Dalam pembelajaran di masa pandemi memang sangat penting adanya pendampingan orang tua  pembelajaran daring menuntut orang tua untuk ikut aktif dalam menstimulus semangat siswa dalam belajar terutama pada sekolah dasar yang dimana perlu adanya pendampingan langsung oleh orang tua karean masa usia dini merupakan masa dimana anak masa berkembang baik secara emosional dan pengetahuanpada usai dini juga anak  mampu menyerap informasi.tidak sedikit guru mengeluhkan tentang prestasi sisiwa yang menurun karena kurangnya pendampingan dalam pembelajaran daring.dalam permasalahan sekolah harus dapat membuat inovasi pembelajaran terkait dengan kordinasi guru dan orang tua karean bagai manapun keberhasilan dalam proses pembelajaran daring salahsatu penentunya adalah adanya peran orang tua.
Masa pandemic covid 19 memang sangat berpengaruh terhadap kegiatan sekolah yang mengharuskan belajar secara daring atau juga pembelajaran jarak jauh,tentu Langkah ini di ambil oleh pemerintah dengan segala konsekuensinya,Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan surat edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 dilingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 Pada satuan Pendidikan. Sedangkan pada tingkat Provinsi terdapat Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 440/0005942 Tentang Pencegahan Mata Rantai penyebaran Covid-19 maka kegiatan belajar mengajar mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini hingga tingkat menengah atas diliburkan berlaku mulai dari tanggal 16 Maret sampai tanggal 29 Maret 2020 serta berubah sesuai dengan surat edaran terbaru.
Dalam jaringan merupakan salah satu pembelajaran online atau menggunakan jaringan internet yang tidak harus dilakukan secara tatap muka antara pendidik dan peserta didiknya.Berdasarkan keputusan pemerintah maka dengan segala keterbatasan yang ada pembelajaran daring harus di ambil untuk itu perlunyaa kordinasi sekolah,guru dan orang tua,orangtua mempunyai peranan besar dalam pembelajaran daring khususunya pada sekolah PAUD dan sekolah dasar
Ada Keluhan  guru di SDI Baitul hikmah yang mengajar kelsa 4  dimana banyak para siswa yang hasil belajar yang menurun seperti jarang hadir di zoom meet,jarang mengumpulkan tugas,mengumpulkan tugas yang seadanya tidak maksimal,dan setelah di analisis ternyata rata-rata penyebabnya adalah tidak adanya pendampingan orang tua.banyak hal yang menyebabkan orang tua tidak dapat mendampingi anaknya salah satunya adalah karena orang tua yang sibuk kerja sehinga anaknya tidak terawasi dalam pembelajaran.ketika anak tidak mendapatkan perhatian khusus berdampak kepada proses belajar sisiwa dimana siswa lebih tidak aktif dalam belajar seperti jarang masuk dalam zoom meet,karena sudah tertanam dalam dirinya bhwa dia tidak mendapatkan perhatian dari sekelilingnya jarang bertanya
Masa usia dini merupakan masa golden age atau masa anak mudah menyerap segala informasi dan prilkau baik dalam belajar tentunnya orang dewasa seperti orang tua,dan guru jika di kaitkan dalam proses belajar di masa pandemi terutama orang yang paling dekat dengan si anak.agar anak mempunyai kebiasan yang baik dan terawasi orang tua.lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dalam dalam proses perkembangan dan pembentukun karakter anak seing ga pentingnya pengarah agar anak mempunyai rangsangan yang tepat dalam proses pembebentukan watakdan sifat dan sega hal yang di lakukan orang tua akan menjadi teladan
Melansir akun resmi Instagram Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( kemendikbud), Rabu (15/7/2020), berikut ini peran dari orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.Belajar dengan ,Beri semangat untuk Siswa juga ,Hubungi guru atau dinas
