Desember tahun lalu, Manchester City mendaftarkan logo baru merekake Intellectual Property Office (IPO) atau kantor hak kekayaan intelektual Inggris. City juga akan meluncurkan logo barunya itu pada musim panas 2016.
Manchester City melahirkan logo baru setelah berkonsultasi dengan para pendukungnya. Pada logo baru ini, City kembali menggunakan logo lama,berbentuk bulat, terdapat kapal raksasa Mancunian dan mawar merah khas Lancashire. Keputusan ini diambil karena para pendukung City yang merindukan logo terdahulu.Filosofi logo baru Manchester City
Terdapat perubahan yang sangat drastis dari logo baru City. Perbedaan yang sangat terlihat terjadi pada pada hilangnya sosok elang emas yang selama ini menjadi simbol City. Sosok elang emas diganti dengan gambar kapal layar yang seperti sedang mengarungi lautan. Tak heran logo baru ini menuai banyak protes dari para pendukung City yang mayoritas memiliki tato dengan logo City yang masih menggunakan elang emas. Gambar kapal layar ini sendiri memang dikenal sebagai simbol perahu Mancunian yang banyak berada di pelabuhan Manchester.
Selain itu, gambar tiga bintang emas yang selama ini jadi olokan karena tak memiliki makna pada logo City juga dihapuskan. Begitu juga dengan tulisan kalimat ‘Superbia In Proelio’ yang selama ini sering diejek fan tim lain karena bukan menggunakan bahasa Inggris ikut dihilangkan. Serta kalimat berbahasa latin yang mempunyai makna ‘Bertempur Dalam Kebanggaan’ itu kini diganti dengan tulisan ‘Manchester City 1894’.
Dari sudut pandang desain
Logo Manchester City berbentuk lingkaran dengan simbolisasi ditengah. Lingkaran adalah elemen dasar yang sangat populer dalam desain logo.Ini dapat digunakan sebagai elemen logo independen. Bentuk lingkaran sangat cocok dengan Manchester City, karena biasanya perusahaan/instansi yang menggunakan lingkaran ingin memberikan kesan yang dinamis, rotasi, memiliki kecepatan, sesuatu yang berulang, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, abadi, memiliki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan. Juga sering digunakan untuk benda-benda yang akrab seperti roda,bola, dan lain-lainnya.
Di dalam logo Manchester City juga terdapat terdapat tulisan“MANCHESTER CITY 1894”. Tulisan ini menggunakan font Sans Serif. Sans Serif artinya tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama.Penggunaan Sans Serif sangat cocok untuk logo baru Manchester City, karena Sans Serif menimbulkan kesan modern, kontemporer, dan efisien. Selain cocok penggunaan Sans serif juga tampak seimbang di dalam logo baru Manchester City, sifat dari huruf ini lebih terlihat bermakna dan lebih applicable karena penempatan huruf ini yang melengkung dan sesuai dengan dimensi logo tersebut.
Elemen lain dari logo ini adalah penggunaan warna biru langit.Warna biru langit sudah digunakan Manchester City sejak tahun 1892. Tidak diketahui apa penyebab Manchester City menggunakan warna biru langit pada masa itu. Akan tetapi secara psikologis warna memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan minat seseorang akan bermacam-macam benda.Warna biru adalah warna dingin, warna ini menimbulkan kesan dalamnya sesuatu (dediepte), sifat yang tak terhingga dan transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan. Mungkin apabila dikaitkan, warna ini sangat sesuai bagi Manchester City karena warna panas sudah digunakan rival sekota dari Manchester City yaitu si Setan Merah Manchester United
Kesimpulan :
Meski ada pujian ada juga kritik dari para pendukung Manchester City. Yang jelas hal ini disebabkan karena banyak pendukung yang mempunyai tato logo Manchester City yang masih menggunakan elang emas.
Akan tetapi diluar itu semua, perubahan logo baru Manchester City merupakan hal yang baik dan menunjukkan adanya pergerakan dari klub untuk menjadi lebih baik. Manchester City kini mempunyai logo yang lebih relevan daripada sebelumnya, karena logo yang sekarang mengangkat lagi logo lama yang mempunyai nilai historis dan menghilangkan hal-hal yang tidak bermakna di logo sebelumnya yang masih memakai elang emas.
Secara desain logo ini adalah logo yang bagus. Logo baru ini bisa dikatakan lebih membantu pencitraan klub dari logo sebelumnya. Dengan elemen-elemen yang sekarang, bentuk, warna, huruf, semua tampak lebih sederhana namun tetap berkarakter memunculkan karakter Manchester City. Semoga logo baru ini membantu pencitraan klub lebih baik, dengan logo yang baik maka semoga klub akan baik juga dan tentunya lebih bermental juara.
Daftar Pustaka
Murphy, John and Michael Rowe. How to Design Tradearks and Logos. Ohio : North Light Book, 1998.
Webtografi
http://klopidea.com/efek-warna-dalam-desain-grafis-dan-psikologinya/(diakses pada tanggal 29 Mei 2016 pukul 19.23)
http://www.republika.co.id/kanal/sepakbola/liga-inggris (diakses pada tanggal 29 Mei 2016 pukul 20.13)
http://www.footyheadlines.com/2015/12/new-manchester-city-crest.html(diakses pada tanggal 30 Mei 2016 pukul 12.40)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H