Mohon tunggu...
Indri Nuranggraini
Indri Nuranggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memahami Perjalanan Tumbuh Kembang Anak, dari Teori hingga Praktik Pembelajaran

27 Oktober 2024   08:59 Diperbarui: 27 Oktober 2024   09:02 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pembahasan penting kali ini yaitu untuk memahami pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam konteks pendidikan. Pertumbuhan diartikan sebagai perubahan fisik, sedangkan perkembangan mencakup perubahan kognitif, emosional, sosial, dan moral. Pemahaman ini sangat penting bagi pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif.

A. Teori Perkembangan Anak

1. Teori Jean Piaget

a. Ekuilibrium: Keseimbangan antara skema lama dan informasi baru.

b. Tahapan Perkembangan:

  • Sensorimotorik (0-2 tahun):
  • Pemahaman indrawi; objek ada meski tidak terlihat.
  • Praoperasional (2-7 tahun): Kemampuan berbahasa (sifat egosentris).
  • Operasional konkret (7-11 tahun): Kemampuan logis terhadap objek konkret (mulai mengurangi egosentrisme).
  • Operasional formal (11 tahun-dewasa): Berpikir rasional dan abstrak (egosentrisme muncul kembali).

2. Teori Lev Vygotsky

a. Menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan anak.

b. Zone of Proximal Development: Anak belajar dengan bimbingan individu yang lebih berpengetahuan.

c. Scaffolding: Fasilitator yang membantu anak dalam proses belajar.

B. Perkembangan Psikomotorik

Perkembangan psikomotorik melibatkan kontrol gerakan tubuh melalui koordinasi saraf dan otot. Terdapat keterampilan motorik halus (misalnya menulis) dan kasar (misalnya berjalan). Perkembangan ini penting untuk aspek fisik serta kognitif dan sosial anak.

C. Karakteristik Perkembangan Psikomotorik

Perkembangan psikomotorik dapat dikenali dari usia bayi hingga remaja, dengan fokus pada masa keemasan (0-6 tahun). Setiap fase memiliki tonggak pencapaian tertentu.

D. Implikasi dalam Pembelajaran

Pendidik perlu memahami perbedaan individu dan memberikan stimulasi yang sesuai. Pentingnya makanan bergizi dan media pembelajaran yang bervariasi juga ditekankan. Lingkungan pendidikan harus mendukung bermain untuk perkembangan fisik dan psikomotorik anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun