Mohon tunggu...
indira dyviaamanda
indira dyviaamanda Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswi

saya sangat suka menonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Kinerja Keuangan Terhadap PT. Shopee International Indonesia

20 Juni 2024   20:21 Diperbarui: 20 Juni 2024   20:46 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem pengendalian kinerja keuangan adalah serangkaian prosedur, kebijakan, dan mekanisme yang dirancang untuk memastikan bahwa kegiatan keuangan suatu organisasi berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengontrol, memonitor, dan mengevaluasi kinerja keuangan organisasi agar dapat mencapai efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan.  

Sistem pengendalian kinerja keuangan sangat penting untuk mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan organisasi, meminimalkan risiko keuangan, dan memastikan akuntabilitas. Melalui adanya sistem ini, manajemen dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi keuangan yang dapat diandalkan dan akurat.

Pandangan mengenai sistem pengendalian kinerja keuangan dapat bervariasi, tetapi secara umum, ahli-ahli di bidang manajemen, keuangan, dan akuntansi setuju bahwa sistem tersebut memiliki peran penting dalam mencapai tujuan keuangan suatu organisasi.

PT. Shopee Internasional Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak  dibidang penjualan produk secara online. PT. Shopee Internasional Indonesia dikenal dengan aplikasi Shopee. 

Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile yang berbasis e-commerce untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer. Masuknya Shopee ke pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan baru mulai beroperasi pada akhir Juni 2015 di Indonesia. 

Shopee merupakan anak perusahaan dari Garena yang berbasis di Singapura. Shopee telah hadir di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Shopee Indonesia beralamat di JL. Letjen. S. Parman, Palmerah Wisma 77 Tower 2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410, Indonesia. 

Shopee hadir di Indoenesia untuk membawa pengalaman berbelanja baru. Shopee memfasilitasi penjual untuk berjualan dengan mudah serta memfasilitasi pembeli degan proses pembayaran yang aman dan pengaturan logistik yang terintegrasi. Adapun pengguna Shopee adalah kalangan muda yang saat ini terbiasa melakukan kegiatan dengan gadget termasuk kegiatan berbelanja. Untuk itu Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobil untuk menunjang kegiatan berbelanja yang cepat, mudah dan efisien.

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan ataupun cita-cita yang ingin dicapai supaya eksistensi perusahaan terus terjaga di dalam dunia usaha. Pentingnya visi dan misi bagi suatu organisasi yaitu supaya terarah sehingga diharapkan dapat bertahan dalam waktu yang panjang, mengalami kemajuan, dan terus berkembang. Shopee merupakan perusahaan besar, dan memiliki visi dan misi.

Visi dari Shopee yaitu :

"Menjadi mobile marketplace nomor 1 di Indonesia".

Kemudian untuk mewujudkan visi tersebut, Shopee menetapkan misi sebagai tahapan yang dilakukan untuk mencapai visi perusahaan. Misi Shopee yaitu sebagai berikut :

"Mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para penjual di Indonesia".

Tujuan didirikannya Shopee Indonesia adalah, karena percaya pada kekuatan transformatif dari teknologi yang bisa mengubah dunia menjadi lebih baik, melalui platform yang menghubungkan penjual dengan pembeli dalam satu komunitas.

PT. Shopee International Indonesia memiliki tata nilai yang berfokus pada visi-misi, budaya kerja, dan nilai-nilai perusahaan. Beberapa nilai yang dijunjung tinggi oleh PT. Shopee International Indonesia adalah:

  • "We Serve": Melayani pelanggan dengan baik.
  • "We Adapt": Beradaptasi dengan perubahan dan dinamika bisnis.
  • "We Run": Berinisiatif dan aktif dalam berbagai aktivitas.
  • "We Commit": Berkomitmen pada tujuan dan target.
  • "We Stay Humble": Selalu rendah hati dan bersedia belajar.

PT. Shopee International Indonesia juga memiliki budaya kerja yang terbuka, kolaboratif, dan menyenangkan, serta memberikan peluang diskusi terbuka bagi karyawan. Perusahaan ini juga memiliki program pelatihan dan pengembangan diri yang meliputi "Leader Summit", "Shopee Academy's Mentorship Program", dan "Computer programming & Coding training" untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Anggaran kas yang disusun oleh PT. Shopee International Indonesia memiliki anggaran dan keuangan yang signifikan. Berikut adalah beberapa informasi terkait:

Pendapatan: Dalam laporan keuangan kuartal I 2022, Shopee mencatatkan pendapatan sebesar US$1,5 miliar.

Implementasi Manajemen Keuangan: PT Shopee Indonesia telah menerapkan konsep manajemen keuangan yang efektif, meliputi perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset perusahaan. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Biaya Administrasi: Biaya administrasi Shopee untuk penjual di Indonesia meliputi berbagai biaya, seperti biaya listing, biaya pengiriman, dan biaya lain-lain. Biaya-biaya ini dikenakan untuk memastikan operasional yang lancar dan meningkatkan kualitas pelayanan.

PT Shopee International Indonesia memiliki pendapatan yang signifikan dan telah menerapkan manajemen keuangan yang efektif.

Perencanaan strategis dan operasional PT Shopee International Indonesia melibatkan beberapa strategi dan keputusan yang dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan bisnisnya. Berikut adalah beberapa Strategi :

  • Strategi Internasionalisasi: Shopee menggunakan strategi Born Globals, yang memungkinkan perusahaan untuk langsung berekspansi secara internasional sejak awal. Strategi ini dilakukan dengan memahami pasar internasional, memiliki perspektif global, dan memiliki hubungan internasional yang kuat

  • Strategi Pemasaran: Shopee menawarkan fitur live chat yang memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli, serta menawarkan pengalaman belanja online yang mudah dan cepat. Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara masal dan menekan biaya operasional
  • Desain Kantor: Shopee Jakarta Office memiliki desain yang modern dan efisien, dengan penggunaan teknologi informasi yang memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Desain ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kepuasan kerja staf, serta untuk menstimulasi kerja sama dan budaya keterbukaan antar departemen.
  • Analisis Perencanaan Strategik: Analisis perencanaan strategik Shopee membahas tentang pengertian Shopee sebagai marketplace online yang dirancang untuk menyuguhkan pengalaman belanja online yang mudah. Analisis ini membantu dalam meningkatkan strategi bisnis dan meningkatkan keberhasilan Perusahaan .

Perencanaan Operasional :  Shopee memiliki perencanaan operasional yang efektif, dengan penggunaan teknologi informasi yang memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Perencanaan ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keamanan operasional.

          Perencanaan strategis dan operasional PT Shopee International Indonesia melibatkan berbagai strategi dan keputusan yang dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan bisnisnya

Pelaksanaan dan pengukuran kinerja PT Shopee International Indonesia telah dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan. Berikut adalah beberapa pelaksanaan dan pengukuran kinerja :

  • Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan:

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan mengumpulkan data dari 75 responden karyawan PT. Shopee International Indonesia, South Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan motivasi memiliki pengaruh sebagian terhadap kinerja karyawan. Pelatihan dan motivasi diberikan oleh PT. Shopee International Indonesia melalui diskusi terbuka, evaluasi khusus dengan supervisor, dan kesempatan bergabung dengan divisi lain yang sesuai dengan minat dan bakat karyawan.

  • Pengaruh Pelatihan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: 

Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dan mengumpulkan data dari 67 responden karyawan PT Shopee Content Quality Control Singapura di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan, peningkatan sumber daya manusia, dan fasilitas kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan pekerja. PT Shopee memahami pentingnya kualitas sumber daya manusia dan memberikan kesempatan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

  • Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Aplikasi Shopee: 

Penelitian ini menggunakan metode PIECES Framework untuk menganalisis data dan mengetahui tingkat kinerja sistem aplikasi Shopee. Kepuasan pengguna terhadap layanan berbasis aplikasi mobile diukur dengan kerangka kerja PIECES untuk mengetahui tingkat puas pengguna terhadap layanan.

  • Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: 

Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh langsung dan positif terhadap kinerja karyawan PT Shopee International Indonesia. Semakin nyaman lingkungan kerja, maka dapat meningkatkan kinerja karyawan.

  • Evaluasi Program Shopee Affiliates: 

PT Shopee International Indonesia melakukan evaluasi program Shopee Affiliates untuk melihat keberhasilan atau kegagalan program. Evaluasi ini membantu perusahaan mengetahui sejauh mana objective program tercapai dan memberikan kesempatan perbaikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun