Mohon tunggu...
indra yusuf
indra yusuf Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

seorang guru yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Quo Vadis Pendidikan Kita? (Refleksi Hari Pendidikan Nasional)

2 Mei 2020   11:57 Diperbarui: 2 Mei 2020   12:06 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini dalam suasana keprihatinan menghadapi pandemic Covid-19. Sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada upacara bendera maupun kegiatan seremoni lainnya yang dapat menyebabkan terkonsentrasinya orang banyak dalam suatu tempat. 

Hal ini terkait dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional.

Memang setiap kali peringatan Hardiknas sebetulnya bukan seremoninya yang penting, melainkan bagaimana kita merefleksi sejumlah persoalan pendidikan yang dihadapi bangsa kita selama ini. Pandemi Covid-19 telah merevolusi kebijkaan dan praksis pendidikan kita. Banyak agenda pendidikan yang mengalami perubahan. 

Penyelengaraan Ujian Nasional (UN) yang selama ini menjadi pro dan kontra dengan adanya pandemi tak perlu jalan panjang untuk meniadakannya. 

Pembelajaran tatap muka yang menjadi strategi utama dalam pembelajaran sekolah berubah menjadi pembelajaran jarak jauh dan daring. Masih banyak lagi perubahan yang terjadi dalam Pendidikan sebagai imbas dari pandemi ini.

Lantas bagaimana kesiapan dunia pendidikan kita dalam menghadapi pandemi ini ?  secara umum dunia pendidikan belum siap untuk menghadapi perubahan-perubahan yang begitu cepat. Belum lagi jika kita berkaca pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment) yang mana kita masih tetap berada pada posisi yang memperihatinkan.

Setiap momentum Hardiknas merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mereflesikan Quo Vadis Pendidikan Kita ?. Kita sadar pada peringatan Hardiknas tahun ini masih banyak persoalan dan berbagai isu pendidikan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ditambah lagi permasalahan pendidikan dimasa pandemi Covid-19 yang menambah deret panjang persoalan pendidikan kita.

Sebagaimana judul tulisan ini "Quo Vadis Pendidikan Kita ?" yang memiliki makna mau dibawa kemana arah dan tujuan pendidikan kita atau dapat juga diartikan bagaimana visi dan misi pendidikan kita dimasa yang akan datang ? Jika pendidikan masih terus diintervensi kepentingan politik dan lainnya kemajuan pendidikan kita akan bersifat semu dan kamuflase. Kemajuan pendidikan kita hanya sebatas data dan angka dalam formulasi statistik saja.

Kebijakan pendidikan harus steril dari kepentingan politik sesaat dan bersifat lintas rezim, yang artinya siapapun dan dari golongan manapun menteri pendidikannya, kebijakanya harus berdasarkan pada persoalan pendidikan yang benar-benar yang terjadi dilapangan. Sehingga kebijakan pendidikan yang diambil tidak tumpang tindih atau bahkan berseberangan dengan kebiajakan menteri pendidikan sebelumnya.

Seringkali kebijakan pendidikan membuat bingung para guru dalam mengimplementasikannya. Hal ini berakibat kebijakan pendidikan tidak pernah tuntas dan selalu berganti sebelum dievaluasi secara matang. Ketika kebijankan pendidikan menjadi komoditas politik yang terjadi adalah ganti menteri ganti kebijakan. 

Seharusnya sebelum mengeluarkan kebijakan baru lakukan terlebih dahulu kajian-kajian yang matang dan komprehensif. Demikian juga ketika akan mengganti kebijakan dengan kebijakan yang baru, tentu harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Sehingga kebijakan pendidikan yang akan diambil tidak parsial dan tambal sulam.

Terkait dengan hal itu peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini mengambil tema "Belajar dari Covid-19". Situasi pandemi ini memberikan banyak pelajaran bagi dunia pendidikan kita. 

Sudah pasti upaya percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas yang menjadi target pendidikan kita semakin berat dan banyak menghadapi hambatan.  Era disrupsi yang kita hadapi saat ini menuntut kita untuk dapat cepat beradaptasi  dan terus berupaya meningkatkan kualitas kita.

Kita juga berharap seluruh lapisan masyarakat tetap dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas meski dalam situasi pandemi. 

Kita tidak boleh gagap dalam menghadapi dan mejalani proses pendidikan dimasa pandemic. Karena pendidikan berkualitas berperan sebagai moda bagi setiap anak Indonesia agar bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan menyiapkan masa depannya.

Kita sadar betul bahwa bangsa kita akan tumbuh menjadi bangsa yang maju dan disegani bangsa lain jika sumberdaya manusia kita unggul. Sumberdaya manusia yang unggul adalah sumberdaya manusia yang berkualitas, terdidik dan tercerahkan. Untuk melahirkan generasi yang berkualitas tentu harus di mulai proses pendidikan yang berkualitas.

Proses pendidikan yang berkualitas adalah proses pendidikan yang membekali tiga komponen kepada anak didik kita. Ketiga komponen tersebut adalah kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Komponen pertama adalah karakter, yang terdiri atas dua bagian yakni moral dan kinerja. Karakter moral berkaitan dengan integritas, kejujuran, empati dan lain sebagainya. Sedangkan karakter kinerja diantaranya terkait dengan inisiatif, tangguh, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan.

Komponen kedua adalah literasi (kecakapan) dasar, seperti literasi sains, literasi teknologi dan literasi budaya.  Pada awalnya makna literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca saja. Namun makna literasi kini berkembang luas dan menjadi jembatan untuk anak-anak kita dalam meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan komponen ketiga adalah komponen kompetensi, yakni merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh setiap individu dalam menghadapi kehidupannya. 

Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Sehingga membutuhkan kompetensi kemampuan kreatifitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan berkolaborasi.

Pada Hakekatnya pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan lebih jauh dari itu, yaitu bahwa pendidikan pada hakekatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun generasi mendatang.

Penulis adalah guru SMA Negeri 7 Cirebon, Penulis buku Quo Vadis Pendidikan Kita (Refleksi Satu Dekade Menyuarakan Pendidikan).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun