Praktik Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Bagi Peserta Didik di Daerah Pesisir dalam Mendukung Merdeka Belajar
Indar Rizky, S. Pd.
(Mahasiswa PPG Bagi Calon Guru Gelombang II Prodi Matematika FKIP Universitas Islam Sultan Agung)
Mata Kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
Dosen Pengampu : Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd.
Setiap peserta didik tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang membentuk karakteristik setiap peserta didik yaitu lingkungan di mana mereka lahir dan tumbuh berkembang. Peserta didik yang tinggal di daerah pesisir cenderung memiliki karakteristik tegas, keras, dan terbuka. Tak jarang pula peserta didik yang tinggal di daerah pesisir pantai memiliki nada bicara lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik lainnya.
Salah satu sekolah yang memiliki mayoritas peserta didik dengan latar belakang tinggal di daerah pesisis yaitu SMA Islam Sultan Agung 03. Karakteristik peserta didik yang cukup melekat di sekolah tersebut yaitu kebiasaan berbicara dengan nada bicara yang tinggi. Peserta didik juga membutuhkan pendisiplinan yang tegas untuk menciptakan pembiasaan islami yang baik. Selain itu, peserta didik juga memiliki kemampuan yang berbeda.
Kondisi tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk dapat memberikan pembelajaran di kelas, tak terkecuali pembelajaran matematika. Sebagian besar peserta didik menganggap mata pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga mereka kurang senang dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, guru memerlukan energi lebih agar dapat menciptakan pembelajaran matematika yang bermakna di kelas.
Salah satu cara yang dilakukan oleh guru dalam memberikan pembelajaran matematika di kelas yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran ini akan menciptakan pembelajaran yang bermakna sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik di kelas.
Pembelajaran matematika di SMA Islam Sultan Agung 03 telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Guru telah mengenal kemampuan dan keterampilan setiap peserta didik dengan baik. Guru juga telah memahami karakteristik peserta didik yang sebagian besar bertempat tinggal di daerah pesisir. Dengan bekal tersebut, guru mampu menciptakan pembelajaran matematika yang merdeka.