perempuan sebagai "Ibu" yang mengandung keturunan tersebut mendapat banyak sekali ujian -- ujian, seolah -- olah perempuan hanya menjadi alat penghasil keturunan sehingga perempuan tidak memiliki kuasa terhadap tubuhnya sendiri, dan lebih parahnya lagi, jika perempuan yang tidak bisa menghasilkan keturunan maka ia akan di cemooh, dihina, dan dicaci maki. Memang benar, di buku ini dijelaskan juga hadist tentang memperbanyak keturunan seperti "kawinlah kamu, berketurunanlah kamu, berkembang biak lah kamu, maka sesungguhnya aku akan bangga dengan banyaknya kamu sekalian terhadap umat lain di hari kiamat nanti" (Hadis) dan "Nikahilah olehmu perempuan yang dapat memperbanyak anak".

Memang benar, anak adalah sumber rezeki bagi orang tua, apalagi anak yang berbakti kepada orang tua dan taat kepada agama, tapi di lain hal, anak adalah titipan dari Allah, maksudnya, Allah menitipkan anak tersebut ke dalam Rahim ibu dari bentuk sperma hingga menjadi bayi. Tapi titipan tersebut tidak selalu ada di Rahim ibu, jika memang sepasang suami istri sulit menghasilkan keturunan, mungkin Allah telah menitipkan buah hati nya di tempat lain, seperti panti asuhan. Di panti asuhan kita dapat meng-adopsi anak. Rencana Allah sangatlah indah, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan bagaimana itu bisa terjadi.

Fungsi berikutnya yaitu menghindari praktik Zina. Dalam agama, orang yang melakukan zina akan dihukum dengan hukuman yang berat, apalagi jika sepasang kekasih melakukan zina, perempuan lah yang menanggun beban yang berat seperti pecahnya keperawanan. Seberapa pentingnya keperawanan itu? Sampai - sampai laki -- laki yang mengetahui bahwa perempuan tidak perawan akan mencaci maki dan enggan untuk menikahi perempuan tersebut.

Lanjut ke Bab berikut nya yaitu Perempuan, Islam, dan Negara. Di bab ini banyak membahas tentang islam dalam memandang feminis, sumber feminisme dalam islam adalah Al-Quran dan Hadis. Sejauh menyangkut perempuan, banyak formulasi hadis yang menggambarkan perempuan dengan citra buruk, seperti 'sosok penggoda yang cacat moral dan agama', 'penggoda dan fitnah terbesar laki -- laki', 'kotor dalam menstruasi', dan 'penghuni terbesar neraka karena tidak bisa dipercaya dan tidak patuh pada suami' serta digambarkan manusia yang 'memiliki kapasitas intelektual rendah sehingga dipandang tidak pantas memegang kekuasaan politik'

Dalam kaitan diatas, Mernissi menunjukkan bahwa hadis yang menyangkut perempuan juga kekuasaan lebih banyak yang palsu daripada yang asli. Dijelaskan juga bahwa pemalsuan ini terjadi setelah Nabi Muhammad meninggal (632M).

Dibuku ini juga dijelaskan bahwa feminisme adalah teori yang berusaha menganalisis pelbagai kondisi yang membentuk kehidupan kaum perempuan dan menyelidiki beragam jenis pemahaman kebudayaan mengenai apa artinya menjadi perempuan.

Selain feminisme, di bab III ini ada fokus tentang Keperawanan dalam Perspektif Islam, masyarakat sudah menganggap keperawanan sebagai "kesucian" perempuan, karena nya banyak sekali perempuan yang di kucilkan di masyarakat apabila ia sudah tidak perawan lagi. Perempuan yang masih perawan dan berasal dari masyarakat kelas atas akan lebih di hargai dibandingkan janda atau perempuan yang sudah kehilangan keperawanan nya.

Janda adalah perempuan yang sudah menikah dan hidup tanpa suami (bercerai atau suami meninggal lebih dahulu). Sedangkan perempuan yang sudah hilang keperawanan nya tapi belum menikah dianggap sudah melakukan zina. Yang saya suka dari buku ini adalah, buku ini mencoba membuang pikiran -- pikiran yang kuno seperti di atas menggunakan pendapat dan perspektif islam dan para ahli.

Saya pribadi menyukai buku ini, karena pembahasan yang diangkat sangat penting bagi masyarakat khususnya di Indonesia, buku ini juga memberikan saya ilmu baru mulai dari kesetaraan gender, kepemimpinan perempuan, hingga perkawinan. Bahasa yang digunakan juga umum sehingga pembaca dapat memahami bacaan dengan mudah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun