Mohon tunggu...
Indar Cahyanto
Indar Cahyanto Mohon Tunggu... Guru - Belajar

Belajarlah untuk bergerak dan berkemajuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Giat MGMP Sejarah DKI Jakarta

3 Februari 2023   21:26 Diperbarui: 3 Februari 2023   21:33 717
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini guru sejarah yang tergabung dalam giat pengurus musyawarah guru mata pelajaran sejarah berkumpul di SMAN 68 Jakarta yang berlokasi di daerah Jakarta Pusat. Berkumpul untuk bersilaturahmi dan belajar bersama membuka cakrawala berfikir sesama guru sejarah se Provinsi DKI Jakarta. Pertemuan pada kali ini hanyalah pengurus MGMP Sejarah dan Perwakilan dari 5 wilayah kota se DKI Jakarta.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah merupakan tempat atau wadah pembinaan bagi guru mata pelajaran sejarah dalam rangka pengembangan diri dan mengaktualisasikan kompetensi yang dimilikinya. Tempat bertukar gagasan dan informasi terkait kompetensi pengembangan diri guru sejarah. Terpenting tempat belajar kembali untuk menstimulus dan mengupdate pengetahuan yang tertinggal.

Pertemuan hari ini memang dirancang oleh pengurus MGMP Sejarah Provinsi DKI Jakarta untuk membicarakan masalah kisi-kisi sejarah dan kaidah penulisan soal yang sesuai ketentuan kementrian pendidikan dan kebudayaan RI. Serta ada satu yang istimewa melepas salah satu rekan sejawat yang telah memasuki purna tugas bapak I Wayan Sumendra. Sosok senior sejarah yang tak pernah absen dalam rangka kegiatan MGMP Sejarah karena merupakan pengurus aktif di MGMP.

Dokpri
Dokpri

Pembukaan dari Ibu Marlina sebagai pengantar diskusi pada pagi tadi terkait pembuatan naskah soal sejarah. Dalam pembuatan naskah soal harus melihat acuan yang sudah diberikan dari kementrian. Sehingga guru sebagai penulis soal tinggal membaca dan memahami bagaimana konsep membuat soal yang baik menurut aturan kementrian. Harapannya adalah soal itu dapat diselesaikan dengan baik oleh peserta didik dalam mendapatkan nilai prestasi akademik.

Tes prestasi akademik digunakan untuk mengukur kemampuan atau kompetensi seseorang setelah menjalani proses pembelajaran. Tes ini penting dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan lembaga kependidikan untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. 

Dalam hal ini guru dapat membuat soal  yang sesuai standar kelayakan dan kompotensi yang hendak dicapai. pengukuran tes prestasi akademik dapat dibagi menjadi dua bentuk, yaitu tes buatan pendidik dan tes standar. Bentuk tes yang dibuat oleh pendidik berbeda dengan bentuk tes standar. Bentuk tes yang dibuat pendidik bisa sangat bervariasi, misalnya tes tertulis, tes lisan, tes kinerja, dan penilaian sikap. Di Puspendik, pengembangan bank soal tes prestasi akademik merupakansalah satu kegiatan rutin. 

Kegiatan pengembangan bank soal ini dimulai dengan penulisan kisi-kisi, penulisan soal, telaah (analisis kualitatif), ujicoba, analisiskuantitatif soal, dan kalibrasi soal. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyusun tes terstandar adalah(1) menentukan tujuan tes; (2) menentukan acuan yang akan dipakai (kriteria atau norma);(3) membuat kisi-kisi; (4) memilih soal-soal dari kumpulan soal yang sudah ada sesuai dengan kisi-kisinya. https://www.academia.edu/35188565/SMA_MA_SMK_PANDUAN_PENULISAN_SOAL_2017

Ada yang hal pokok terkait dengan pembuatan soal yang dikeluarkan oleh Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesemen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yakni adanya stimulus yang merupakan suatu rancangan soal-soal saat ini mulai didesain dengan mengacu pada stimulus dengan konteks yang beragam yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dengan elaborasi tabel, grafik, ilustrasi terutama untuk jenis stimulus multiple items dengan ilustrasi yang kontekstual dan informatif. 

Stimulus harus mengajak peserta didik untuk berpikir kritis, mengidentifikasi masalah, dan ada transfer konsep yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Edukatif Menarik Inspriratif dan keterbaruan. Kaidah Penulisan Stimulus yaitu :

  • Stimulus yang ditulis sebaiknya bersifat edukatif, inspiratif, menarik, dan memiliki unsur keterbaruan. 1 2 3
  • Stimulus dalam bentuk gambar, kalimat, slogan, dan kutipan tidak mengandung unsur iklan promosi produk komersil (iklan), atau instansi.
  • Stimulus dan soal tidak mengandung unsur SARAPPPPK (suku, agama, ras, antargolongan, produk, politis, pornografi, pornoaksi, dan kekerasan), ataupun konten yang menimbulkan dampak negatif.
  • Tidak menggunakan nama tokoh yang masih hidup, karena dapat diinterpretasikan mempromosikan tokoh tersebut.
  • Stimulus dalam bentuk gambar, teks, data, atau kutipan apapun sebaiknya dari sumber yang kredibel (valid) dan dituliskan sumber asalnya secara lengkap.
  • Stimulus dan pokok soal menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Pada stimulus yang sama, butir soal sebelumnya bukan merupakan jawaban untuk soal berikutnya

https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Dalam Ujian sekolah pada tahun 2023 kali ini untuk penyusunan kisi-kisi dan perangkat soal diserahkan kepada sekolah dan guru bidang study masing-masing ditingkat satuan pendidikan dengan mengacu panduan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. MGMP Sejarah Provinsi DKI mengambil inisiatif dalam penyusunan kisi-kisi Ujian Sekolah pada tahun 2023 yang nantinya dapat digunakan oleh guru sejarah se DKI Jakarta setelah dilakukan pengimbasan materi kisi-kisi ditingkat MGMP Kota kepada guru sejarah diwilayah masing-masing.

Harapannya akan ada bentuk kisi-kisi yang seragam dari mata pelajaran sejarah Indonesia dan Sejarah peminatan se DKI Jakarta. Kemudian guru sejarah tinggal membuat bentuk soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang ada. Hal ini akan didesiminasi oleh mgmp kota se DKI Jakarta kepada guru sejarah di wilayahnya pada pekan depan.

Dokpri
Dokpri

Kemudian dalam pertemuan hari ini adalah melepas salah satu sahabat, teman, kakak, senior  guru sejarah bapak I Wayan Sumendra yang sudah mengabdi menjadi seorang guru di SMA di Jakarta dan mengabdi dirinya untuk kepentingan kebesaran MGMP Sejarah baik ditingkat kota maupun provinsi.

Pengabdian yang panjang dari sosok guru sejarah dan telah membantu teman-teman guru sejarah anak-anak muda untuk tampil dalam forum mgmp. Sosok dan dedikasi yang perlu di contoh oleh kami generasi penerus guru sejarah di MGMP.  Pengabdian yang sudah dituntaskan untuk berbakti kepada negri. Trimakasih atas pengabdianmu dan jasamu kepada kami guru sejarah dan kepada anak negri. Selamat Memasuki Purnatugas...Bakti mu dan Karya Mu akan tetap tersimpan dalam memory kolektif MGMP Sejarah DKI Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun