Mohon tunggu...
Indira Maharani
Indira Maharani Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan SDM, Pelatih dan Pembelajar yang ingin berbagi pengalaman serta hal yang menarik seputar organisasi dan budaya

www.culture-energy.com @culture_energy https://www.linkedin.com/in/indira-m-90959b111/

Selanjutnya

Tutup

Money

Kekuatan Sebuah Credo (Janji) Perusahaan

2 November 2021   17:13 Diperbarui: 2 November 2021   18:45 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mari mengingat kembali saat kita lihat iklan pepsodent apa yang kita ingat, "Senyum Cemerlang, Senyum Pepsodent" kemudian ada hal lain yang kita ingat bahwa di iklan tersebut kita perlu menggunakan pasta gigi penuh sepanjang ukuran bulu sikat yang ada dan terakhir ditarik menjulang keatas. kekuatan sebuah janji pepsodent untuk selalu membersamai keluarga indonesia dengan senyum lebar dan cemerlang adalah gambaran sebuah Brand Promise yang diberikan kepada masyarakat.

Lalu bagaimana mewujudkan senyum cemerlang itu adalah memastikan bahwa selalu ada senyuman di tiap iklan promosi yang tergambar secara visual di masyarakat agar saat masyarakat tersenyum, ada hal yang selalu mereka ingat yaitu menggunakan pepsodent sebagai pasta gigi. 

Hasilnya sebagai konsumen saya adalah salah satu yang sampai saat ini masih setia dengan Brand ini dan mungkin juga masyarakat luar lainnya kita tau bahwa pepsodent adalah produk dari produsen Unilever dimana Pepsodent adalah merek pasta gigi paling tua di Indonesia. Dengan Misi yang diketahui dalam memberikan solusi dan permasalahan gigi bagi Keluarga Indonesia.

Jadi dimana semua brand produk lama berjuang demi keberlangsungan produk atau jasanya dalam era kompetisi yang semakin dinamis, selalu ada hal yang diingat dalam sebuah janji yaitu adalah credo. biasanya credo di dalam perusahaan di gunakan sebagai affirmasi positif untuk melahirkan kinerja tertentu yang dianggap sebagai target atau sasaran yang utama dalam membawa produk atau layanan tersebut baik secara internal maupun eksternal. 

Maka Jika ada sebuah perusahaan Manufacture yang ingin menerapkan "Zero Defect" atau "Zero Accident" Maka Credo atau janji apa yang ingin anda sertakan sebagai affirmasi dalam berkegiatan mereka sehari - hari sehingga setiap anggota perusahaan atau organisasi memahami kebermaknaan dirinya untuk selalu menjaga credo tersebut setiap saat dalam menjalankan perannya.

Affirmasi tersebut bukan hanya mampu masuk ke dalam tatanan mindset berfikir tapi juga mendorong semua pihak untuk menyelaraskan strategi, sasaran dan  cara kerja yang optimal untuk mendukung pencapaian nya. Sehingga Meaningful Work akan mampu diwujudkan dalam membuat karyawan anda merasakan lebih terbimbing dengan arah tujuan perusahaan yang diinginkan. 

Hasilnya Bukan tidak mungkin Target yang tadinya mungkin tidak dirasa memungkinkan diwujudkan mampu diwujudkan dengan optimalisasi hasil kinerja kolektif.

Jadi jika janji anda adalah "We do what we promise", "We Going Beyond to your needs" maka perilaku seperti apa yang penting untuk dikembangkan dalam mendukung tatanan berfikir, Berkehendak dan Berperilaku di dalam organisasi perlu diselaraskan untuk mendukung Tujuan akhir dari perusahaan secara baik dan optimal. Nilai - Nilai seperti apa yang penting untuk anda tetapkan sebagai bentuk kekuatan pendorong dalam mewujudkan hal tersebut? 

1. Menentukan Hal yang perlu dilakukan konsisten dalam jangka waktu panjang untuk menghasilkan kinerja perusahaan yang sesuai harapan (Misal : Integritas)

2. Mempertimbangkan struktur organisasi yag ingin dibangun (Misal apakah perusahaan tersebut menganut sistem organisasi Holacracy) akan berbeda dengan struktur hierarkhi

3. Melihat bagaimana cara berkomunikasi perusahaan dengan Internal dan eksternal yaitu para karyawan serta para customer serta para komunitas eksternal yang mungkin terhubung dengan organisasi  ( apakah nilai yang ingin dibawa dalam keterhubungan itu)

Jika tidak maka janji hanya tinggal janji, dan pendukung organisasi anda juga akan melihat bagaimana organisasi anda berinteraksi dalam tatanan mindset yang hanya ada seperti persepsi dalam pemikiran mereka dan dalam jangka waktu yang panjang hal ini tidak akan dapat berlangsung dengan baik tanpa adanya kejelasan (Clarity) akan bagaimana menepati sebuah janji.

Terima kasih sudah membaca Artikel ini, Salam Hormat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun