Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Freelance Writer, Praktisi PR di berbagai organisasi internasional (1990-2011) Twitter: @IndriaSalim IG: @myworkingphotos fb @indriasalim

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Imlek, Buah Pilihan Tepercaya dan Saya!

15 Februari 2022   16:44 Diperbarui: 23 Februari 2022   09:22 869
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Indria Salim: Pelanggan pada beli jeruk dan buah khas perayaan Hari Raya Imlek

Saat ini kita masih dalam suasana tahun baru imlek, tahun macan. Saya tidak pernah melewatkan suasana Imlek dari tahun ke tahun. Tahun ayam jago (rooster), tahun naga (dragon), dan seterusnya.

Suasana Imlek dan Lampion dekat rumah |dokpri indria salim
Suasana Imlek dan Lampion dekat rumah |dokpri indria salim
Setiap tahun bagi saya ada kenangan unik dan berbeda. Menyaksikan aksi barongsai beberapa kali, ikut menikmati kue keranjang jangan ditanya, saya sering hoki menerima hantarannya -- entah dari tetangga, famili, juga teman.

Saya tidak memiliki kostum model Cheongsham yang menjadi ciri khas untuk merayakan hari raya imlek, namun setidaknya saya menyukai berswafoto dengan ornamen dan dekorasi bernuansa Imlek.

Selintas, memori tentang Imlek terasosiasikan dengan makanan tertentu selain kue keranjang. Ya, itu antara lain adalah hantaran atau sajian buah-buahan -- khususnya buah jeruk, dengan aksen keindahan bunga warna-warni, atau cukup serangkaian bunga sedap malam yang tidak terpisah dari cerita Imlek. Ada juga ikan bandeng, khas hidangan imlek.
.
Untuk tahun macan ini, di kompleks saya tampak ada beberapa keluarga yang menerima serombongan tamu berbaju merah, mungkin itu adalah keluarga besar dan kerabat para tetangga itu. Banyak anak-anak muda juga yang berkunjung, kata kuncinya angpau mungkin, dan silaturahmi. Semoga pengamatan saya lumayan cermat, ya.

Buah Anggur, salah satu buah simbolis dalam perayaan Imlek |Dokpri-Indria Salim
Buah Anggur, salah satu buah simbolis dalam perayaan Imlek |Dokpri-Indria Salim

Buah-buahan dan Menu Keseharian Saya

Buah Nanas Honi Berkhasiat |Dokpri - Indria Salim
Buah Nanas Honi Berkhasiat |Dokpri - Indria Salim

Kebetulan saja Februari ini bulannya Imlek, dengan tradisi mengirim hampers termasuk buah-buahan.
Waktu saya tanyakan pada seorang teman yang Tionghoa, pada intinya buah-buah itu dimaknai sebagai sumber kesatuan, kerukunan, sumber rezeki dan kemakmuran, dan semacamnya. 

Buah Apel |Dokpri - Indria Salim
Buah Apel |Dokpri - Indria Salim

Apa saja misalnya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun