Mohon tunggu...
Indria Mawaddah
Indria Mawaddah Mohon Tunggu... Guru - guru prakarya

Makan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penyusunan Best Practist PPL 2

21 Januari 2023   21:57 Diperbarui: 21 Januari 2023   22:00 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi

SMPS YPM 7 Sidoarjo

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan membaca siswa dan memahami kalimat dalam pembelajaran prakarya Kerajinan Serat kelas VII

Penulis

Indria Mawaddah

Tanggal

20 Januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?
  • Latar belakang masalah adalah
  • Ditemukannya siswa kelas VII yang belum mampu membaca dengan lancar serta kurang mampu untuk memahami isi kalimat atau kalimat perintah. Hal ini tampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKPD atau soal
  • Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
  • Praktek ini penting dibagikan karena akan berdampak secara langsung kepada siswa pada mata pelajaran prakarya dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman dengan teman sejawat untuk perkembangan siswa
  • Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
  • Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru, tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
  • Membuat media pembelajaran yang menarik.
  • Membuat strategi pembelajara yang disesuaikan dengan karakter siswa yang ada di sekolah
  • Menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa agar siswa lebih bersemangat dan percaya diri dalam menghasilkan karya dan presentasi
  • Siapa saja yang terlibat?

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah:

  • Siswa kelas VII E,
  • Ibu Yeni Kristania, S.Pd sebagai Guru Bahasa Indonesia
  • Ibu Novi Maulidiyah, S.Pd.I sebagai wali kelas VII E
  • Bpk Drs. M. Ali, MM sebagai Kepala sekolah SMP YPM 7 Sidoarjo
  • Bpk M.Nur Rohman, S.Pd sebagai Waka Kurikulum
  • Bapak Suki, S.Pd sebagai Waka Sarpras
  • Bapak Elvianto, SE, S.Pd, MM sebagai HUMAS

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tantangan yang ada harus segera segera diselesaikan dengan baik oleh saya di antaranya yaitu:

  • 1.  Membuat media pembelajaran yang menarik dengan melibatkan siswa untuk berperan aktif dan kreatif.

2.  Strategi yang dilakukan agar siswa tidak merasa bosan adalah dengan straategi belajar dan bermain disesuaikan dengan karakter siswa yang ada di sekolah

3.  Untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pembelajaran yang dilakukan adalah denganl ebih banyak memberikan pujian atau penghargaan kepada siswa agar siswa lebih bersemangat dan percaya diridalam menghasilkan karya dan presentasi

4.  Untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingya ilmu dan pendidikan maka dibutuhkan kerjasama antara siswa, orangtua siswa, guru dan sekolah,

  • Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat untuk belajar

Langkah-langkah yang lain juga diambil antara lain,

1. Berkaitan dengan model pembelajaran Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terdiri dari 6 sintaks pembelajaran yaitu:

Sintak 1: Pertanyaan mendasar

Sintak 2: Mendesain perencanaan produk

Sintak 3: Menyusun jadwal proyek

Sintak 4: Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek

Sintak 5: Menguji hasil

Sintak 6: Evaluasi pengalaman belajar

Dari model pembelajaran yang dipilih dari mulai tahap satu sampai tahap akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup.

2. Berkaitan dengan bahan ajar dan media ajar

Saya menggunakan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur ketercapaian belajar siswa dan saya juga menggunaakan PPT dan Video pembelajaran yang ditampilkan lewat LCD proyektor.

3. Materi pembelajaran

Proses produksi pembuatan kerajinan serat tumbuah:

Membuat perencanaan

Mempersiapkan alat

Mempersiapkan bahan

Teknik produksi kerajinan

Finishing

4. Berkaitan dengan penilaian

Saya juga menggunakan lembar penilaian untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta lembar penilaian spiritual dan sikap sosial.

Bagaimana prosesnya?

Pendahuluan

  • Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa
  • Guru memeriksa kehadiran siswa/presensi
  • Guru mengkondisikan kelas agar dapat belajar dengan baik dan menyenangkan
  • Guru meminta siswa untuk mempersiapkan buku siswa, alat dan bahan untuk mengikuti pembelajaran
  • Guru memberikan motivasi
  • Guru menunjukkan gambar-gambar
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti

Penentuan Proyek 

Siswa bersama bimbingan guru menentukan tema proyek yang akan dibuat, misalnya:

"Anak-anak, setelah kalian menetukan kerajinan apa yang akan dibuat, sudahkah kalian menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan perencanaan, dsb.

Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek

  • Siswa memperhatikan guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek.
  • Siswa dan guru menyepakati jadwal jadwal pembuatan proyek yang sudah ditentukan.
  • Siswa dengan arahan guru harus bisa bekerjasama dengan kelompok masing-masing
  • Setiap kelompok harus bisa bekerja sama dan bergotong royong untuk menyelesaikan proyek

Penyusunan Jadwal Pelaksanaan

  • Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal persiapan alat dan bahan.
  • Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal pembuatan karya kerajinan.
  • Siswa dengan arahan guru menentukan jadwal pengumpulan dan presentasi hasil kerajinan.

Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan:

Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru

1.  Setiap kelompok siswa praktik membuat kerajinan dari serat tumbuhan di pandu oleh guru untuk:

  • Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan serat tumbuhan melalui LK yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
  • Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan
  • melakukan persiapan bahan-bahan pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan
  • Praktik membuat kerajinan bahan serat tumbuhan dan menerapkan teknik kerajinan serat
  • Finishing/penyelesaian pembuatan kerajinan bahan serat tumbuhan.

2.  Setiap kelompok siswa praktik mengemas hasil kerajinan yang telah disiapkan apabila belum selesai siswa diperbolehkan untuk menyelesaikan di rumah dan di kumpulkan pada pertemuan berikutnya

Evaluasi

Penutup

  • Guru dan peserta didik mengumpulkan materi dan penilaian dan menyimpulkan materi pembelajara yang telah dipelajari.
  • Guru mengakhiri pembelajaran dan memberikan motivasi serta memberi gambaran untuk pepmbelajaran minggu depan
  • Guru mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan belajar dirumah.
  • Guru dan siswa melakukan refleksi proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam

Siapa saja yang terlibat ? 

Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru, peserta didik, kameramen yang membantu proses pengambilan video dan pengeditan.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Fasilitas yang ada disekolah seperti, ruang  kelas, lcd, layar.
  • Kamera, tripod.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun