Lokasi
SMPS YPM 7 Sidoarjo
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan membaca siswa dan memahami kalimat dalam pembelajaran prakarya Kerajinan Serat kelas VII
Penulis
Indria Mawaddah
Tanggal
20 Januari 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?
- Latar belakang masalah adalah
- Ditemukannya siswa kelas VII yang belum mampu membaca dengan lancar serta kurang mampu untuk memahami isi kalimat atau kalimat perintah. Hal ini tampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKPD atau soal
- Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
- Praktek ini penting dibagikan karena akan berdampak secara langsung kepada siswa pada mata pelajaran prakarya dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman dengan teman sejawat untuk perkembangan siswa
- Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
- Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru, tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
- Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
- Membuat media pembelajaran yang menarik.
- Membuat strategi pembelajara yang disesuaikan dengan karakter siswa yang ada di sekolah
- Menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa agar siswa lebih bersemangat dan percaya diri dalam menghasilkan karya dan presentasi
- Siapa saja yang terlibat?
Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah:
- Siswa kelas VII E,
- Ibu Yeni Kristania, S.Pd sebagai Guru Bahasa Indonesia
- Ibu Novi Maulidiyah, S.Pd.I sebagai wali kelas VII E
- Bpk Drs. M. Ali, MM sebagai Kepala sekolah SMP YPM 7 Sidoarjo
- Bpk M.Nur Rohman, S.Pd sebagai Waka Kurikulum
- Bapak Suki, S.Pd sebagai Waka Sarpras
- Bapak Elvianto, SE, S.Pd, MM sebagai HUMAS
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Tantangan yang ada harus segera segera diselesaikan dengan baik oleh saya di antaranya yaitu:
- 1. Â Membuat media pembelajaran yang menarik dengan melibatkan siswa untuk berperan aktif dan kreatif.
2. Â Strategi yang dilakukan agar siswa tidak merasa bosan adalah dengan straategi belajar dan bermain disesuaikan dengan karakter siswa yang ada di sekolah
3. Â Untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pembelajaran yang dilakukan adalah denganl ebih banyak memberikan pujian atau penghargaan kepada siswa agar siswa lebih bersemangat dan percaya diridalam menghasilkan karya dan presentasi
4. Â Untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingya ilmu dan pendidikan maka dibutuhkan kerjasama antara siswa, orangtua siswa, guru dan sekolah,
- Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat untuk belajar
Langkah-langkah yang lain juga diambil antara lain,
1. Berkaitan dengan model pembelajaran Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terdiri dari 6 sintaks pembelajaran yaitu:
Sintak 1: Pertanyaan mendasar
Sintak 2: Mendesain perencanaan produk
Sintak 3: Menyusun jadwal proyek
Sintak 4: Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek
Sintak 5: Menguji hasil
Sintak 6: Evaluasi pengalaman belajar
Dari model pembelajaran yang dipilih dari mulai tahap satu sampai tahap akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup.
2. Berkaitan dengan bahan ajar dan media ajar
Saya menggunakan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur ketercapaian belajar siswa dan saya juga menggunaakan PPT dan Video pembelajaran yang ditampilkan lewat LCD proyektor.
3. Materi pembelajaran
Proses produksi pembuatan kerajinan serat tumbuah:
Membuat perencanaan
Mempersiapkan alat
Mempersiapkan bahan
Teknik produksi kerajinan
Finishing
4. Berkaitan dengan penilaian
Saya juga menggunakan lembar penilaian untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta lembar penilaian spiritual dan sikap sosial.
Bagaimana prosesnya?
Pendahuluan
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa
- Guru memeriksa kehadiran siswa/presensi
- Guru mengkondisikan kelas agar dapat belajar dengan baik dan menyenangkan
- Guru meminta siswa untuk mempersiapkan buku siswa, alat dan bahan untuk mengikuti pembelajaran
- Guru memberikan motivasi
- Guru menunjukkan gambar-gambar
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
Penentuan ProyekÂ
Siswa bersama bimbingan guru menentukan tema proyek yang akan dibuat, misalnya:
"Anak-anak, setelah kalian menetukan kerajinan apa yang akan dibuat, sudahkah kalian menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan perencanaan, dsb.
Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek
- Siswa memperhatikan guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek.
- Siswa dan guru menyepakati jadwal jadwal pembuatan proyek yang sudah ditentukan.
- Siswa dengan arahan guru harus bisa bekerjasama dengan kelompok masing-masing
- Setiap kelompok harus bisa bekerja sama dan bergotong royong untuk menyelesaikan proyek
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan
- Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal persiapan alat dan bahan.
- Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal pembuatan karya kerajinan.
- Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal pengumpulan dan presentasi hasil kerajinan.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:
Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru
1. Â Setiap kelompok siswa praktik membuat kerajinan dari serat tumbuhan di pandu oleh guru untuk:
- Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan serat tumbuhan melalui LK yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
- Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan
- melakukan persiapan bahan-bahan pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan
- Praktik membuat kerajinan bahan serat tumbuhan dan menerapkan teknik kerajinan serat
- Finishing/penyelesaian pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan.
2. Â Setiap kelompok siswa praktik mengemas hasil kerajinan yang telah disiapkan apabila belum selesai siswa diperbolehkan untuk menyelesaikan di rumah dan di kumpulkan pada pertemuan berikutnya
Evaluasi
Penutup
- Guru dan peserta didik mengumpulkan materi dan penilaian dan menyimpulkan materi pembelajara yang telah dipelajari.
- Guru mengakhiri pembelajaran dan memberikan motivasi serta memberi gambaran untuk pepmbelajaran minggu depan
- Guru mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan belajar dirumah.
- Guru dan siswa melakukan refleksi proses dan hasil pembelajaran.
- Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam
Siapa saja yang terlibat ?Â
Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru, peserta didik, kameramen yang membantu proses pengambilan video dan pengeditan.
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?
Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
- Fasilitas yang ada disekolah seperti, ruang  kelas, lcd, layar.
- Kamera, tripod.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI