Sistem Pengendalian Manajemen Di Mts AL-AZIZ
Sistem pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber yang diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan, bahwa sumber daya manusia dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh.
Sistem Pengendali ini lah yang merupakan budaya dalam organisasi, terdapat peran sistem pengendalian manajemen mutu yang memiliki kontribusi besar dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan.
Peranan sistem pengendalian manajemen memiliki pengaruh yang besar dalam pengelolaan pendidikan di sekolah MTs AL-AZIZ untuk menjaga mutu pendidikan maka sistem pengendalian manajemen perlu diterapkan terutama dalam mengelola sumber daya manusia.
Dalam hal ini budaya lembaga pendidikan diera global, harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten, Â seperti sumber daya manusia yang optimal serta dinamis dan Islam, dirancang untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal wawasan keterampilan maupun mental, profesional dan cepat beradaptasi terhadap lingkungan.
Demi meningkatkan wawasan, kemampuan dan pengalaman para tenaga pendidik sekolah MTs AL-AZIZ diberi fasilitas pelatihan-pelatihan dan pengembangan tentang pendidikan Untuk Menambah Wawasan, kemampuan dan pengalaman SDM yang dimiliki Lembaga Pendidikan.
Hasil penilaian kinerja itu akan dinilai sekolah tersebut apakah mencapai keberhasilan nilai kinerjanya atau tidak, kemudian sekolah tersebut mendapatkan akreditasi a, b, atau c. Penilaian tersebut tidak hanya berasal dari Dinas Pendidikan, namun teman sejawat juga diberi kesempatan menilai
kepala sekolah harus mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan  kepala sekolah harus mampu melihat perubahan pada era globalisasi. Kepala sekolah bertanggungjawab atas keselamatan, kesejahteraan, dan perkembangan murid-muridnya terdapat program-program pertemuan guru dengan orang tua siswa guna membahas kegiatan belajar mengajar, problematika siswa, program sekolah atau kepentingan lainnya di MTs AL-AZIZ .
Hasil penilaian kinerja itu akan dinilai sekolah tersebut apakah mencapai keberhasilan nilai kinerjanya atau tidak, kemudian sekolah tersebut mendapatkan akreditasi a, b, atau c. Penilaian tersebut tidak hanya berasal dari Dinas Pendidikan, namun teman sejawat juga diberi kesempatan menilai
Tidak hanya manajemen sumber daya manusia saja yang harus diperhatikan tetapi manajemen keuangan MTs AL-AZIZ Â juga harus diperhatikan, untuk mengelola dana sekolah agar dana tersebut memadai keperluan sekolah.
Dalam menjalankan kegiatannya, MTs AL-AZIZ berada di bawah naungan Kementerian Agama. Manajemen sekolah sebagai sesuatu yang berhubungan dengan pengolahan proses pendidikan untuk mencapai latar belakang manajemen sekolah baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.
Hal ini dianggap sebagai upaya dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat dan mengangkat manusia. Memiliki keimanan dan ketaqwaan, berakhlak mulia, berilmu fungsi. Manajemen sekolah adalah proses mengelola sekolah dengan merencanakan, mengorganisasikan, mengajar dan mengawasinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Salah satu titik fokus utama Kepala Sekolah dalam school manajemen unggul adalah manajemen pembelajaran.
Sekolah dapat menjadi efektif dan sekaligus menjadi efesien. Sekolah efektif karena pencapaian hasil yang baik, sedangkan sekolah yang efesien ialah penggunaan sumber daya yang hemat. Untuk mengetahui indikator prestasi pelajar dapat dilihat antara lain dari absensi (kehadiran), tingkah laku di sekolah, laporan kejahatan/penyimpangan, dan hasil ujian negara. Sekolah yang unggul tersebut adalah sekolah yang efektif dan efesien dengan menjanjikan lulusan yang terbaik, keunggulannya secara kompetitif dan komparatif. Keunggulan kompetitif dimiliki antar lulusan sejenis dalam jurusan yang sama, sedangkan komparatif antar lulusan berbeda dari satu sekolah dengan sekolah lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H