Mohon tunggu...
Indovoiceover
Indovoiceover Mohon Tunggu... Tutor - www.indovoiceover.com

Indovoiceover is a voice-over agency established in 2014 and has quickly become one of the Indonesia’s leading agencies. Indovoiceover are affiliate with www.waiwaistudio.com as a sister company who already established and well known for audio post production quality with many clients around the globe. We have a wide range of talents from deep corporate sound to amazing film trailers voices. Now we are here bringing you a new product who focused in voices with new team, spirit and same passion as dedicated to voices business. If you are voice actors or voice over talents would like to enter the market place, send us a voices demo.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tahap Memasarkan Diri Sebagai Voice Over Talent

13 Februari 2019   19:00 Diperbarui: 8 Mei 2019   11:53 1578
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Audacity-Windows | sumber: www.wikipedia.org

Banyak datang pertanyaan kepada kami, bagaimana sih cara untuk memulai karir sebagai Voice Over Talent?

Untuk memulai karir sebagai Voice Talent atau untuk mendapatkan project pertama maka yang diperlukan adalah sebuah Demo yang bagus berisi Voice Sample. Demo yang akan didengarkan oleh Voice Agent, Client atau untuk di submit ke Voice Over Market Place, jadi Demo tersebut haruslah bagus dan rapih baik itu dari segi kualitas audio maupun editing hasil rekaman.  Pada Blog Post Indovoiceover.com kali ini akan membahas secara singkat mengenai tahapan dari awal hingga akhir, ada 5 tahapan dasar yuk mari kita mulai.

1. Script / Naskah

Ya kita membutuhkan naskah untuk materi kita merekam Demo Voice Over, ada beberapa tips untuk memilih atau membuat naskah.

Pertama adalah pilih yang singkat, padat dan enak untuk diucapkan alasannya adalah kebanyakan dari Produser, Casting Agent atau Client hanya mendengarkan 10-15 detik awal jadi usahakan buat singkat.

Kedua adalah pilih naskah yang menggambarkan kharakter suara kita, contohnya adalah kalo suara kita berat atau kita bisa voice akting maka kita bisa memilih naskah seperti film trailers atau naskah film animasi.

Tips ketiga adalah hindari naskah Bahasa Inggris kalau Inggris kita pas-pasan karena ini bisa jadi menunjukan kelemahan kita. Kita bisa fokus di naskah Bahasa Indonesia atau bahkan Narasi Bahasa Indonesia dengan dialek atau aksen Daerah seperti Jawa, Batak atau Bali.

2. Recording

Untuk merekam Voice Over kita bisa menyewa Studio Rekaman di daerah sekitar kita tinggal, namun kita juga perlu menyiapkan budget untuk biaya sewa studio. Atau kita bisa merekam sendiri dirumah dengan peralatan yang kita punya seperti Laptop, USB Microphone, Headphone dan Ruangan yang mempunyai akustik bagus.

Detail mengenai equipment rekaman voice over akan kita bahas lebih lanjut pada Blog Post Indovoiceover.com selanjutnya.

3. Editing

Ada beberapa perangkat lunak atau software editing yang bisa kita gunakan untuk merekam dan editing hasil rekam narasi. Untuk pemula kami menganjurkan menggunakan Software yang memang Freeware (Gratis) atau Software yang memang sudah ada pada Operating System komputer kita.

Pertama bagi pengguna Windows bisa menggunakan Audacity http://audacity.sourceforge.net/download/

Software Freeware serbaguna dan mudah digunakan.

Kedua adalah Garage Band untuk pengguna Komputer Apple Macintosh. Garage Band adalah software yang Pre-Installed di semua Mac, easy to use dan terdapat banyak fitur lanjut untuk editing suara (Voice Over). Audacity juga bisa beroperasi di Mac.

4. Pre-Marketing

Setelah kita melewati tahap Recording & Editing maka kita siap untuk memasarkan Demo Voice Over. Pastikan kita juga sudah menyiapkan beberapa file pendukung untuk proses Marketing kita seperti:

a. Foto, hindari foto pribadi dengan gaya atau pose yang kita gunakan di Social Media seperti Facebook atau Twitter. Ingat walaupun yang kita jual adalah suara kita namun Produser, Casting Agent atau Client melihat Profile kita melalui avatar baru kemudian mereka mengklik Demo Voice Over kita. Jadi usahakan gunakan foto yang menarik dan terlihat professional.

b. Profile, file profile berupa text yang berisi deskripsi suara kita, pengalaman dan keseriusan kita dalam menekuni Voices Business.

c. File Demo Voice Over, tentu saja ini menjadi yang sangat penting. Siapkan 2 format file yaitu WAV dan MP3. Rename file dengan Nama kita lalu isi file. Contoh: Agung_VoiceOver_Demo.mp3

Kenapa MP3 menjadi penting, adalah karena size nya kecil memudahkan kita untuk melakukan pengiriman File Demo melalui media yang terbatas seperti email. Lalu WAV dibutuhkan saat calon Produser, Casting Agent atau Client membutuhkan file dengan resolusi audio lebih baik.

5. Marketing

Setelah semua siap, kita bisa mulai memasarkan Demo Voice Over kita melalui Social Media Profesional seperti Linkedin, Sound Cloud untuk menaruh file audio Demo Voice Over dan Youtube (Search Engine terbesar no.2 setelah Google). Lalu kita bisa gabung ke beberapa website seperti :

a. www.elance.com

b. www.freelancer.com

c. www.odesk.com

d. www.voice123.com/

e. www.voicebunny.com

Di Blog Post Indovoiceover.com selanjutnya akan kami bahas detail satu persatu Marketplace diatas. Selamat Mencoba!

Source : http://indovoiceover.com/tips-membuat-demo-voice-over-sample/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun