Mohon tunggu...
indriani
indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas siber asia

seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di universitas siber asia yang menjadi satu-satunya kampus berbasis online pertama di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Produk Skincare Emina Terapkan Strategi STP pada Promosi Mereka!

17 Desember 2023   09:40 Diperbarui: 17 Desember 2023   09:51 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://www.pamper.my/

Emina sebagai salah satu brand kecantikan dan skincare yang udah berdiri sejak tahun 2015 dan berhasil jadi "Top 5 The Most Conversed about Brand, ternyata menerapkan strategi STP pada promosi produk, mereka loh!

Jadi sebenarnya, STP itu apa sih?

STP adalah salah satu strategi promosi yang bisa dimanfaatkan buat lebih bikin pelanggan kenal sama brand kamu.

Strategi STP ini dibagi dalam 3 bagian yang bisa maksimalin promosi produk, yuk kita bahas satu-satu bagian dari STP ini lewat champaign dan promosi Emina, ya!

1. Segmenting atau lebih jelasnya dikenal sebagai strategi yang bantu brand buat membagi pasar pembeli mereka berdasarkan kebutuhannya. Segmenting ini dibagi jadi tiga bagian lagi, yaitu demografi, perilaku, dan psikografis.

Brand Emina sendiri udah nerapin strategi ini di berbagai media sosial mereka, terutama di media sosial TikTok, tempat anak-anak muda menghabiskan waktu sekarang. Jadi, bisa dibilang Emina sudah sukses nih menempatkan promosi digital mereka, apalagi TikTok lagi rame-ramenya!

Di segmenting ini Emina berhasil mencapai target pelanggan yang tepat sesuai dengan tempat produk ini berkembang, yaitu para anak-anak muda dengan berbagai skin tone dengan harga yang murah meriah!

2.  Targetting atau strategi yang bisa dipakai buat lebih mempersempit target pasar mereka, gunanya biar sebuah produk bisa tentuin bagaimana produksi dan service yang akan mereka kasih ke para pelanggan.

Emina berhasil membangun image brande yang cute, playful, dan chic. Nah, dengan begitu target pasar Emina jadi semakin jelas, kalau mereka emang ngincer para cewek-cewek muda yang selalu ceria tiap hari.

3.  Positioning, nah terakhir nih strategi yang tujuannya buat bangun kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu.

Bisa dicontoh dari cara Emina bangun rasa percaya itu, dengan terus-menerus ingetin pelanggan mereka, kalau Emina bakalan terus hadir buat menemani perjalanan para pelanggannya.

Kamu bisa loh, mulai strategi ini dengan bikin tagline yang unik dan menarik buat produk kamu.

Gimana, tertarik untuk coba strategi STP yang udah diterapkan oleh brand sebesar Emina? Nah, yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa dengan tepat menentukan target produk kamu dan jangan lupa tekankan ke pelanggan tentang kelebihan produk yang kamu punya. Siapa tahu, produk kamu bisa berkembang seperti Emina?!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun