Mohon tunggu...
Indra Rahadian
Indra Rahadian Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Swasta

Best In Fiction Kompasiana Award 2021/Penikmat sastra dan kopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen: Ketika Dunia Redupkan Tawa

15 Oktober 2022   18:31 Diperbarui: 17 Oktober 2022   22:02 1029
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perempuan di tepi jalan.| Foto: onebowl by Pixabay

Air mata Maya mengalir deras. Mati-matian ia menahan sakit di dada. Menyamarkan kesedihan pada irisan-irisan bawang. Dan dengan nafas tersengal-sengal, ia sekuat tenaga menenangkan diri. "Ada kehidupan yang harus dibenahi. Dan ada pekerjaan yang harus dituntaskan."

"Mbok Jum, ini pesanannya. Nah, dan ini buat jajan cucu Mbok di rumah," Roni menyerahkan sebungkus nasi goreng dan beberapa lembar uang kepada Mbok Jum. 

"Matur nuwun sanget nggih," Mbok Jum menerima pesanan dan uang, seraya merapatkan kedua tangan rentanya. 

Namun saat ingin mengucapkan terima kasih kepada Maya, dadanya seakan tersentak. Ingatan tuanya perlahan-lahan meraba wajah cantik yang tengah terpaku di ujung sana. 

Entah kenapa, Mbok Jum terlihat gelisah. Ia terburu-buru meraih karung, lalu berjalan tertatih-tatih seolah ingin mempercepat langkah. Dan rasa cemas tergambar jelas di raut wajahnya. 

**

Bocah lelaki berbaju lusuh berjalan lemas memasuki pemukiman kumuh. Melangkah lunglai pada gang sempit, pengap dan gelap. Deretan pintu kayu lapuk dan seng berkarat, menyambut di ujung jalan. 

Ia menyelipkan kecrekan yang terbuat dari tutup botol di sela-sela jendela rumah. Mendorong pintu pelan-pelan. Dan mengendap-endap masuk, lalu berbaring pada dipan bambu yang beralas spanduk partai politik. 

"Ke mana saja kau, Nak?" Mbok Jum yang tengah merapikan botol plastik ke dalam karung yang lebih besar, menyadari kehadiran cucunya di dalam rumah. 

"Bermain, Mbok," jawab sang bocah pelan. Matanya belum terpejam, ia masih menatap ke atas. Menerka bentuk jejak-jejak air di langit-langit kamar. Dan mengalihkan rasa lapar pada khayalan. 

"Makanlah, mbok bawa nasi goreng untukmu!" teriak Mbok Jum, sembari meletakkan bungkusan di atas tikar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun