Materi perkalian di sekolah dasar merupakan salah satu materi penting pra syarat yang harus dikuasai. Materi ini pra syarat untuk memahami materi matematika lainnya. Namun, banyak siswa yang kesulitan memahami materi ini. Siswa belum hapal fakta perkalian 1 sampai perkalian 10.
Latar belakang tersebut membuat saya mencari alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Hasil perenungan saya mencoba mempraktikkan permainan estafet perkalian.Â
Teknis permainan ini adalah :
1. Peserta didik terlebih dahulu menulis fakta perkalian 1 sampai perkalian 10.
2. Kelompokkan siswa dalam beberapa kelompok.Â
3. Beberapa kelompok yang terbentuk kemudian digolongkan dalam kelompok ganjil genap.Â
4. Permainan dimulai bergilir ganjil dan genap.Â
5. Saat kelompok ganjil bermain. Kelompok genap berperan sebagai tim penilai. Begitu pun sebaliknya saat kelompok genap bermain, kelompok ganjil bergantian sebagai tim penilai.Â
6. Kelompok ganjil berlomba dengan kelompok ganjil lainnya untuk menyelesaikan dengan cepat penyebutan fakta perkalian yang diminta guru. Kelompok yang paling cepat adalah pemenangnya. Tim genap yang lainnya berperan sebagai tim penilai dan pengamat kelompok mana yang menyelesaikan paling cepat. Hal tersebut dilakukan bergantian antara kelompok ganjil dan genap.Â
7. Permainan ini bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan tujuan yang diharapkan.Â
8. Level permainan dapat ditingkatkan tingkat kesulitannya agar lebih menantangÂ
9.Kelompok yang memperoleh skor kumulatif terbesar adalah pemenangnya.Â
Pengalaman yang saya rasakan dalam pelaksanaan permainan ini adalah peserta didik sangat antusias, gembira, dan bersemangat. Psikologis positif akan permainan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi perkalian. Selamat mencoba.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H