Transformasi tidak terjadi begitu saja. Seperti yang dilakukan oleh PT KAI, butuh waktu 4 tahun untuk menjadikan KAI seperti sekarang ini. Peningkatan layanan KAI dimulai dari hal-hal sederhana, namun dilakukan secara konsisten, kontinyu, dan terarah.
Mulai dari pelayanan penumpang, barang, komersialisasi asset, hingga peningkatan kompetensi SDM. Semua diperbaiki dengan mengimplementasikan program-program kerja yang relevan, serta penggunaan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari KAI.
Belajar dari KAI, bisnis travel umrah Anda juga bisa berubah menjadi lebih baik, dimulai dari merapikan manajemen bisnis. Banyak masalah yang dialami oleh pebisnis travel, yang sudah ada solusinya, jika mereka mau melakukan perubahan dalam pengelolaan bisnisnya. Namun, tidak jarang pebisnis yang merasa bisnisnya baik-baik saja, namun baru sadar kalau bisnisnya "sakit" saat sudah di ujung kebangkrutan.
Aktif Mencari Solusi Permasalahan Bisnis Anda
Setiap masalah pasti ada solusinya. Baik itu masalah ringan, hingga masalah yang berat. Perlu disadari bahwa masalah berat berawal dari masalah ringan yang dibiarkan berlarut-larut.
Contohnya, administrasi di travel Anda sangat buruk. Semua masih menggunakan pencatatan manual, baik untuk pendaftaran, pembayaran, pemberian kelengkapan ke jamaah. Sudah manual, datanya terpisah-pisah di banyak tempat, sehingga sulit diintegrasikan.
Akibat manajemen administrasi yang buruk, pekerjaan membutuhkan banyak SDM untuk menyelesaikan, serta waktu yang lama. Pekerjaan di kantor jadi sangat banyak, sehingga karyawan harus lembur. Mau tak mau perusahaan pun harus mengeluarkan ekstra biaya, sehingga pengeluaran operasional jadi membengkak.
Itu baru di masalah administrasi yang kacau. Belum lagi di masalah keuangan, inventory, marketing, keagenan, manajemen komisi, manajemen pelanggan, dan sebagainya. Jika Anda merasakan semua kendala tersebut sudah saatnya Anda bertransformasi, layaknya KAI yang memulai bertransformasi dan berhasil mencapai tujuannya untuk memberikan layanan yang prima bagi para pelanggannya.
Sebuah Solusi Terintegrasi untuk Perbaikan Manajemen Travel Umrah
Seperti yang kita ketahui, di era digital, salah satu solusi untuk kemajuan bisnis adalah transformasi digital. Beralih dari sistem konvensional yang sudah digunakan bertahun-tahun pastinya membutuhkan proses untuk beradaptasi. Namun, jika Anda tidak beradaptasi sekarang, bisnis Anda yang menjadi taruhannya.
Saat ini banyak beredar sistem digital untuk travel umrah. Namun tidak semuanya menawarkan kualitas yang sama. Ada yang cukup lengkap, namun harganya sangat tinggi. Ada yang murah, tapi tidak lengkap dan tidak terintegrasi, sehingga tidak bisa mengakomodir semua kebutuhan travel.
Oleh karena itu, pastikan travel Anda memilih sistem manajemen travel yang lengkap, terintegrasi, serta harganya terjangkau. Jadi, Anda bisa mendapatkan solusi tersentralisasi dan terintegrasi, sehingga dapat menghemat budget Anda.
Perkenalkan, Erahajj adalah sistem travel umrah terintegrasi yang menyediakan fitur-fitur yang Anda butuhkan untuk membantu mengelola travel Anda secara mudah dan cepat, sehingga manajemen travel Anda menjadi rapi dan efisien.
Erahajj menawarkan solusi terintegrasi, dengan harga yang sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan. Support after sales disediakan, sehingga memudahkan Anda yang ingin implementasi di travel Anda. Jangan takut dengan perubahan! Erahajj siap memberikan panduan lengkap agar manajemen travel Anda semakin maksimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H