Dalam membangun sebuah perusahaan, perencanaan strategi adalah salah satu faktor penting untuk menjaga stabilitas dan memberikan ciri khas setiap perusahaan. Salah satunya PT. Indra Jaya Kusuma dengan produk andalannya : Sundanesse Lady.
Sundanesse Lady adalah produk yang menjual minuman kopi, teh dan sari buah. Sundanesse Lady Wine Coffee merupakan produk favorit bagi para pecinta kopi dan kini sudah dijual di Mall UKM Cirebon telah didistribusikan di luar Jawa Barat serta diekspor ke luar negeri. Bagaimana strategi PT. Indra Jaya Kusuma dalam mengembangkan produk-produknya hingga bisa ekspor ke mancanegara?
Ibu Endang Kusumasari, selaku pemilik PT. Indra Jaya Kusuma menciptakan Sundanesse Lady pada tahun 2019 yang pada saat itu masih dalam tahap Research and Development lalu mulai dipromosikan secara terbatas, perlahan PT. Indra Jaya Kusuma mulai mempromosikan produk Sundanesse Lady ke masyarakat melalui bazaar-bazaar UMKM yang diadakan oleh lembaga negara maupun swasta.
Lama-kelamaan produk Sundanesse Lady mulai dikenali masyarakat sekitar, kemudian PT. Indra Jaya Kusuma pada saat itu masih belum berbentuk badan mulai mengikuti program pengembangan UMKM dari berbagai lembaga yang turut membantu memasarkan produk Sundanesse Lady, contohnya Mall UKM Kota Cirebon yang dikelola oleh DKUMKMPP.
Cara Ibu Endang agar konsumen tidak bosan dengan produk-produknya dengan cara mengevaluasi jumlah penjualan produk setiap 6 bulan sekali, cara ini diterapkan sejak diciptakannya Sundanesse Lady, Ibu Endang merekap penjualan produk mana yang ramai peminat dan sepi peminat. Jika sepi peminat, salah satu produk itu akan dihentikan penjualannya lalu melakukan upgrade pada produk hingga mulai digemari konsumen.
Selain merekap dan evaluasi penjualan produk, Ibu Endang juga tidak ragu untuk melakukan survey terhadap konsumen misalnya untuk mengetahui varian produk minuman apa yang diinginkan masyarakat, sehingga produk yang sebelumnya belum ada di Sundanesse Lady akhirnya terbentuk, selain itu kritik dan saran dari konsumen juga dibutuhkan sebagai bahan evaluasi untuk produk Sundanesse Lady.
Sundanesse Lady juga mengeluarkan produk yang hanya dikeluarkan saat bulan Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat mengurangi jumlah konsumsi kopi. Produk tersebut berbahan dasar teh yang aman dikonsumsi saat bulan Ramadhan.
1. Amelinda Sekarsari Putri (121020470)
2. Shakila Zahra (121020474)
3. Indri Styawati (121020482)
4. Dwiputri Khusnul Chotimah (121020487)
Disusun Oleh Mahasiswa Prodi Manajemen FEB UGJ Cirebon
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H