Mohon tunggu...
Indri Nuranggraini
Indri Nuranggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel "Larung" Karya Ayu Utami, Kisah Pergolakan Politik dan Pemberontakan Perempuan

22 Juli 2024   23:39 Diperbarui: 22 Juli 2024   23:58 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumbera: Dokumen Pribadi

Ayu Utami, penulis ternama Indonesia, kembali menyuguhkan karya sastra yang memikat melalui novel "Larung." Melanjutkan kisah empat sahabat perempuan yang sebelumnya diceritakan dalam novel "Saman," "Larung" menawarkan narasi yang kaya akan nuansa politik, moralitas, dan feminisme. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi kekuatan dan pesona dari novel "Larung," serta mengapa karya Ayu Utami ini patut diapresiasi.

1. Latar Belakang dan Sinopsis

"Larung" berlatar belakang masa Orde Baru, periode di mana Indonesia dilanda oleh ketidakstabilan politik dan kekuasaan militer yang otoriter. Empat sahabat perempuan yang diceritakan dalam novel "Saman" kembali dengan petualangan baru, kali ini melibatkan karakter baru bernama Larung. Mereka berusaha menyelamatkan tiga aktivis yang dikejar oleh rezim militer akibat peristiwa 27 Juli 1996.

Larung, karakter yang misterius namun gelap, menjadi pusat dari cerita ini. Bersama dengan Saman dan sahabat-sahabatnya, mereka menjelajahi kompleksitas cinta, perselingkuhan, dan perjuangan moral dalam mencapai keadilan. Ayu Utami dengan cermat menggambarkan pergolakan batin dan dinamika antar-karakter dalam situasi politik yang tegang.

2. Kekuatan Novel "Larung"

Salah satu kekuatan utama "Larung" adalah kemampuannya dalam menggambarkan realitas politik Indonesia pada masa Orde Baru. Ayu Utami dengan mahir menyajikan pengalaman hidup perempuan dan memberikan mereka kesempatan untuk menggali dan memahami jati diri mereka. Pembaca diajak untuk merasakan kekacauan dan ketidakpastian yang dihadapi oleh karakter-karakternya. 

Selain aspek politik, novel ini juga menonjol dalam mengeksplorasi tema feminisme. Ayu Utami menggambarkan tokoh-tokoh perempuan yang kuat dan kompleks, yang berjuang melawan diskriminasi dan ketidakadilan. Mereka adalah representasi dari perempuan yang berani mengeksplorasi jati diri mereka dan berusaha mengubah nasib mereka sendiri.

Gaya penulisan Ayu Utami yang indah dan terampil menjadi daya tarik lain dari novel ini. Ia berhasil merangkai kata-kata dengan elegan, menggambarkan suasana, perasaan, dan pikiran karakter-karakternya dengan detail yang halus. Hal ini memberikan pengalaman membaca yang memikat dan mendalam bagi para pembaca.

3. Kelebihan dan Kekurangan Novel "Larung"

Seperti karya sastra lainnya, "Larung" memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan utama novel ini adalah penggalian masalah sosial dan politik yang mendalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun