Apa Itu Ritel?
Ritel adalah salah satu sektor bisnis yang bersifat non-kontrak dan bergerak paling cepat. Ritel sangat kompetitif dan merupakan industri dimana inovasi selalu menjadi sebuah lanskap.Â
Jika seseorang masuk dalam industri ritel, dia mungkin akan mengalami perubahan konstan dan perubahan dalam model bisnisnya. dalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Organisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer.
Pada praktiknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil. Beberapa manfaat ritel adalah, menciptakan tersedianya pilihan akan kombinasi sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen, memberikan penawaran produk dan jasa dalam unit yang cukup kecil sehingga memungkinkan para konsumen memenuhi kebutuhannya.
Big Data analitik kini diaplikasikan pada setiap tahapan dari proses retail. Mulai dari memprediksi tren produk yang populer, meramalkan di mana permintaan yang tinggi untuk produk-produk tersebut, mengoptimalisasi harga yang kompetitif, mengidentifikasi ketertarikan konsumen pada produk tertentu serta mencari cara terbaik untuk menjualnya kepada mereka, dan pada akhirnya menentukan produk apa yang selanjutnya dapat dijual pada mereka.
Big Data Dan Industri Ritel
Seperti yang kita tahu, dalam dunia industri akan selalu ada persaingan, dan dalam setiap persaingan akan ada sebuah keputusan yang harus yang harus dibuat secara akurat dalam sebuah organisasi.Â
Dengan menggunakan big data, organisasi atau pesaing-pesaing dapat melihat pelanggan lebih dalam dan mengungkap tren tersembunyi yang dapat menciptakan peluang-peluang baru, big data memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memprediksi tren dengan mengumpulkan informasi-informasi dengan sangat cepat dan akurat, selain itu big data dapat memahami pelanggan serta memprediksi perilaku pelanggan.
Minat pelanggan sangat penting dalam sebuah industri ritel, jika sebuah industri ritel mengharapkan konsumen yang lebih besar, industri tersebut dapat menggunakan big data analitik untuk mengetahui atau memprediksi tren-tren yang ada yang bisa menjangkau pelanggan atau menarik minat pelanggan yang cukup besar.Â
Tidak hanya itu, big data analitik juga mampu digunakan dalam sebuah toko untuk membantu memahami perilaku pelanggan dan memantau pergerakan konsumen, melihat riwayat pembelian produk yang dilakukan oleh seorang pelanggan dan penelusurannya, dll. Dengan ini, big data sanggup memprediksi kebutuhan dan minat pelanggan-pelanggan yang ada.
Sebuah industri yang menggunakan big data, organisasi tersebut dapat mengoptimalkan produk yang ada dan menimbang kembali harga-harga produknya. Selain itu, jika organisasi tersebut memiliki data yang tidak terstruktur, big data dapat membantu memecahkannya, lalu kemudian big data akan menggunakan data ini untuk membuat rangkaian runtime dan analisis akar masalah, dengan ini jika perindustrian mengalami sebuah masalah tidak perlu khawatir selagi mereka memiliki big data.
Kesimpulan
Penggunaan big data dalam industri ritel di Indonesia sangatlah penting, dikarenakan big data sangat membantu dalam sebuah persaingan antar organisasi, membantu memecahkan masalah jika terjadi pada sebuah industri yang ada, bahkan big data dapat mencari informasi mengenai tren-tren yang baru dan dapat membantu memahami pelanggan dan mengawasi atau memantau lalu lintas konsumen. Tetapi di sisi lain penggunaan big data di Indonesia  masih sangat minim, dikarenakan kurangnya teknologi yang mendukung, padahal big data sangat penting untuk kemajuan sebuah industri ritel di Indonesia.
Oleh karena itu industri ritel di Indonesia sangatlah membutuhkan software bernama PAQUES, karena dengan software ini kita dapat memperoleh informasi-informasi tentang para pelanggan dan informasi mengenai tren-tren yang terbaru, yang memungkinkan membuat perusahaan menjadi semakin maju dan semakin besar penghasilannya bagi tiap-tiap karyawan. Salah satu faktor penyebab PAQUES sangat berperan penting dalam industri ritel di Indonesia, selain dapat memperoleh informasi mengenai pelanggan dan informasi mengenai tren-tren yang ada, dengan menggunakan PAQUES kita mampu dengan mudah memecahkan sebuah masalah jika masalah tersebut mengenai data-data yang tidak terstruktur atau data-data yang tidak bisa diolah oleh software lainnya.
Pengguna retail -- besar maupun kecil -- telah menuai keuntungan dari menganalisa data terstruktur selama bertahun-tahun, namun mereka baru saja memahami analisa data yang tidak terstruktur. Padahal tidak diragukan lagi bahwa terdapat banyak potensi yang belum terjamah dalam media sosial, feedback konsumen, potongan video, rekaman percakapan telepon, dan data-data GPS.Â
Keuntungan besar akan datang pada perusahaan yang selalu mencari solusi terbaik untuk meningkatkan performanya, dan menjadi inovatif serta menggunakan analitik merupakan beberapa solusi terbaik yang dapat dilakukan dibanding hanya dengan mengumpulkan tumpukan data berjumlah besar dan hanya melihat data tersebut tanpa melakukan apapun. Â Â Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H