Banyak sekali keluhan guru mengenai kurangnya pendampingan pembelajaransalah satunya  guru di SDI Baitul hikmah yang mengajar kelsa 4  dimana banyak para siswa yang hasil belajar yang menurun seperti jarang hadir di zoom meet,jarang mengumpulkan tugas,mengumpulkan tugas yang seadanya tidak maksimal,dan setelah di analisis ternyata rata-rata penyebabnya adalah tidak adanya pendampingan orang tua.banyak hal yang menyebabkan orang tua tidak dapat mendampingi anaknya salah satunya adalah karena orang tua yang sibuk kerja sehinga anaknya tidak terawasi dalam pembelajaran.ketika anak tidak mendapatkan perhatian khusus berdampak kepada proses belajar sisiwa dimana siswa lebih tidak aktif dalam belajar seperti jarang masuk dalam zoom meet,karena sudah tertanam dalam dirinya bhwa dia tidak mendapatkan perhatian dari sekelilingnya jarang bertanya
Masa usia dini merupakan masa golden age atau masa anak mudah menyerap segala informasi dan prilkau baik dalam belajar tentunnya orang dewasa seperti orang tua,dan guru jika di kaitkan dalam proses belajar di masa pandemi terutama orang yang paling dekat dengan si anak.agar anak mempunyai kebiasan yang baik dan terawasi orang tua.lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dalam dalam proses perkembangan dan pembentukun karakter anak seing ga pentingnya pengarah agar anak mempunyai rangsangan yang tepat dalam proses pembebentukan watakdan sifat dan sega hal yang di lakukan orang tua akan menjadi teladan
Dari permasalah dan pemaparan di atas tentu ini menjadi permasalah yang sangat serius dalam dunia Pendidikan khusunya sekolah dasar dimana peran orang tua  sangat di di perlukan dalam pembelajaran di rumah karean keberhasilan pembelajaran daring ini menitik beratkan pada peran orang tua.anak usia sekolah dasar sangat membutuhkan pengarahan yang tepat dalam masa usia golden age untukmenumbuhkan sebuah  penyerapan informasi.dengan adanya kordinasi dengan guru sehingga terciptanya kolaborasi yang dapat menutupi kekurangan pembelajaran jarak jauh yang saat ini berlangsung
Untuk menhatasi masalah pendampingan Dalam pembelajaran daring guru harus mempunyai persiapan yang jelas dan bisa di pahamkan kepada orang tua dan wali dari si murid dan memberitahukan peran orang dewasa dalam pembelajaran daring.pentuluhan tentang peran apa saja  yang harus di lakukan orangtua dalam belajar.kemudia penting juga dalam penguasaan teknologi komunikasi baik yang secara langsung atau pun juga melalui media pembelajaran seperti video ,gamabr  dengan menggunakan aplikasi yang banyak tersedia saat ini,tentunya itu dapat meaksimalkan pembelajaran jarak jauh ini.
Masa pandemi pemang memaksa pembelajaran yang semula di laksanakan secara tatap muka menjadi secara jarak-jauh secara daring,Orang tua harus berperan aktif di masa pembelajaran daring dan juga terbuka dengan guru mengenai perkembangan anak selama di rumah terutama pada sekolah dasar di mana anak dalam usia golden age yang harus memerlukan pendampingan secara intens,orang tua di harapkan selalu memberikan edukasi kepada anak mengenai kondisi masa pandemi covid 19 untuk menjada Kesehatan dan menjadi motivasi dalam belajar.berdasarkan instruksi kemendikbud peran orang tua di masa pandemi covid 19 adalah menjaga keamanan anak,memotivasi belajar sisiwa,dan berkordinasi dengan guru terkait perkembangan dan kesulitan belajaran siswa.
Â
ReferensiÂ
Aisyiyah Timbang ,(2020).skripsi Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Widya Pratisca Asiba (2020)Pentingnya Teknologi Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid 19. Universitas Riau
Dini Nur Salamah, Allif Lulu Fauziah(2020) jurnal Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19
Nika Cahyati &Rita Kusumah(2020)jurnal Peran Orang Tua Dalam Menerapkan       Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19 Nika PGSD  STKIP Muhammadiyah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H