Ketika membuat konten terutama artikel, ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan. Agar strategi pemasaran konten yang dilakukan berhasil, Anda harus memastikan jika artikel yang dibuat bukan hanya interaktif, tetapi juga mempunyai performa yang baik di mesin pencari.
Artikel yang memiliki performa yang baik di mesin pencari merupakan artikel SEO friendly. Penulisan jenis artikel ini tidak dapat asal-asalan, bahkan membutuhkan sejumlah kriteria khusus. Sebenarnya, apa saja ciri artikel SEO friendly yang berkualitas?
Ciri Artikel SEO Friendly yang Berkualitas
Berikut sejumlah ciri artikel SEO Friendly yang berkualitas, antara lain:
1. Memiliki Kata Kunci yang Tepat
Ciri pertama artikel SEO friendly adalah menggunakan kata kunci dengan tepat. Kata kunci yang tepat adalah kata dengan volume pencarian besar, sesuai niche website serta persaingan yang kecil.
Kata kunci dengan volume pencarian besar menunjukkan bila kata kunci tersebut banyak dicari audiens, sehingga jika artikel mengandung kata kunci tersebut, artikel berpotensi menarik banyak pembaca.
Sedangkan, kata kunci yang mempunyai persaingan kecil bisa memudahkan Anda untuk menempati posisi paling atas di Google, karena belum banyak kompetitor atau penulisnya.
2. Sesuai dengan Intent Pengguna
Intent merupakan informasi yang diinginkan pengguna saat mengetik kata kunci di Google. Artikel yang sesuai dengan intent pengguna merupakan ciri-ciri SEO friendly. Hal tersebut disebabkan karena intent yang tepat bisa menjawab kebutuhan pencarian konten.
Saat pengunjung memperoleh informasi yang mereka inginkan, mereka akan berlama-lama membaca artikel, ini membuat Google menganggap jika artikel yang Anda buat bermanfaat serta memerlukan ranking tinggi.
3. Memiliki Struktur yang Jelas
Artikel dengan SEOÂ friendly yang berkualitas memiliki struktur yang baik. Struktur artikel ini akan memudahkan pengunjung untuk memahami artikel. Biasanya, struktur dibagi menjadi 3 yaitu pembuka, isi kemudian penutup.
4. Fokus Pada Sebuah Topik
Artikel SEO juga fokus pada salah satu penjelasan. Artikel yang fokus pada sebuah penjelasan bukan hanya tidak akan memudahkan para pembaca, tetapi topik yang disampaikan bisa lebih runut.
Contohnya, dalam artikel "jasa penulis artikel", artikel yang dibuat harus fokus pada promosi dengan menampilkan kelebihan atau review pelanggan terhadap jasa tersebut. Jika ingin membahas jasa artikel bahasa Indonesia, Anda harus menulis artikel yang berbeda, sehingga Anda bisa membahasnya lebih lengkap dan dalam.