INDONESIANEWSCHANNEL, Jakarta - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) memiliki komitmen yang kuat untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri dan meraih kesuksesan di tahun 2023.Â
Melalui pendekatan inovatif, ekspansi yang strategis, dan optimalisasi yang tepat, Perseroan siap menghadapi berbagai tantangan dan mengambil peluang yang ada.
Pada acara Public Expose yang berlangsung pada Jumat, 30 Juni 2023, Board of Directors PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengungkapkan rencana dan strategi penting yang akan menjadi poin krusial bagi perusahaan dalam menghadapi tahun yang menantang ini.
Bingar Egidius Situmorang, selaku Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, dengan penuh keyakinan menyampaikan, "Kami menerapkan motto GPS yang berfokus pada tiga prinsip utama, yaitu GROWTH, PROFIT, dan SOLID. Dengan pendekatan ini, kami selalu mengedepankan pola pikir pertumbuhan yang kuat, mengutamakan keuntungan, serta membangun kerja sama tim yang kokoh. Semua ini membawa keyakinan bahwa kami dapat mencapai kinerja optimal dan meraih kesuksesan jangka panjang."
Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga pertumbuhan dan profitabilitas, PT Mustika Ratu Tbk telah berhasil memperoleh persetujuan izin prinsip untuk melakukan divestasi aset entitas anak Perseroan.Â
Properti tersebut sebelumnya dibeli atas nama PT Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd pada tahun 1996. Rencana divestasi ini membawa potensi besar dalam pengembangan bisnis Perseroan.
Menurut laporan Global Economic Prospect June 2022 (GEP) yang diterbitkan oleh Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat secara signifikan dari 5,7% pada tahun 2021 menjadi hanya 2,9% pada tahun 2022.Â
Meskipun tantangan perlambatan ekonomi global dan tekanan inflasi yang semakin meningkat masih terjadi, PT Mustika Ratu Tbk berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp285,18 miliar pada tahun 2022.
Pertumbuhan yang luar biasa terjadi pada penjualan online produk unggulan seperti Brightening Bengkoang Series dan Instabright Glow, dengan pertumbuhan mencapai 162% dibandingkan tahun sebelumnya.Â
Selain itu, produk Face Care dan Beauty Queen juga mengalami pertumbuhan positif masing-masing sebesar 43% dan 17%. Pada tahun 2022, inovasi produk menjadi salah satu fokus utama PT Mustika Ratu Tbk.
Di samping inovasi produk, Perseroan juga terus memperkuat distribusi dengan go-to-market strategy produk dalam kategori Holistic Beauty dan kategori Health & Wellness melalui semua channel outlet yang relevan. Mulai dari menangkap basis konsumen baru untuk produk-produk unggulan Perseroan melalui kampanye brand yang kreatif dan targeted dengan mengoptimalkan digital channels dan selebriti. Serta melakukan optimalisasi saluran penjualan termasuk e-commerce, peritel modern (nasional dan lokal), onmi channels dan general trade.
Perseroan menjalin kerja sama yang erat dengan Marriott International Group, perusahaan perhotelan terbesar di dunia. Kerja sama ini merupakan wujud dari ekspansi produk kecantikan dan perawatan pribadi premium ke rantai bisnis perhotelan yang akan membawa manfaat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI