Mohon tunggu...
Asep Indra Niagara
Asep Indra Niagara Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMK Negeri 1 Talaga

Guru yang punya hobi belajar dan nonton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.3 - Visi Guru Penggerak

24 Oktober 2022   20:23 Diperbarui: 24 Oktober 2022   20:35 1007
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 -- Visi Guru Penggerak

Menggunakan Model DEAL (Description, Examination, and Articulation of Learning) dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009)

Descripton                        : Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W+1H

Examination                    : Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat             sebelumnya

Articulation of Learning      : Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan dimasa Mendatang

Description

Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W+1H

How (bagaimana kegiatan dilakukan)

Pembelajaran pada modul 1.3 -- Visi Guru Penggerak dilaksanakan secara asinkronus dan sinkronus melalui LMS dan Gmeet dengan runtutan kegiatan sebagai berikut : Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata

What (pengalaman apa yang terjadi)

Pembelajaran di awali dengan refleksi mandiri pada alur mulai dari diri untuk memaknai pentingnya VISI tentang murid dengan membuat "gambar" yang bertemakan "imajiku tentang murid di masa depan" dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana murid impian saya di masa depan. Pada tugas ini saya memimpikan murid-murid yang beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, mempunyai jiwa wirausaha sehingga dapat menciptakan peluang atau membuka usaha, ahli di bidangnya yaitu bidang Teknik Komputer dan Jaringan serta mampu bersaing secara global.

Saya juga menjabarkan murid impian saya di masa depan ini kedalam sebuah VISI. Dimana VISI saya yaitu : "Mewujudkan murid yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berjiwa enterpreneurship, kompeten dan berdaya saing global".

Setelah alur mulai dari diri pembelajaran mandiri dilanjutkan dengan eksplorasi konsep. Pada eksplorasi konsep ini saya mempelajari bagaimana mewujudkan VISI dan prakarsa perubahan  menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan BAGJA.

Kegiatan selanjutnya adalah Ruang Kolaborasi yang dibagi menjadi dua kegiatan yang dilaksanakan secara sinkronus melalui gmet yang dibimbing oleh fasilitator. Kegiatan yang pertama adalah berdiskusi dengan rekan CGP lain untuk merumuskan VISI dan pernyataan prakarsa perubahan dengan menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA), sedangkan kegiatan yang kedua adalah presentasi dari VISI dan pernyataan prakarsa perubahan yang telah disepakati kelompok.

Kegiatan selanjutnya adalah Demonstrasi Kontekstual yang dilaksanakan secara asinkronus untuk membuat VISI dan menurunkannya kedalam sebuah pernyataan prakarsa perubahan diri menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA). Setelah alur Demonstrasi Kontekstual kegiatan dilanjutkan dengan Elaborasi Pemahaman yang dilaksanakan secara sinkronus bersama Instruktur untuk lebih menajamkan pemahaman terkait modul 1.3.

Kegiatan pembelajaran yang selanjutnya adalah Koneksi Antar Materi untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul mulai dari modul 1.1, modul 1.2 dan modul 1.3. kegiatan pembelajaran modul 1.3 diakhiri dengan Aksi Nyata yang dilaksanakan disekolah masing-masing.

WHEN (kapan kegiatan dilaksanakan)

  • Mulai dari diri dilaksanakan pada tanggal 26 September 2022
  • Eksplorasi Konsep 27 -- 28 September 2022
  • Ruang Kolaborasi  29 -- 30 September 2022
  • Demonstrasi Kontekstual 3 -- 4 Oktober 2022
  • Elaborasi Pemahaman 5 -- 6 Oktober 2022

 WHO (siapa yang terlibat)

  • Fasilitator : Ibu Syinta Khefrianti
  • Pengajar Praktik : Ibu Lia Liana Iskandar
  • Instruktur : Ibu Cucu Hadiati
  • Calon Guru penggerak Angkatan 6 kelas 18

WHERE (dimana kegiatan ini dilaksanakan)

Kegiatan ini dilaksanakan dengan moda daring disekolah/rumah masing-masing secara asinkronus dan sinkronus melalui LMS guru penggerak dan zoom/gmeet. Sedangkan untuk aksi nyata dilaksanakan secara luring disekolah masing-masing.

WHY (mengapa kegiatan ini dilaksanakan)

Modul 1.3 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk :

  • mengartikulasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kalimat visi,
  • merumuskan kalimat visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi,
  • menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual, dan relevan,
  • memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari upaya untuk mencapai visi yang telah dirumuskan,
  • membuat rencana prakarsa perubahan di tempat di mana CGP berkarya menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif
  • menjalankan rencana prakarsa perubahan di tempat di mana CGP berkarya menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif

Examination

Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya

Pengalaman yang saya dapat setelah mempelajari modul 1.3 ini baik secara mandiri, berdiskusi dengan sesama CGP dan fasilitator dan juga penajaman dari instruktur diantaranya adalah : saya mulai memahami bagaimana mengartikulasikan Profil Pelajar Pancasila dalam suatu kalimat VISI yang dapat menggerakkan hati dan kolaborasi serta menentukan prakarsa perubahan sebagai upaya untuk mencapai visi yang telah dirumuskan

Articulation of Learning

Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan dimasa mendatang

Hal yang dipelajari : Cara menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi) sebagai pendekatan manajemen perubahan untuk menjalankan prakarsa perubahan sebagai bagian dari upaya untuk mencapai VISI yang telah dirumuskan.

Rencana untuk perbaikan dimasa mendatang : Dari hal yang sudah saya pelajari pada modul 1.3 ini saya akan mulai menganalisis dan merumuskan suatu prakarsa perubahan dan menjalankannya disekolah saya sebagai bagian dari upaya untuk mencapai VISI yang saya impikan terhadap murid-murid saya dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif (BAGJA)

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Asep Indra Niagara

CGP Angkatan 6 SMK Negeri 1 Talaga Kab. Majalengka

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun